Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pentingnya Mengenalkan Alam pada Anak Sejak Dini

MY STORY  |  PARENTING  |  29 Oct '18


Sejatinya anak-anak pasti sangat dekat dengan alam, mereka akan sangat intim sekali ketika sedang berbaur. Misalnya saat anak tengah menikmati hangatnya sinar matahari yang dengan lembut menyentuh kulit dan tubuh mereka ketika berjemur di pagi hari. Kegiatan seperti ini akan sangat asyik sekali dilakukan dengan didampingi Moms and Dads sambil bermain gelembung sabun misalnya. Atau hanya sekadar sambil menyiram bunga di halaman rumah. Kegiatan ini sangat baik dilakukan secara rutin agar anak tumbuh sehat dan bugar dalam mengawali hari-hari mereka. 

Jika pagi hari sudah diawali interaksi dengan matahari, menjelang sore Anda bisa mengajak anak-anak kembali berinteraksi dengan matahari hingga terbenam. Tentunya dengan kegiatan yang lebih fun dan merangsang kreativitas dan imajinasi anak. Saya biasanya sering mengajak anak ke tempat outdoor yang memiliki banyak sekali fasilitas untuk anak-anak bermain, salah satunya adalah Scientia Square Park. Selain ada sawah-sawah yang kita bisa lihat proses tanamnya di hari-hari tertentu, kita juga bisa mengajak anak mengenal lebih dekat dengan kelinci, memberinya makan dan bermain kejar-kejaran. 

Aktivitas ini tentu sangat mereka sukai, mereka akan merasa dekat dengan alam, binatang, bebas lari ke sana kemari. Dan tentunya akan ada banyak hal baru yang mereka dapatkan. Misalnya anak akan tahu kalau kelinci itu senang sekali jika diberi wortel, dan mereka sangat lahap ketika makan, hal ini juga bisa kita berikan pelajaran untuk anak kita bahwa kalau makan harus selalu dihabiskan dan lahap seperti kelinci.

Pada dasarnya, anak-anak itu suka sekali jika kita mengajaknya main di area terbuka, dan mereka akan lupa dengan gadgetnya. Karena penggunaan gadget pada anak usia dini itu memberikan banyak efek negatif. Jadi, cara menyiasatinya adalah dengan sesering mungkin mengajak anak bermain dan belajar dengan alam. Selain baik untuk perkembangan motorik anak, hal ini juga baik untuk aspek sosialisasi sang anak ketika harus berhadapan dengan orang baru atau yang tidak mereka kenal sebelumnya. Anak akan lebih mudah berbaur dengan teman barunya saat mereka sedang bersama-sama bermain dengan binatang, atau ketika mereka bertemu teman baru di tempat main sepatu roda. Mereka akan saling bertukar cerita dengan imajinasinya yang sangat menarik. 

Saya pribadi sengaja mengajak anak ke tempat terbuka agar bisa langsung berinteraksi dengan lingkungan sekitar, baik binatang maupun teman yang baru baginya. Pada akhirnya anak juga lelah karena main seharian dan makannya pun menjadi banyak dan lahap, hati ibu mana yang tak senang jika makanan yang dimasaknya dilahap habis oleh anaknya. 

Semoga bermanfaat.

By: Shinta Seprianti

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1662 Shinta Seprianti

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ide Kreatif Bermain Saat Mati Lampu

Mati lampu memang menjadi kondisi yang kurang nyaman. Namun, Moms bisa memanfaatkan kondisi ini untuk barmain dengan si Kecil.

Suamiku Ayah ASI! Yuk Tanamkan Positif Mind!

Hai para istri, yuk belajar cara merayu suami agar mau untuk menjadi ayah ASI berikut ini!

Pengalaman Lebaran Pertama Tanpa Keluarga

Meskipun jauh dari sanak saudara, Lebaran sudah seharusnya menjadi momen yang dirayakan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Setahun Bersama Babyologist

Moms, yuk simak pengalaman Mom Dinar setahun bersama Babyo berikut ini.

Menjadi Istri dan Teman Bagi Suami di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada ekonomi keluarga. Yuk belajar jadi Istri yang baik dan teman bagi suami kita.

Semakin Harmonis Di Masa Pandemi

Moms and Dads, yuk simak tips untuk semakin harmonis selama masa pandemi ini.

Mengenal Tedak Siten

Apa itu Tedak Siten? Mari simak bersama berikut ini!

Keseruan Memiliki 2 Balita Dengan Jarak Dekat

Anak di usia balita adalah fase dimana anak mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, cenderung lebih egois, dan lebih senang berekplorasi. Usia [...]

Biasakanlah Mengucapkan Kata-kata Positif pada Anak

Seperti apa sih kata-kata positif yang baik untuk kita ucapkan pada anak? Simak berikut ini.

Tips Mengenakan Masker Pada si Kecil

Bagaimana cara merayu si Kecil agar mau mengenakan masker? Simak cerita berikut ini.

Tetap Harmonis Bersama Pasangan Di Masa Pandemi

Moms and Dads yuk usahakan sebisa mungkin untuk tetap rukun di masa pandemi ini. Simak cerita dan tips berikut ini ya.

Mengatasi Kakak Adik yang Sering Berantem

Kakak dan adik sering berantem? Simak tips ini yuk Moms and Dads.

Tips Agar Tetap Waras Saat 'Work From Home'

Siapa yang mulai merasa kurang waras akhir-akhir ini karena WFH? Simak yang berikut ini ya.

5 Hal Yang Perlu Ditingkatkan Ketika Menjadi Ibu Dua Anak

Moms, pernah merasa lelah dalam merawat dan membesarkan si Kecil? Baca cerita berikut ini ya.

Si Kecil Bosan di Rumah? Coba Tips Ini!

Moms dan si Kecil mulai merasa bosan di rumah? Coba tips berikut ini.

Yuk, Latih Anak Mengerjakan Tugas Rumah

Mumpung lagi di rumah aja, aku dan suami memanfaatkan momen ini untuk mengajarkan anak berbuat baik yaitu melibatkan dia mengerjakan pekerjaan rumah.

Peralihan Dari Wanita Karir Menjadi Stay at Home Mom

Siapa disini yang tadinya wanita karir, namun harus menjadi stay at home Mom semenjak si Kecil lahir? Baca cerita ini yuk!

Mengatasi Anak yang Bosan di Rumah

#DiRumahAja selama tiga minggu tentu bisa mengakibatkan si Kecil merasa bosan ya Moms and Dads. Simak cerita berikut ini yuk!

Di Rumah Aja? Yuk, Moms, Lakukan 5 Aktivitas Ini Bersama Si Kecil!

Berikut beberapa ide sederhana di rumah untuk membuat anak tetap beraktivitas sepanjang hari saat sekolah ditutup.

Tips Agar Anak Terhindar dari ISK

Sekitar 60-80% ISK disebabkan oleh kuman E. coli yang berasal dari saluran cerna. Sisanya bisa juga disebabkan oleh kuman lain seperti [...]