Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pentingnya USG di Setiap Trimester

MY STORY  |  PREGNANCY  |  25 Jan '20


Hai Moms! Udah berapa kali USG nih selama hamil? Kalau saya sendiri rutin setiap bulan satu kali, kecuali ada masalah seperti flek atau semacamnya maka akan ada USG tambahan. Banyak Moms yang tidak melakukan USG rutin selama kehamilan dengan berbagai alasan, dari mulai percaya mitos USG berbahaya bagi si Kecil, faktor ekonomi atau justru menganggap USG tidak penting.

USG sama sekali tidak berbahaya bagi si Kecil ya Moms, karena USG menggunakan gelombang suara yang bahkan tidak bisa didengar oleh manusia. Dan penting nggak sih USG? Jelas penting banget. USG disarankan oleh dokter dilakukan minimum 4 kali selama kehamilan loh Moms, 1 kali di TM1, 1 kali di TM2 dan 2 kali di TM3. Dan jika ada kendala selama kehamilan intensitas USG bisa ditambah sesuai kebutuhan.

Jadi seberapa penting sih USG? Yuk kita bahas pentingnya USG untuk masing-masing trimester kehamilan.

1. Trimester Pertama
Banyak yang menyepelekan USG di TM1 dengan alasan si Kecil belum terlihat jelas atau belum bisa dilihat jenis kelaminnya. Tapi hal ini jelas kurang tepat, karena tujuan USG bukan sekedar tau jenis kelamin kan Moms. 
Saya pertama kali melakukan USG di usia kehamilan 6w, dan di situ walaupun belum terlihat janin, namun dokter sudah memastikan bahwa kehamilan di dalam rahim bukan di luar rahim karena kantung kehamilan sudah terlihat. 
Selain itu ada banyak manfaat USG di trimester pertama ini, antara lain:
a. Memastikan kehamilan
b. Memeriksa detak jantung janin
c. Melihat apakah ada kemungkinan hamil kembar
d. Memeriksa kondisi plasenta, uterus, ovarium dan serviks
e. Memastikan tidak ada kelainan pada janin
f. Memastikan bahwa Moms tidak mengalami kehamilan ektopik atau BO.

2. Trimester kedua dan ketiga
Nah pada usia kehamilan ini, si Kecil sudah memiliki bentuk tubuh nyaris sempurna Moms. Jika Moms hendak mengetahui jenis kelamin si Kecil, usia ini merupakan saat yang tepat. Selain itu ada banyak manfaat lain yang didapatkan loh Moms, antara lain:
a. Mengukur tinggi fundus
b. Mengetahui jenis kelamin
c. Mengkonfirmasi kehamilan kembar
d. Memastikan posisi dan kondisi plasenta dalam kondisi baik dan tidak terjadi plasenta previa atau abrubsi plasenta
e. Memeriksa kondisi air ketuban, memastikan jika tidak terjadi kekurangan atau kelebihan ketuban
f. Mengidentifikasi adanya kelainan genetik pada si Kecil
g. Memastikan si Kecil memiliki bentuk tubuh dan perkembangan sesuai usianya

Nah itu tadi pembahasan tentang pentingnya USG selama kehamilan ya Moms. Lakukan USG secara rutin minimal 4 kali selama kehamilan untuk memastikan kondisi kehamilan dan si Kecil tidak bermasalah ya Moms. Semoga bermanfaat. Stay Healthy and Happy.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

631 Anna Rosida

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Pentingnya Pemeriksaan USG pada Trimester Pertama Kehamilan

Saat ke dokter kandungan, biasanya akan dilakukan pemeriksaan USG nih Moms.

Cerita Kehamilanku: Tanpa Gejala Hamil hingga Flek Berdarah

Kali ini saya mau share sedikit cerita kehamilan saya yang mungkin agak berbeda dengan bumil lain.

Jalani Kehamilan Sehat dengan Rutin Pemeriksaan Kandungan

Salah satu fase penting dalam menjalani kehamilan adalah melakukan pemeriksaan. Bagi saya sudah jadi kewajiban.

My First Pregnancy

Hai Moms, aku mau berbagi pengalaman tentang kehamilan pertamaku nih moms. Simak ya Moms.

Mengenal Tumbuh Kembang Janin

Saat hamil, saya cukup rajin mencari tahu mengenai tumbuh kembang janin selama di dalam kandungan.

5 Hal yang Perlu Ditanyakan saat Periksa Kehamilan Pertama

Awal kehamilan senangnya luar biasa. Saat periksapun biasanya baik saja, namun kadang ada hal yang kelupaan.

Ingat Standar 10T dalam Antenatal Care ya Moms!

Antenatal Care sudah memiliki standar dalam penerapannya dengan rumus 10T, minimal dilakukan sebanyak 4x.

Bidan Kita, Sahabat Ibu Hamil Masa Kini

Menurut aku, Bidan Kita ini sahabat hamil dan melahirkan yang luar biasa ngebantu banget.

Jadwal USG yang Baik Bagi Ibu Hamil

Sebagai calon ibu baru, dulu saya sangat sering USG. Dalam 9 bulan kehamilan, saya USG hingga 11 kali.

Keluhan saat Hamil yang Buat Parno

Tetap tenang yah Mommy! Yuk Simak dulu gejala-gejala yang sering dirasakan bumil yang mungkin bikin parno...

Cerita Kehamilanku di Luar Negeri

Hi moms, kali ini aku akan berbagi cerita mengenai kehamilan anak pertamaku.

Penyebab Kram Perut saat Hamil Tiap Trimester

Kondisi kram perut akan sering Moms temui seiring dengan perkembangan rahim dan bayi.

Pengaruh Tidur Siang terhadap Berat Janin

Apakah Mom tahu bahwa kebiasaan sederhana seperti tidur siang dapat secara efektif meningkatkan BB janin?