Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pentingnya Prebiotik dan Probiotik untuk Bayi

HEALTH TIPS  |  03 Aug '18

Hippokrates, seorang bapak kedokteran dunia menyebutkan bahwa “Dalam tubuh yang sehat, terdapat usus yang sehat.” Artinya pencernaan yang sehat akan memperkuat sistem imun tubuh, sehingga tubuh akan terlindung dari berbagai penyakit.

Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan saluran cerna (terutama pada usus), salah satunya adalah dengan menyeimbangkan flora/mikrobiota yang baik di usus. Terdapat sekitar 100 milyar mikrobiota penghuni usus yang berfungsi untuk mengatur metabolisme makanan, membantu penyerapan nutrisi di usus, serta mencegah bakteri jahat berkembang di usus. Ketidakseimbangan flora usus ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Mikroorganisme yang hidup di dalam usus manusia dan memberikan efek positif bagi kesehatan disebut juga dengan Probiotik. Saat ini penggunaan probiotik (terutama pada anak) tidak hanya sebatas untuk pengobatan atau gangguan saluran cerna seperti diare dan sembelit, tapi dapat pula diberikan sehari-hari agar fungsi penyerapan makanan oleh usus menjadi optimal, dan kesehatan saluran cerna dapat terjaga.

Namun, apakah probiotik ini bisa didapat dari makanan sehari-hari? Dan berapa banyak yang boleh dikonsumsi oleh Si Kecil?  Mengonsumsi bahan  makanan alami yang memiliki kandungan probiotik, dapat memberikan manfaat kesehatan kepada bayi dan anak-anak, berikut ini adalah beberapa sumber probiotik untuk anak yang alami dan menyehatkan:

ASI Ekslusif

Kandungan utama bakteri probiotik tubuh pada bayi selama periode ASI Ekslusif adalah Bifidobacterium. Terbukti bayi-bayi yang mendapatkan ASI akan mempunyai kandungan Bifidobakterium yang tinggi di ususnya dibandingkan dengan bayi yang mengonsumsi susu lain.

Yogurt

Yogurt merupakan produk olahan susu hasil fermentasi yang mengandung lactobacilus atau streptococus. Oleh karena kandungan utama probiotik usus anak adalah Bifidobakterium, jadi Yogurt masih tidak direkomendasikan untuk anak-anak di bawah 3 tahun. 

Keju

Keju adalah produk olahan susu yang bermanfaat, tapi kandungan probiotiknya tidak terukur dan belum ditemukan manfaat langsung dari kandungan probiotiknya untuk anak.

Tempe

Merupakan sumber probiotik alami untuk anak. Kandungan probiotik dalam tempe berasal dari proses pembuatannya. Tempe berasal dari kacang kedelai yang difermentasi dengan bakteri streptococcus. Tapi Mom harus memerhatikan kebersihannya, karena selama proses pembuatan, tempe bisa tercemar dengan bakteri dan jamur lainnya.

Supplemen Probiotik

Saat ini banyak sekali produk-produk suplemen yang mengandung probiotik, tetapi ada 2 jenis probiotik yang sering digunakan dan ditambahkan sebagai supplemen (terutama dalam susu), yaitu Bifidobakterium dan Lactobacilus. Dalam memilih Probiotik untuk Si Kecil, Anda juga harus harus cermat serta memerhatikan keamanan dan manfaatnya.

Dibandingkan Lactobacillus, tentunya Bifidobacterium lebih bermanfaat bagi Si Kecil. Hal ini dikarenakan Bifidobakterium secara alami dominan di usus bayi dan anak. Bahkan, 90% microflora pada usus bayi termasuk pada Bifidobacterium.

Bifidobakterium yang sumbernya human residential bifidobaterium (hidup pada bayi dan anak), seperti bifidobacterium breve dan bifidobaterium longum, merupakan bifidobacterium yang aman bagi tubuh Si Kecil.

Banyak penelitian yang memaparkan bahwa bifidobaterium bermanfaat dalam mencegah beberapa penyakit infeksi seperti saluran cerna, saluran napas dan bahkan mengurangi risiko alergi, sehingga pemberian Bifidobacterium dianjurkan bagi anak-anak dapat menjadi sehat dan kuat.

 

Semoga bermanfaat.

Narasumber: dr. Muliaman Mansyur.

By: Babyologist Editor.

244 Babyologist x Morinaga Platinum Send Message to Writer

Related Stories