Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Penyakit Kuning, Jangan Disepelekan

BABY  |  MY STORY  |  22 May '19

Hallo moms semua saya baru bisa aktif lagi nih karena baru saja melewati masa kehamilan anak ke 2 yang lumayan menguras waktu dan tenaga krn harus juga bekerja dan mengurus anak pertama yg masih 2th :).

Yapsss.. kembali lagi ke topik utama tetang penyakit KUNING atau JAUNDICE pada bayi baru lahir memang terdengar umum terjadi pada bayi yg baru lahir, terutama di minngu pertama di masa kelahiran nya.penyakit kuning terjadi karena kadar bilirubin dalam darah bayi terlalu tinggi. Lalu apa sih BILIRUBIN itu? bilirubin adalah zat kuning yang diproduksi saat sel darah merah yg dipecah untuk diolah menjadi sel darah merah, lalu Bilirubin bergerak dalam aliran darah menuju ke hati. Organ hati mengolah bilirubin agar bisa dikeluarkan tubuh melalui tinja, Karena organ hati pada bayi baru lahir belum sepenuhnya berfungsi layaknya orang dewasa, ketidakmampuan hati dalam menyingkirkan bilirubin secara maksimal dapat memicu tingginya kadar bilirubin dan menjadi penyebab bayi kuning.

Karena pengalaman anak pertama pun kuning, jadi pas anak ke 2 kuning saya masih tidak terlalu panik. Karena setelah cek darah anak pertama saat itu kadar Bilirubin nya hanya 10mg/dl direct dan indirect nya. dan dokter pun menyaran kan "boleh di rawat di rumah tidak perlu disinar, asalkan di jemur tiap pagi dan di berikan asi yg bnyak." Dan alhamdulillah anak pertama kuning nya berangsur pulih. 

Tetapi berbeda di anak ke 2 saya. Minggu pertama memang terlihat agak kuning, tetapi saya masih ga terlalu khawatir krn sudah pengalaman anak pertama, ternyata semakin hari anak saya terlihat selalu tidur pulas dan sulit dibangunkan untuk menyusu. Awalnya saya pikir itu biasa untuk bayi baru lahir, tapi setelah satu minggu kemudian saya kontrol ternyata bidan yang saya datangi memberikan saya rujukan untuk tes darah karena area kuning sudah sampai pada kaki katanya (kebetulan saya lahir di bidan). Dari situ saya mulai agak khawatir tanpa tau sebelumnya efek yg akan terjadi pada bayi yg kadar bilirubin nya tinggi. Akhirnya semakin hari anak saya terlihat semakin kuning dan semakin sulit untuk menyusu bahkan seharian bisa tidak menyusu, tapi saya selalu usaha membangunkan dengan segala macam cara dan mengunakan media dot untuk menyusu. Sampai pada akhirnya saya dan suami memutuskan untuk segera cek darah, dan memang benar hasil cek darah Bilirubin nya menunjukan 21mg/dl (total direct dan indirect). Dan menurut saran DSA di RS Santosa harus langsung DOUBLE Phototherapy. tapi kebetulan di RS itu sedang penuh krn alat nya hanya 1 dan satulagi nya rusak. Akhirnya saya di berikan rujukan untuk ke RS lain. Lalu setelah saya keliling bbrp RS mereka pun menolak krn melihat hasil tes darah dengan total bilirubin yang tinggi. Karena keterbatasan alat Phototherapy itu, akhirnya setelah ke 5 Rs anaku bisa diterima dan dirawatv di RS ibu dan anak dengan kondisi sudah dehidrasi, tidak menangis. 

Dan konsul lah dengan dokter disana, bahwa apabila bayi kuning dan tidak segera di tindak lanjuti kadar bilirubin nya itu bisa merusak sel otak, dan itu akan berbahaya seumur hidup nya. Apalagi bila bilirubin nya sudah di angka 25 itu harus terjadi pertukaran darah. Sedih ? jelas pasti sangat sedih mendengar saya di marahi oleh bbrp dokter yg saya datangi krn kelalaian saya. Tapi badai pasti berlalu alhamdulillah anak saya berangsur pulih, sudah bisa menyusu dengan baik, dan kadar bilirubin nya sudah 19 di hari pertama, lalu turun kembali di hari ke 3 diangka 12 dan boleh pulang. dengan catatan pun harus disusui sesering mungkin. 

Jadi untuk pada newmom apabila bayi anda menunjukan gejala :

  1. Lemas
  2. Kurang aktif
  3. Selalu tertidur dan sulit dibangunkan
  4. Jarang/ tidak menangis
  5. Kurang menyusu meskipun sudah di rangsang (isapan pada bayi kurang baik)
  6. Demam
  7. Leher dan badan agak melengkung kebelakang

Segera bawa bayi anda cek lab dan konsul dengan dokter. 

317 Legia swastikasari

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Selamat Jalan, Rachel Iqlima

Bayi perempuan yang hanya berbeda 1 bulan lebih muda dari anak keduaku. Rachel tumbuh menjadi bayi yang cantik dan lucu.

Mengenal Tongue Tie & Lip Tie pada Bayi

Salah satu masalah yang kerap dihadapi ibu ketika ingin memberikan ASI adalah tounge tie dan lip tie pada bayi.

Bayi Aku Kuning!

hai mom, pernah mengalami atau sedang mengalami bayi kuning engga?

Kulit Bayi Baru Lahir Mengelupas, Normalkah?

Bayi identik dengan kulit halus, lembut & kenyal. Namun sangat berbeda dengan kondisi bayi beberapa hari setelah dilahirkan.

Mana yang Terbaik: Sekasur dengan Bayi, atau Tidur Pisah dengan Baby Box?

Hai Moms! Sharing dong, Moms di sini tidur satu kasur dengan bayi atau pisah di baby box?

Baby Essentials yang Penting untuk Dibeli

Apakah ada Moms di sini yang sedang menunggu kelahiran baby? Kalau iya yuk simak barang apa saja yang wajib dibeli

Anakku Spesial, Dia adalah Seorang Heart Warrior

Shane Michael Tiv ( yang berarti malaikat laki laki yang merupakan berkat anugerah dari Tuhan) lahir normal pada tanggal 14 oktober 2017.

Perjuangan Saya dan Bayi Kembar yang Lahir Di Usia Kandungan 8 Bulan

Hi Moms, apakah Moms sedang hamil dan akan melahirkan buah hati kembar? Yuk, simak pengalaman Mom Monica.

Perlengkapan Bayi yang Dirawat di Perina (0-6 M)

Saya ingin berbagi pengalaman perihal hal-hal yang perlu Moms perhatikan selama bayi di Rumah Sakit.

Mantra Ajaib bagi Para New Moms!

Tidak bisa dipungkiri bahwa menjadi seorang ibu banyak membawa perubahan di dalam hidup kita.