Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pentingnya Pumping Selama Travelling

FEEDING  |  OTHERS  |  01 Sep '18

Sebagai seorang mama eping (exclusive pumping), terkadang ada saatnya di mana saya harus pergi travelling selama beberapa hari tanpa membawa anak. Saat seperti itu, saya menggunakan stok ASIP beku yang sudah dikumpulkan terlebih dahulu sehingga selama pergi, kebutuhan anak akan ASI tetap tercukupi. Selama travelling, kegiatan pumping/memompa ASI tetap dilakukan secara rutin meski cukup merepotkan, namun hal ini dilakukan demi menjaga produksi ASI kita agar tidak berkurang dan juga mencegah terjadinya penyumbatan pada payudara. 

Jika memungkinkan, pastinya ASIP akan dibawa pulang untuk stock si Kecil ataupun didonorkan, namun tetap harus dipastikan ASIP tersebut aman untuk dikonsumsi bayi.

Tips Mempermudah Proses Pumping Selama Travelling:

  1. Pilihlah pompa ASI yang model portable (tidak perlu dicolok listrik saat digunakan), serta memiliki kapasitas baterai yang cukup besar.
  2. Gunakan kantung ASI, jangan menggunakan botol kaca, karena kantung ASI lebih ringan dan tidak gampang tumpah. Pastikan gunakan kantung ASI yang memiliki daya tampung besar (min. 180 ml), steril dan tidak mudah bocor.
  3. Membawa ice packs yang cukup (biasanya saya membawa 3) dan ukurannya besar (500gr) sehingga lebih lama dingin dan tidak mudah cair selama perjalanan. Segera bekukan kembali setelah balik ke penginapan, sehingga siap digunakan untuk keesokan harinya.
  4. Selalu sedia pen dan langsung catat tanggal dan waktu perah di tiap kantung setiap selesai pumping. Hal ini bertujuan untuk dapat memisahkan ASIP yang masih layak dikonsumsi atau tidak dari segi waktu penyimpanan. 
  5. Segera bekukan ASIP pada hari tersebut setelah kembali ke tempat penginapan, sehingga ASIP dalam keadaan benar-benar beku saat akan dibawa pulang.
  6. Menggunakan cooler bag yang nyaman dan memiliki kapasitas cukup besar pada bagian insulated-nya untuk dapat menyimpan beberapa kali hasil perah, botol dan corong pompa, serta beberapa ice packs.
  7. Gunakan nursing cape yang nyaman dan cukup besar untuk menutupi tubuh kita, mengingat proses pumping dapat dilakukan di mana saja selama travelling (resto, pesawat, kereta, bahkan di area publik seperti pantai)

Semoga bermanfaat.

By: Jennifer Octavia.

360 Jennifer Octavia

Comments

Related Stories