Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pentingnya Zat Besi untuk MPASI

BABY  |  FEEDING  |  MY STORY  |  20 Nov '19


Freezer SELALU penuh sama daging sebelum mulai MPASI. Dari sebelum mulai MPASI pun begitu karena si Bapak emang carnivora, kalo aku emang biasa kan makan ini supaya ga anemia defisiensi zat besi (Hb ku kurang sejak dulu jadi concern karena mual banget minum tablet besi pas hamil).

Kemaren ada beberapa Ibu yang "kaget" aku sudah kasih Audrianna daging untuk MPASI pertama. Muncul curcol dikit pernyataan sinis, "harusnya buah dulu dong!" "masa masih bayi udah dikasi daging." Aduh beb rasanya pengen ku kasih panduan MPASI WHO sama buku dokmet. Tapi yaudahlah yang penting Audrianna bukan mereka yang kasih makan, jadi aku senyum aja melengos. Jelasin dikit ya, kebutuhan zat besi anak usia 6 bulan = 11mg/hari, sedangkan ASI saat 6 bulan cuma bisa memenuhi 0,3 mg zat besi per hari. Cukup ga? Tentu tidak. Makanya MPASI HARUS KAYA AKAN ZAT BESI.

Pertanyaan, berapa kandungan zat besi pada buah (paling banyak disebut2 sebagai makanan utama MPASI) alpukat & pisang?

• Avocado

Iron Amount = 0.6 mg per 100 grams

• Bananas

Iron Amount = 260 mcg per 100 grams

Kebutuhan zat besi per hari Audrianna di usia 6 bulan = 11 mg. Jadi, mesti berapa banyak makan alpukat & pisang dong supaya terpenuhi? Belum lagi ngomongin absorpsi/penyerapan zat besi itu lebih tinggi di daging-dagingan. Brokoli & sayur/buah lainnya yang mengandung zat besi, penyerapan di dalam tubuh gak sebaik daging dan ati ayam. Makanya kalo dari WHO, protein yang diutamakan adalah protein hewani.

Kenapa zat besi penting banget? Kalo kurang gimana?

Ini artikel dikutip dari IDAI. Sebenarnya banyak banget jurnal tentang ini tapi yang paling mudah untuk dibaca ya artikel ini:

"Tahukah Anda mineral apa yang sangat penting bagi tubuh? Ya, jawabannya adalah zat besi. Zat besi sangat dibutuhkan dalam berbagai fungsi tubuh, salah satunya sebagai bahan penting pada pembuatan sel darah merah. Kekurangan zat besi dalam tubuh akan berakibat anemia yang disebut anemia defisiensi besi (ADB).

Berdasarkan Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) tahun 2007, hampir separuh (40-45 persen) dari balita di Indonesia mengalami Anemia Defisiensi Besi. Hal ini menjadi penting karena ADB mempengaruhi banyak hal terutama kecerdasan seorang anak. Sel darah merah berfungsi menghantarkan oksigen ke seluruh organ tubuh termasuk otak sehingga penderita anemia relatif kurang terpenuhi oksigennya. Zat besi juga merupakan mineral penting untuk perkembangan otak anak dan kekebalan terhadap infeksi."

Jadi, bisa berpengaruh ke IQ anak.

Ini. Ada iron gap, yang HARUS dipenuhi dari MPASI sejak 6 bulan. Jadi kesimpulan: MPASI WAJIB TINGGI ZAT BESI. Buah boleh ga? Ya buat snack aja kali ya, jangan jadi menu utama.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

417 Reinita Arlin Baskoro

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Resep MPASI 6MO+ : Chicken Corn Porridge with Tofu and Broccoli

Ingin berikan MPASI yang berbeda bagi si Kecil usia 6 bulan ke atas? Cek resep Chicken Corn Porridge with Tofu and Broccoli berikut ini.

Resep MPASI: Capcay Nasi Tim Gurih (9 M+)

Memasak MPASI untuk si kecil kadang memang gampang-gampang susah.

Kaldu Ayam Homemade ala Mom Nurul

Halo Moms, aku mau memulai resep per-Mpasi-an ini dengan bikin "Kaldu Ayam Homemade".

Tomat Untuk MPASI? Apa Saja Sih Manfaatnya?

Tomat banyak sekali manfaatnya loh Moms. Yuk berikan tomat pada MPASI si Kecil

Bubur Sumsum Saus Buah Naga (8M+)

Saya membuatkan kakak dastan bubur sumsum tidak menggunakan kuah kinca tetapi pakai buah untuk saus

Buah Naga, Buah Istimewa untuk MPASI Anak

Ketika anak memasuki masa MPASI, pasti semua orang tua ingin memberikan makanan yang terbaik untuk buah hatinya.

Resep Gethuk Singkong Gulung: Snack MPASI 8M+

Aku mau coba bikin makanan selingan untuk anak dengan inspirasi dari jajanan tradisional yang banyak dijual di pasaran.

MPASI 4 Bintang: Bubur Hati Ayam + Buncis

Salah satu cara agar si kecil suka makan adalah membuat menu MPASI yang beragam setiap harinya

Persiapan MPASI Anti Mubazir dan Rincian Biaya yang Perlu Dipersiapkan

Hai moms aku mau share barang-barang MPASI nya kiya nih

Tim Slow Cooker, Resep MPASI Bubur Ayam Wortel (6M+)

Buat yang mau mulai MPASI boleh cobain resep Bubur Ayam Wortel kesukaan Vonn berikut ini yuk

Persiapan MPASI si Kecil Bebas Galau

Apa saja yang perlu diperhatikan saat MPASI? Dan bagaimana pemberian MPASI yang tepat?

Review Nayz Bubur Organik

Sejak memulai MPASI 1.5 bulan yang lalu Praya sudah aku perkenalkan dengan jenis MPASI rumahan dan instan.

Bubur Santan Labu Kuning: Rasa Gurih Penambah Nafsu Makan si Kecil

Memasuki usia 6 bulan, si Kecil sudah mulai bisa diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI atau MPASI.

Bubur Nasi Kuah Sayur Patin: Resep MPASI ala Mommy Attaqi

Ikan patin ternyata kaya manfaat karena mengandung omega 3 & DHA yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak.

Manfaat Memberikan Snack pada si Kecil

Banyak yang mengatakan bahwa memberikan snack pada Si Kecil terutama yang masih bayi itu tidak baik

Manfaat Ikan Tuna dan Membuat MPASI dari Tuna

Yuk buatkan si Kecil MPASI dari ikan tuna karena sangat banyak sekali manfaatnya

Kunci Sukses Bayi Lancar MPASI

Apa kunci utama yang harus dipersiapkan saat memasuki masa MPASI?

MPASI Misoa Nyemek (9 month)

Beberapa hari terakhir kemarin, Defan sepertinya ogah-ogahan makan, padahal Defan tidak sedang tumbuh gigi.

Resep MPASI: Sup Bakso Udang (7M+)

Karena masih meraba-raba preferensi Rubi, saya mencoba memasak udang sebagai bahan utama MPASInya.

Resep Menu MPASI: Bubur Tim Tongkol Wortel (7M+)

Saat ini saya sedang gencar memberi Rubi ikan sebagai sumber utama protein hewani, terutama ikan laut.