Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pentingnya Pemberian Imunisasi IPV pada Anak

HEALTH TIPS  |  21 Jun '18

Tujuan pemberian imunisasi pada anak adalah untuk melindungi dari penyakit-penyakit yang berbahaya, serta dapat menimbulkan kecacatan bahkan kematian. Vaksin IPV (inactivated polio vaccine) atau biasa dikenal dengan polio ini bisanya diberikan melalui suntikan. Vaksin IPV berisi virus yang sudah tidak aktif, sehingga aman untuk diberikan pada anak yang memiliki gangguan sistem imunitas. Berbeda dengan vaksin OPV (oral polio vaccine) vaksin ini justru berisi virus yang masih hidup tetapi virus ini tentunya sudah dilemahkan jadi juga tidak berbahaya. Vaksin polio IPV sangat jarang digunakan di Indonesia karena jarang ditemukan, melainkan di Indonesia lebih sering sering menggunakan vaksin polio OPV.

Syarat Pemberian IPV

Untuk pemberian vaksin IPV sebaiknya dipastikan dulu bahwa anak tersebut belum menerima vaksin OPV, karena pemberian vaksin IPV sudah tidak diperlukan lagi jika anak tersebut sudah menerima vaksin OPV. Dan vaksin IPV sendiri dianjurkan untuk anak berusia 12-18 bulan, dan anak berusia 6 sampai 8 tahun berdasarkan rekomendasi dari ikatan dokter anak indonesia bisa juga untuk anak berusia 4-6 tahun berdasarkan rekomendasi dari CDC.

Bila anak anda saat ini belum menerima vaksin polio sama sekali, Anda bisa memberikan vaksin ini segera saat mengunjungi dokter anak. Jika anak tidak diberikan vaksin polio berupa IPV atau OPV, maka akan mudah terserang penyakit. Penyakit polio dapat menginfeksi anak yang dapat mengakibatkan kaki menjadi lumpuh secara permanen, tidak itu saja dampak dari kasus penyakit polio juga dapat menyerang saluran pernapasan yang dapat mengakibatkan pada kematian. Tetapi saat ini sudah jarang ditemukan kasus penyakit polio karena pada umumnya anak-anak saat ini sudah mendapatkan imunisasi berupa vaksin polio sedari kecil.

Penyebaran virus polio biasanya menular melalui mulut dan air liur, atau bisa juga dari kotoran manusia yang sudah terinfeksi virus polio. Virus polio yang sudah menginfeksi tubuh manusia akan menyebar ke sistem saraf yang akan menimbulkan kelemahan pada otot.

Untuk itulah pentingnya pemberian vsksin polio untuk anak, selain untuk mencegah penyakit yang akan timbul juga vaksin polio dapat membentuk kekebalan tubuh atau sebagai antibody yang dapat melindungi tubuh anak terserang virus polio. Tahun 2014 lalu, WHO menyatakan bahwa Indonesia sudah bebas dari penyakit polio. Walaupun begitu tetap harus berhati-hati dan tetap melakukan imunisasi vaksin polio terhadap anak, karena bisa saja virus tersebut datang lagi, karena masih ada beberapa negara yang belum bebas dari polio. Bahkan pemerintah Indonesia giat melaksanakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) demi mempertahankan Indonesia bebas dari polio.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

 

857 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories