Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pentingnya Nutrisi Makro dan Mikro untuk Kecerdasan Otak

BRANDS  |  FEEDING  |  HEALTH TIPS  |  20 Aug '18


Otak anak sebenarnya sudah mulai terbentuk sejak dalam kandungan. Pada 2 tahun pertama otaknya sudah 70% terbentuk, dan saat memasuki usia 5 tahun, perkembangan otaknya sudah mencapai 90%. Para ahli percaya otak anak mempunyai plastisitas yang tinggi yang artinya sangat rentan dan mudah dipengaruhi. Walau mereka sudah terlahir dengan milyaran sel saraf otak yang sudah terbentuk dan berkembang, tapi sel saraf otaknya masih belum terhubung satu dengan yang lain, oleh karena itu dibutuhkan stimulasi dan nutrisi.

Terdapat 2 macam mutrisi yang dibutuhkan oleh otak, yaitu nutrisi makro dan mikro. Nutrisi makro dibutuhkan dalam jumlah besar, seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Sedangkan nutrisi mikro dibutuhkan dalam jumlah sedikit.

Nutrisi Makro: Karbohidrat, Protein, dan Lemak

Karbohidrat/Kalori

Otak manusia sangat bergantung dengan glukosa sebagai sumber utama energi untuk berpikir dan beraktivitas. Walaupun berat otak hanya 2% dari total berat badan, tapi otak membutuhkan 20% dari total konsumsi energi. Jika otak kekurangan kalori dan glukosa, maka hal tersebut akan berpengaruh pada kecerdasan, kemampuan bahasa, visual dan sosialnya. Sumber dari glukosa sendiri dapat diperoleh dari biji-bijian, padi, gandum, nasi, roti, gula, dan susu seperti laktosa.

Protein

Otak yang sedang berkembang memerlukan protein. Protein utama yang dibutuhkan oleh otak adalah alfa-laktalbumin, sebuah protein yang kaya akan asam amino dan baik untuk pembentukan otak dan neurotransmitter. Bayi membutuhkan 10 gr protein/hari, anak 1-3 tahun membutuhkan 13 gr/hari, dan saat pra sekolah ia memerlukan 19 gr/hari. Beberapa contoh sumber protein yang baik untuk anak adalah ASI, susu, daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan kedelai.

Lemak

Lemak dibutuhkan untuk perkembangan saraf, penglihatan, daya ingat dan kecerdasan. Lemak juga akan menyelimuti sel saraf otak sekaligus melindunginya. ASI merupakan sumber lemak yang utama bagi bayi, ASI juga dilengkapi dengan kandungan DHA dan AA, serta fospolipid (lemak susu). Pada usia di bawah 2 tahun, kebutuhan lemak tergolong cukup tinggi, dan setelah 2 tahun akan diperlukan sekitar 30% dari total kalori atau sekitar 30-40 gr/hari. Selain ASI, beberapa sumber utama lemak dapat diperoleh dari kuning telur, seafood, daging, susu, dan kacang-kacangan.

Nutrisi Mikro: Vitamin dan Mineral

Nutrisi mikro adalah zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit dan terdiri dari vitamin dan mineral. Meskipun sedikit, keduanya tetap diperlukan untuk perkembangan otak, seperti zat besi, zink, yodium, selenium dan vitamin D, kolin serta folat. Perlu diingat bahwa hanya zat besi yang dibutuhkan dalam jumlah tinggi, yakni sampai 7-10 mg. Kekurangan nutrisi mikro terutama zat besi, dapat berpengaruh pada kecerdasan. Adapun sumber nutrisi mikro selain ASI, yaitu sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, daging, dan susu.

Semua nutrisi makro-mikro di atas tidak dapat berdiri sendiri dalam mendukung perkembangan otak, melainkan semuanya saling mendukung satu dengan yang lainnya.

 

Semoga bermanfaat.

Narasumber: dr. Muliaman Mansyur.

By: Babyologist Editor.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

817 Morinaga Platinum

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Moms, Inilah Segudang Manfaat Nutribaby+ Buat Ibu Hamil dan Menyusui

Ibu hamil dan menyusui membutuhkan banyak sekali nutrisi. Ketika hamil, seorang ibu butuh nutrisi

Jaga Gizi si Kecil di Saat Pandemi

Moms and Dads, yuk pastikan gizi si Kecil tercukupi dengan baik di masa pandemi ini.

Rahasia di Balik Tubuh yang Bebas Penyakit

Anak yang sehat dan bebas penyakit tentu menjadi dambaan bagi setiap orang tua.

Probiotik Terbaik bagi Kesehatan Si Kecil

Probiotik seperti apa yang baik bagi kesehatan tubuh si Kecil? Jangan sampai salah pilih ya Moms!

Pengaruh Suhu Makanan terhadap Kesehatan

Bukan hanya nutrisi makanan yang penting, ternyata suhu pada makanan juga perlu dipantau lho Moms!

Nutrisi Pendukung Generasi Platinum

Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya dapat menjadi bagian dari Generasi Platinum, namun bagaimanakah caranya?

Makanan yang Terbukti Mencerdaskan Anak

Kecerdasan seorang anak dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah asupan nutrisi yang lengkap dan simbang.

Cegah Infeksi Pernapasan dan Pencernaan dengan Laktoferin

Tubuh si Kecil rentan terserang infeksi pencernaan dan pernapasan, mari kita simak bagaimana cara mencegahnya.

Ingin Si Kecil Tetap Sehat dan Cerdas? Ikuti Langkah Berikut!

Si Kecil yang rentan terserang penyakit membutuhkan asupan nutrisi khusus agar bisa tetap sehat dan bertumbuh secara optimal.

Manfaat Alfa-laktalbumin untuk Si Kecil

Alfa-laktalbumin merupakan protein utama dalam ASI yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan tubuh Si Kecil.