Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pentingnya Memilih Wipes yang Aman untuk si Kecil

BABY  |  BRANDS  |  HEALTH TIPS  |  17 Dec '19


Berbeda dengan kulit orang dewasa, kulit bayi lebih sensitif. Karena itu, sebagai orang tua kita perlu berhati-hati dalam memilih produk untuk si Kecil. Terutama, jika kita hendak menggunakan produk-produk yang bersentuhan langsung dengan kulitnya seperti tisu basah, misalnya. 

Seperti kita ketahui, tisu basah adalah salah satu benda yang paling sering kita gunakan baik untuk membersihkan perlengkapan bayi maupun kulitnya. Selain digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, tisu basah juga sering kali dibawa saat travelling bersama si Kecil.

Saat ini sudah banyak produk tisu basah bayi yang bisa Moms temukan di pasaran. Namun tidak semuanya cocok dengan kebutuhan si Kecil. Terkadang, kandungan dalam tisu basah malah bisa membuat kulit si Kecil kering, bahkan sampai mengalami iritasi terutama jika si Kecil memang memiliki kulit yang sensitif. 

Jika diperhatikan, masih banyak tisu basah bayi yang mengandung paraben. Paraben adalah jenis pengawet pada produk kosmetik, termasuk tisu basah bayi, yang dapat membantu mencegah timbulnya jamur dan bakteri pada produk. Namun, jika komposisinya terlalu berlebihan, paraben bisa membahayakan. Selain dapat membuat kulit iritasi, penggunaan paraben juga bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit hingga gangguan hormon endokrin.

Hal inilah yang membuat orang tua perlu berhati-hati dalam memilih tisu basah, Moms. Lalu, bagaimana cara memilih tisu basah yang aman untuk si Kecil?

Selalu Perhatikan Komposisi Tisu Basah

Hal pertama yang harus Moms lakukan adalah memeriksa komposisi tisu basah. Biasanya komposisi produk ditulis dengan bahasa kimia dan kadang sulit dimengerti. Moms bisa mencari tahu tentang khasiat maupun efek samping yang terdapat dalam tisu basah tersebut dengan Google.

Tidak Mengandung Komposisi Berbahaya

Jika sudah mencari tahu komposisinya, Moms bisa menentukan mana komposisi yang aman dan mana komposisi tisu basah yang dapat berisiko pada kesehatan si Kecil. Jauhkan kulit Si Kecil dari kandungan alkohol, paraben, dan parfum artifisial karena dapat memicu reaksi alergi dan iritasi kulit karena kulit si Kecil masih rapuh dan lebih tipis dibandingkan dengan kulit orang dewasa.

Pilih yang Berbahan Dasar Air

Sebisa mungkin pilihlah tisu basah yang mengandung air yang bersih dan steril. Dengan begitu, kulit si Kecil pun akan aman ketika kontak langsung dengan tisu basah tersebut. Selain itu, tisu basah yang berbahan dasar air tidak menyebabkan kulit menjadi kering.

Berbahan dasar Serat Tanaman

Mengingat tisu basah sudah menjadi barang yang sangat sering digunakan sehari-hari, sebaiknya Moms mempertimbangkan untuk menggunakan tisu yang berbahan dasar tanaman atau biodegradable sehingga sampahnya mudah terurai. Selain itu, tisu basah berbahan dasar tanaman juga lebih tebal sehingga dapat menghapus kotoran lebih efektif.

Perhatikan Kualitas Bahan Tisu Basah

Selain komposisinya, perhatikan juga material tisu basahnya. Pilihlah tisu basah dengan bahan yang tebal dan tidak mudah sobek sehingga tidak akan cepat kering ketika dipakai. Tisu basah yang tebal dan tidak mudah sobek memiliki daya serap membersihkan kotoran lebih maksimal dibandingkan tisu basah dengan tekstur tipis. Keuntungan lainnya, penggunaan tisu basah pun bisa lebih hemat.

Memilih tisu basah untuk si Kecil itu memang tidak boleh asal, ya, Moms. Kita tidak bisa asal memilih karena tidak semua tisu basah itu cocok bagi anak kita. Yuk, Moms, mulai membaca dan mencari tahu komposisi pada produk tisu basah untuk memastikan tisu basah yang kita pilih aman untuk si Kecil!

Referensi: Dr. Brown’s, Hello Sehat

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

607 Dr. Brown's Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Merawat si Kecil di 2021, Mulai dengan Memberikan Kehangatan dan Kenyamanan

Tahun 2020 dipenuhi dengan kekhawatiran karena adanya virus Corona. Tentu saja, hal ini membuat ibu hamil dan new Moms jadi perlu mempersiapkan [...]

Sudahkah Moms Memandikan Si Kecil Dengan Benar?

Sudahkah Moms memandikan Si Kecil dengan benar?

Apa yang Sebaiknya Dilakukan untuk Memastikan Stroller Bebas dari Virus?

Stroller adalah salah satu barang keperluan si Kecil yang perlu dipastikan bebas dari virus Moms. Yuk, simak berikut ini.

Kiat Mencegah si Kecil dari Kepala Peyang

Bagaimana cara mengatasi kepala peyang pada bayi? Apakah bentuk kepala peyang peyang bisa diperbaiki? Simak berikut ini.

Tips Mengajak Si Kecil Berjemur

Moms and Dads, sebelum mengajak si Kecil berjemur, simak tips berikut ini!

Skincare Mendasar Untuk si Kecil

Apa saja skincare yang menjadi kebutuhan si Kecil? Simak berikut ini.

Kenali Keajaiban Sentuhan dan Pelukanmu untuk si Kecil, Moms!

Moms, tahukah Anda bahwa sentuhanmu dapat memberikan keajaiban untuk si Kecil? Simak berikut ini.

Cegah Alergi dan Iritasi terhadap Tisu Basah Bayi

Kulit bayi yang sensitif membutuhkan perhatian ekstra sehingga Moms perlu berhati-hati dalam memilih produk.

Tips Merawat Pernapasan Bayi dengan Humidifier

Menurut dokter di Johns Hopkins All Children’s Hospital, humidifier bisa mengatasi hidung tersumbat.

Bagaimana Cara Mengenali Jenis Kulit Bayiku?

Tapi tahukah Moms, bahwa pada dasarnya kulit bayi usia 0-2 tahun memang sensitif?

Sisik pada Kepala Bayi

Pertumbuhan rambut Si Kecil dapat terhambat akibat cradle cap/kerak kepala, maka Mom harus segera mengatasinya.