Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pentingnya Tummy Time

HEALTH TIPS  |  11 Nov '17

Hi Moms, mari bahas tummy time/ tengkurap yuks. Ternyata banyak banget manfaatnya loh untuk si dede bayi.

Dari Denzel lahir, dia banyak menghabiskan waktu dalam posisi terlentang. Baik ketika tidur, di bouncer, car seat, atau bermain di ranjang. Karena saya melihat dia nyaman, saya membiarkannya saja dalam kurun waktu yang cukup lama. Sampai ketika Denzel usia 1 bulan kami ke RS untuk vaksin, lalu dsa mengajarkan saya teknik untuk tummy time dan disarankan untuk sering-sering melakukan tummy time.

PENTINGNYA tummy time
Mencegah risiko plagiocephaly/ kepala datar pada bayi. Ketika dalam posisi tengkurap, bayi membiasakan diri untuk melihat apa yang ada di sekelilingnya dari sudut pandang berbeda.

Menurut riset, bayi yang sering melakukan tummy time akan merangkak, berguling atau duduk lebih cepat. Karena seiring berjalannya waktu, si dede bayi sudah lebih berpengalaman dalam menjaga keseimbangan tubuh, mengendalikan gerakan kepala, koordinasi mata hingga menopang kemampuannya untuk merangkak, berdiri dan berjalan lebih cepat.

KAPAN dan BERAPA LAMA tummy time?
Dari umur sebulan, ketika Denzel insisi tongue tie & lip tie di KMC. Dr Asti Praborini, Sp.A mulai menyarankan saya untuk melakukan tummy time ke Denzel selama total 20 menit setiap harinya. Karena baru sebulan jadi masih perlu dibantu ya mom, dan ga bisa lama-lama juga setiap sesinya. Beliau bilang tummy time bagus untuk perkembangan motorik anak.

Bila sesuai anjuran dari American Academy of Pediatrics, tummy time dilakukan saat bayi berusia 3-4 bulan. Dimana biasanya otot leher udah cukup kuat untuk mengendalikan gerakan leher dan kepalanya. Dan disarankan 2-3kali sehari selama 5-15menit setiap sesi.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah ketika si dede sudah mulai merasa tidak nyaman, segera langsung diangkat dan diterlentangkan lagi ya Moms. Biar dede ga jadi cranky lagi. Dan jangan melakukan tummy time dalam kondisi perut full sehabis menyusui. Mencegah terjadinya muntah/ gumoh.

TEMPAT dan WAKTU
Untuk tempat yang tepat dalam melakukan tummy time sebenarnya fleksibel ya Moms. Yang pasti jangan di kasur yang terlalu empuk karena bisa masuk ke dalam dan membuat dede tidak nyaman aplagi kalau belom ada control over his head. Bisa susah nafas dan jadi gampang cranky. Best place adalah di atas playmate.

Biasanya Denzel lebih tahan lama ketika dia saya taruh diatas badan saya sendiri. Adanya detak jantung membuat sensasi tersendiri untuknya. Terus sambil goyang kanan kiri kaya lagi di perahu, bisa membuatnya lebih hepi dan bertahan lebih lama.

Waktu yang tepat untuk tummy time biasanya kalau saya adalah setelah mandi. Ketika mood si dede sedang bagus-bagusnya. Sambil dipijat-pijat juga punggungnya. Jadi dia relax juga. Atau ketika lagi rame-rame, ketika ada relatives datang visit. Denzel jadi lebih bisa lama kalo lagi ramai-ramai karena mungkin bisa explore lebih banyak, melihat dan mendengar lebih banyak.

Yuk Moms mulai rajin mengajak Si Kecil tummy time, ternyata banyak manfaatnya loh!

By: Momma Denzel 

946 Momma Denzel

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Perlukah Memberikan Kopi pada Bayi untuk Mencegah Step?

Mitos atau fakta pemberian kopi pada bayi dapat mencegah munculnya step?

Makanan Ber-Kafein Menyebabkan ASI Berkurang?

Apakah Moms pecinta cokelat, teh, atau kopi? Ketiga minuman itu mengandung kafein yang dapat mempengaruhi supply ASI.

Menyusui Di Usia 40 Tahun, Mungkinkah?

Di Usia 20-an, Moms pasti punya energi dan produksi ASI yang banyak untuk si Kecil. Lalu, mungkinkah Moms tetap menyusui di usia 40 tahun?

Anak Tidak Mau Sikat Gigi? Mungkin Ini Penyebabnya!

Terdapat beberapa penyebab si Kecil tidak mau sikat gigi. Apa sajakah itu? Mari kita ketahui alasannya.

Pertolongan Pertama Saat Kepala Bayi Terbentur

Kepala Si Kecil terbentur? Berikut cara-cara pertolongan pertama pada kepala anak terbentur yang harus Moms pahami.

5 Tips Lebaran Sehat bagi Ibu Hamil

Menjelang lebaran, berbagai hidangan khas menghiasi meja makan. Namun, Mom harus tetap menjaga kesehatan kandungan.

Apa Dampak Puasa Bagi Ibu Hamil?

Ternyata puasa juga bisa mendatangkan dampak positif bagi ibu hamil, apa sajakah itu? Mari kita simak di artikel berikut.

Rekomendasi Jenis Makanan Ibu Hamil Saat Puasa

Saat menjalani ibadah puasa, ibu hamil harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan, tentunya pola makan sehat harus diterapkan.

Cara Pintar Mengatasi Insect Bite Pada Anak

Anak kecil kerapa menjadi sasaran empuk terkena insect bite. Berbahayakah jika tidak ditangani segera dan bagaimana cara mencegahnya?

Amankah Vaksin Bagi Anak?

Banyaknya isu pro kontra yang terjadi terkait pemberian vaksin menjadikan sebagian orangtua bingung. Untuk lebih jelas mari simak yang berikut ini.

Jangan Biarkan Kepala Peyang Merusak Masa Depan Anak

Tahukah Moms and Dads bahwa salah memilih bantal berdampak fatal, bahkan bisa mengakibatkan kehancuran masa depannya hingga kematian pada bayi? [...]

Kenapa Vaksin MR Penting?

Apa yang menyebabkan vaksin MR perlu dan penting untuk dilakukan? Apa yang akan terjadi jika tidak melakukan vaksin MR ? Mari, simak yang berikut ini.

Vaksin HPV Pencegahan Terbaik Untuk Kanker Serviks

Tahukah anda, kanker serviks terbukti menjadi penyebab kedua terbesar kematian wanita di Indonesia. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk [...]

Merawat Gigi Anak

Perawatan gigi merupakan hal yang sangat penting dilakukan sejak dini. Agar kebiasaan ini dapat tetanam sampai dewasa.

Mencegah Radang Otak Pada Anak

Radang otak atau Ensefalitis dapat terjadi pada balita. Apa penyebabnya? Bagaimana mencegahnya? Mari simak berikut ini.

Dampak Fatal Salah Memilih Bantal Bayi

Tahukah Moms and Dads bahwa salah memilih bantal berdampak fatal, bahkan bisa mengakibatkan kematian pada bayi. Mari simak berikut ini.

Fase Tengkurap Bayi

Umur berapa sebaiknya bayi belajar tengkurap? Apa yang kita bisa lakukan untuk membantu anak belajar tengkurap?

Resiko ISK Pada Bayi Tidak Sunat

Tahukah anda resiko ISK mengintari Si Kecil akibat tidak melakukan sunat. Apakah ISK tersebut dan bagaimana solusi penanganannya?

Penyebab dan Pengobatan Dermatitis Atopik pada Bayi

Pernakah anda mendengar penyakit dermatitis atopik pada bayi ? Berbahayakah jika Si Kecil menderita penyakit ini? Bagaimana penangan yang harus [...]

Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi Difteri

Akhir-akhir ini di Indonesia sedang marah dengan wabah difteri. Yuk pelajari bersama sehingga kita dapat menghindarkan Si Kecil dari penyakit [...]