Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap untuk si Kecil

HEALTH TIPS  |  PARENTING  |  11 May '20


Vaksin atau yg sering dikenal dengan istilah imunisasi merupakan tindakan yg wajib dilakukan dimana imunisasi itu sendiri merupakan suatu tindakan yg dilakukan untuk mencegah penyakit menular terlebih lagi imunisasi juga dapat menjadi perlindungan bagi si kecil untuk terhindar dari beberapa penyakit yg serius seperti campak dan polio misalnya.


Sangat disayangkan hingga kini masih ada beberapa orang tua yg menganut anti vaksin untuk putra putrinya yg biasanya dikarenakan mereka beranggapan bahwa vaksin tidak halal. Padahal di agama saya sendiri vaksin atau imunisasi merupakan salah satu bentuk ikhtiar yg dapat kita lakukan demi mencegah terjadinya penyakit pada buah hati kita.

Saat ini banyak sekali jenis imunisasi yg dapat kita temukan. Tetapi, ada Imunisasi dasar yg merupakan imunisasi wajib yg diberikan oleh pemerintah secara gratis. Kita bisa memperolehnya di fasilitas kesehatan terdekat. Jika bingung dengan jenis-jenis vaksin. Buku panduan pemerintah atau yg disebut dengan buku Kesehatan Ibu dan anak (KIA) dapat kita baca karena disitu sudah tertera jenis vaksin dan keterangan usia berapa si kecil harus divaksin. Kita juga bisa menanyakan informasi lebih detail kepada Dokter ataupun perawat di setiap fasilitas kesehatan seperti posyandu ataupun puskesmas.

Ada juga vaksin tambahan yg dapat diambil oleh kita tetapi ini kembali ke keputusan orang tua karena mengingat vaksin tambahan memiliki biaya yg tidak sedikit dan inipun tidak ditanggung oleh pemerintah. Tetapi jika kita mengambil imunisasi dasar saja sudah cukup untuk si kecil. Karena dengan memberikan vaksin kepada si kecil berarti kita mengurangi risiko terjadinya penyakit serius yg dapat membahayakan si kecil bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Berikut ini jenis-jenis imunisasi dasar yg wajib untuk kita ambil yg diberikan gratis oleh pemerintah.

1. Hepatitis B
Vaksin Hepatitis B ini untuk mencegah virus Hepatitis B yg dapat menyerang organ hati. Vaksin ini diberikan pada bayi yg baru lahir.

2. BCG
Vaksin ini diberikan hanya 1 kali pada saat usia bayi 1 bulan. Vaksin BCG ini diberikan untuk mencegah tuberkulosis paru dan radang otak.

3. MR
Vaksin MR ini diberikan untuk si kecil mulai usia 9 bulan sampai 15 tahun. Vaksin ini diberikan untuk mencegah terjadinya penyakit Morbili (campak) dan Rubela (campak jerman).

4. DPT - HIB
Vaksin ini diberikan 4 kali pada si kecil yaitu pada saat usia 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan dan 18 bulan. Vaksin ini diberikan untuk mencegah penyakit Difteri, Pertusis dan Tetanus.

5. Polio
Vaksin polio ini diberikan 4 kali juga pada si kecil saat usia 1bulan, 2 bulan, 3 bulan dan 4 bulan. Vaksin ini diberikan untuk mencegah virus polio yg dapat menyebabkan kelumpuhan pada si kecil.

6. Campak
Vaksin campak ini diberikan 2 kali pada saat usia si kecil 9 bulan dan 24 bulan. Vaksin ini sendiri diberikan untuk mencegah penyakit campak pada si kecil.

7. Vaksin JE (Japanese Encephalitis)
Satu lagi jenis vaksin JE yg diberikan gratis juga oleh pemerintah. Vaksin ini dibuat mengingat adanya wabah virus JE di Bali pada waktu itu yg disebabkan oleh gigitan nyamuk yg ditemukan pada hewan babi salah satunya. Virus JE ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian.

Itu tadi beberapa jenis imunisasi dasar yg sebaiknya kita ambil untuk mencegah berbagai terjadinya risiko penyakit pada si kecil. Memang, ada beberapa efek samping dari vaksin tersebut seperti demam atau timbulnya rasa nyeri pada bagian yg habis divaksin yg dapat menyebabkan si kecil tidak nyaman tetapi biasanya ini tidak berlangsung lama dan akan hilang dengan sendirinya. Untuk demam bisa kita antisipasi dengan pemberian obat penurun panas ataupun mengompres si kecil dengan air hangat.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

742 Dinar Indah Palupi

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cinta Berolahraga Sejak Dini

Ajari si Kecil cinta olahraga sedari dini yuk Moms!

Tips Anti Galau Imunisasi di Tengah Pandemi

Di tengah pandemi seperti seksrang ini, apa yang sebaiknya Moms lakukan jika si Kecil harus imunisasi?

Bahaya Mencium Anak Sehabis Merokok

Kita tentu pernah mendengar bahwa asap rokok tidak baik untuk dihirup si Kecil. Mengapa demikian? Simak yang satu ini ya.

Menjaga Kondisi si Kecil agar tidak mudah Sakit saat Musim Hujan Tiba

Di musim hujan seperti sekarang ini, kita perlu lebih memperhatikan kesehatan si Kecil. Yuk simak tips berikut ini.

5 Cara Melatih si Kecil yang Mengalami Speech Delay

Terapi ringan ini dapat Moms coba terapkan untuk melatih si Kecil yang mengalami speech delay.

6 Cara Menurunkan Panas pada Anak

Jika tubuh si Kecil panas, jangan panik ya Moms. Coba lakukan 6 cara ini untuk menurunkan panasnya.

Cara Menurunkan Demam Anak

Demam adalah sebuah reaksi tubuh saat menghadapi penyakit. Bagaimana cara menurunkan demam anak?

Si Kecil Terbiasa Tidur dengan Mengisap Botol Susu, Apa Solusinya?

Kebiasaan menyusu sambil tidur dapat membuat gigi si Kecil rusak, Moms. Berikut ini solusinya.

Apa Itu Manuver Heimlich?

Manuver heimlich merupakan salah satu cara yang bisa Moms gunakan saat anak tersedak

Pentingnya Me Time bagi Seorang Ibu

Me Time sangat membantu mengatasi stres bagi para ibu. Jika tidak dilakukan, ada dampaknya lho Moms.

Gangguan Produksi Suara pada Anak

Moms, waspadai gangguan produksi suara pada si Kecil. Kenali gejala-gejala dan akibatnya berikut ini.

Efek Suara Bising Terhadap Pendengaran Bayi

Bayi rentan terhadap kerusakan pendengaran akibat suara bising lho, Moms. Yuk simak penuturan Dr. Victoria berikut ini.

Periode Growth Spurt Pada Bayi

Si Kecil tiba-tiba rewel dan suka terbangun di tengah tidurnya? Mungkin ia sedang dalam masa growth spurt. Kenali tanda-tandanya berikut ini.

Meniup Balon Dapat Membunuh!

Meniup balon ternyata memiliki efek samping yang sangat berbahaya baik bagi anak kecil maupun orang dewasa!

Salah Memilih Botol Susu Menyebabkan Kolik

Betulkah salah memilih botol susu dapat menyebabkan kolik? Lalu botol susu seperti apa yang sebaiknya diberikan untuk bayi?

Stimulasi Bayi 9 Bulan Belum Bisa Apa-Apa

Perkembangan bayi 9 bulan belum bisa duduk, belum bisa merangkak, ataupun belajar berdiri? Apa yang orangtua dapat lakukan untuk menstimulasi [...]

Cara Mengatasi Bayi Tersedak

Tersedak pada bayi jika tidak dengan segera ditangani bersifat fatal. Bagaimana mengatasi bayi tersedak? Simak bersama berikut ini.

Tips Bayi Tidur Pulas Di Malam Hari Tanpa Rewel

Kebanyakan bayi selalu terbangun beberpa kali di malam hari dan ini seringkali membuat Moms keletihan dan kurang tidur. Mau tau tips untuk bayi [...]