Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pentingnya Imunisasi BCG

HEALTH TIPS  |  22 Jul '18

Setiap manusia yang baru lahir ke dunia tentunya belum memiliki daya tahan tubuh yang sempurna. Selain perlindungan dari ibu, banyak hal yang perlu diberikan ke bayi yang baru lahir agar tidak mudah terserang penyakit.

Salah satunya ialah imunisasi, bayi yang baru lahir sudah harus diimunisasi sebelum usianya 12 jam. Imunisasi penting untuk membangun daya tahan tubuh, salah satunya adalah Imunisasi BCG. Imunisasi ini optimalnya dilakukan di usia 2 hingga 3 bulan.

Apa Itu Imunisasi BCG?

  1. Tujuan Imunisasi BCG
    Imunisasi BCG atau Bassil Calmette Guerin adalah imunisasi yang diberikan pada bayi untuk mencegah penyakit Tuberkolosis dan tuberkolosis berat, layaknya TBC miler dan TBC meningitis. Mengapa demikian? Ini dilakukan karena bayi masih rentan terkena penyakit dan infeksi seperti Mycobacterium Tubercolosis. TBC akan menular jika penderita berada di sekitarnya dan melakukan kontak dengannya.

  2. Lokasi Penyuntikan Imunisasi BCG
    Menurut WHO, penyuntikan idealnya dilakukan pada lengan kanan atas. Namun di Indonesia pada praktiknya dapat dilakukan pada lengan kanan atas dan di bagian paha. Beberapa orang beranggapan penyuntikan yang dilakukan akan menimbulkan bekas yang membuat badan bayi tidak indah, padahal sebenarnya bekas luka yang dihasilkan tidak terlalu besar dan relatif kecil. Namun biasanya bekas luka tidak akan hilang sampai anak Anda besar nanti.

  3. Tanda Keberhasilan Imunisasi BCG
    Munculnya benjolan kecil dan bernanah layaknya bisul merupakan sebuah tanda berhasilnya imunisasi BCG yang diberikan kepada si Kecil. Namun bisul yang dihasilkan tidak seperti bisul aslinya dan tidak sakit ketika disentuh. Jangan khawatir karena luka yang seperti bisul itu perlahan akan mengempis lalu berubah menjadi luka parut. Apabila terdapat reaksi lain setelah melakukan imunisasi ini, contohnya luka dari bekas suntikan tak kunjung sembuh, hal tersebut merupakan tanda bahwa bayi pernah terkena infeksi TB. Jika hal ini terjadi, segera konsultasikan dengan dokter.

  4. Bagaimana jika tidak ada benjolan setelah Imunisasi BCG?
    Jika setelah melakukan imunisasi tak ada benjolan pada bagian tubuh yang disuntikkan, bukan berarti imunisasi BCG tersebut gagal. Ada beberapa faktor, yakni bisa saja dosis yang diberikan memang terlalu sedikit, atau daya tahan bayi sedang tidak dalam kondisi yang baik.

  5. Berapa Biaya Imunisasinya?
    Imunisasi BCG ini terhitung murah jika Moms melakukannya di puskesmas atau rumah sakit pemerintah yang mempunyai subsidi. Harga imunisasi ini sebesar Rp. 10.000 per tahun 2011 silam. Biaya tersebut belum termasuk pajak 10% dan jasa vaksinasi.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

166 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories