Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Penyakit Kuning, Jangan Disepelekan

BABY  |  MY STORY  |  22 May '19


Hallo moms semua saya baru bisa aktif lagi nih karena baru saja melewati masa kehamilan anak ke 2 yang lumayan menguras waktu dan tenaga krn harus juga bekerja dan mengurus anak pertama yg masih 2th :).

Yapsss.. kembali lagi ke topik utama tetang penyakit KUNING atau JAUNDICE pada bayi baru lahir memang terdengar umum terjadi pada bayi yg baru lahir, terutama di minngu pertama di masa kelahiran nya.penyakit kuning terjadi karena kadar bilirubin dalam darah bayi terlalu tinggi. Lalu apa sih BILIRUBIN itu? bilirubin adalah zat kuning yang diproduksi saat sel darah merah yg dipecah untuk diolah menjadi sel darah merah, lalu Bilirubin bergerak dalam aliran darah menuju ke hati. Organ hati mengolah bilirubin agar bisa dikeluarkan tubuh melalui tinja, Karena organ hati pada bayi baru lahir belum sepenuhnya berfungsi layaknya orang dewasa, ketidakmampuan hati dalam menyingkirkan bilirubin secara maksimal dapat memicu tingginya kadar bilirubin dan menjadi penyebab bayi kuning.

Karena pengalaman anak pertama pun kuning, jadi pas anak ke 2 kuning saya masih tidak terlalu panik. Karena setelah cek darah anak pertama saat itu kadar Bilirubin nya hanya 10mg/dl direct dan indirect nya. dan dokter pun menyaran kan "boleh di rawat di rumah tidak perlu disinar, asalkan di jemur tiap pagi dan di berikan asi yg bnyak." Dan alhamdulillah anak pertama kuning nya berangsur pulih. 

Tetapi berbeda di anak ke 2 saya. Minggu pertama memang terlihat agak kuning, tetapi saya masih ga terlalu khawatir krn sudah pengalaman anak pertama, ternyata semakin hari anak saya terlihat selalu tidur pulas dan sulit dibangunkan untuk menyusu. Awalnya saya pikir itu biasa untuk bayi baru lahir, tapi setelah satu minggu kemudian saya kontrol ternyata bidan yang saya datangi memberikan saya rujukan untuk tes darah karena area kuning sudah sampai pada kaki katanya (kebetulan saya lahir di bidan). Dari situ saya mulai agak khawatir tanpa tau sebelumnya efek yg akan terjadi pada bayi yg kadar bilirubin nya tinggi. Akhirnya semakin hari anak saya terlihat semakin kuning dan semakin sulit untuk menyusu bahkan seharian bisa tidak menyusu, tapi saya selalu usaha membangunkan dengan segala macam cara dan mengunakan media dot untuk menyusu. Sampai pada akhirnya saya dan suami memutuskan untuk segera cek darah, dan memang benar hasil cek darah Bilirubin nya menunjukan 21mg/dl (total direct dan indirect). Dan menurut saran DSA di RS Santosa harus langsung DOUBLE Phototherapy. tapi kebetulan di RS itu sedang penuh krn alat nya hanya 1 dan satulagi nya rusak. Akhirnya saya di berikan rujukan untuk ke RS lain. Lalu setelah saya keliling bbrp RS mereka pun menolak krn melihat hasil tes darah dengan total bilirubin yang tinggi. Karena keterbatasan alat Phototherapy itu, akhirnya setelah ke 5 Rs anaku bisa diterima dan dirawatv di RS ibu dan anak dengan kondisi sudah dehidrasi, tidak menangis. 

Dan konsul lah dengan dokter disana, bahwa apabila bayi kuning dan tidak segera di tindak lanjuti kadar bilirubin nya itu bisa merusak sel otak, dan itu akan berbahaya seumur hidup nya. Apalagi bila bilirubin nya sudah di angka 25 itu harus terjadi pertukaran darah. Sedih ? jelas pasti sangat sedih mendengar saya di marahi oleh bbrp dokter yg saya datangi krn kelalaian saya. Tapi badai pasti berlalu alhamdulillah anak saya berangsur pulih, sudah bisa menyusu dengan baik, dan kadar bilirubin nya sudah 19 di hari pertama, lalu turun kembali di hari ke 3 diangka 12 dan boleh pulang. dengan catatan pun harus disusui sesering mungkin. 

Jadi untuk pada newmom apabila bayi anda menunjukan gejala :

  1. Lemas
  2. Kurang aktif
  3. Selalu tertidur dan sulit dibangunkan
  4. Jarang/ tidak menangis
  5. Kurang menyusu meskipun sudah di rangsang (isapan pada bayi kurang baik)
  6. Demam
  7. Leher dan badan agak melengkung kebelakang

Segera bawa bayi anda cek lab dan konsul dengan dokter. 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

573 Legia swastikasari

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Mendisiplinkan Bayi Kembar Supaya Orang Tua Juga Bisa Istirahat

Merawat bayi kembar tentu sangat melelahkan ya Moms. Yuk simak tips berikut ini agar Moms and Dads juga bisa beristirahat.

Cerita Pangkas Rambut Di Rumah Aja Ala Kami

Moms berpikiran untuk mencukur rambut si Kecil di rumah? Simak cerita berikut ini.

Kenali Penyebab Kuning Bayi

Tahukah Moms, jaundice atau penyakit kuning pada bayi baru lahir memang umum terjadi. Lantas apa saja yang menyebabkan bayi kuning?

Tips Supaya Si Kecil Anteng Selama Penerbangan di Pesawat

Perjalanan naik pesawat memang membutuhkan waktu yang lama tergantung destinasi. Ini tips agar si Kecil tidak rewel selama dalam perjalanan.

7 Hal Penting Saat Ajak Si Kecil Bermain di Playground

Saat si Kecil bermain di playground, ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan demi keselamatannya. Apa sajakah itu?

NewBorn Shopping List Ala Mom Risny

Kebutuhan bayi baru lahir sangat banyak dan harus Moms persiapkan dari awal. Intip daftar belanjaan untuk bayi baru lahir Mom Risny berikut ini.

Review Baby Loop Bantal Menyusui Multifungsi

Mom Irene membagikan pengalamannya menggunakan Baby Loop, bantal menyusui multifungsi, hasil tukar poin di Babyologist.

Sudahkah Kebutuhan Zat Besi Si Kecil Terpenuhi?

Untuk menunjang tumbuh kembang si Kecil, Moms harus memenuhi nutrisi-nutrisi yang dibutuhkannya. Salah satu nutrisi tersebut adalah zat besi.

Review Clodi: Sobi Diaper

Mom Riel mengemukakan kelebihan dan kekurangan produk Sobi Minky Micro Snap yang dibelinya.

Hati-Hati dalam Memilih Bantal Bayi

Buat para bumil, apalagi yang udah masuk trimester 3, pasti lagi excited banget buat nyiapin keperluan baby. Aku mencari info mengenai [...]

Ajak si Kecil Me Time di Baby Spa Yuk Moms!

Dengan maraknya bermunculan jasa yang menawarkan spa untuk bayi tentu membuat kita ingin mencoba ya Moms.

Tips Belanja Keperluan Newborn

Hai Moms! Di usia kehamilan yang sudah memasuki 25w ini, saya udah mulai bikin list belanja keperluan si kecil nih.

Perlak Karet vs Perlak Kain, Lebih Bagus yang Mana?

Momen menunggu kelahiran sang buah hati adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap orang tua.

Alasan Tubuh Bayi Selalu Beraroma Harum

Pernahkah Moms berpikir dari mana aroma harum di tubuh bayi itu berasal? Apakah semua bayi memilikinya?

Kirana & Kanaya (Twins, Premie Baby, NICU Warrior)

Ketuban pecah dini dan eklampsia membuat bayi kembarku harus lahir prematur dan dirawat 12 hari

Hal-hal yang Menjadi Pertanyaan Seputar Newborn

Sebagai New Moms atau bahkan New Dads kadang suka bingung kan tentang apa ya yang harus dilakukan buat baby?

Berbagai Tipe Clodi

Penggunaan clodi (cloth diaper) sebagai pengganti pospak (popok sekali pakai) semakin lama semakin populer.

Kelahiran Prematur dan Cara Merawatnya

Bagaimana cara merawat bayi prematur yang benar aga tumbuh kembangnya sempurna?

Pengalaman Membawa Newborn Baby Usia 2 Bulan Naik Pesawat

Bayi newborn (0-3 Bulan) selalu memerlukan perhatian dan perlakuan khusus dalam berbagai hal.

Tips agar si Kecil Tidur Mandiri ala Mom Mike

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat si Kecil tidur malam dengan nyenyak.