Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pentingnya Car Seat Saat Berkendara Bersama Anak

GROWTH & DEVELOPMENT  |  PARENTING  |  02 Jan '19


Sebagian besar negara di dunia telah mewajibkan penggunaan car seat untuk anak-anak ketika berkendara menggunakan mobil. Hal tersebut dipertegas dengan besarnya denda yang diberikan bagi pelanggar aturan penggunaan car seat tersebut. Alasan paling utama tentunya adalah keamanan dan keselamatan penumpang, terutama anak-anak saat berkendara.

Di Indonesia memang belum ada aturan yang tegas mengenai penggunaan car seat. Namun bagi orang tua yang rutin berkendara menggunakan mobil bersama anak-anak, pastikan car seat sudah terpasang dengan baik di dalam mobil. Jika belum memasang car seat, saatnya mempertimbangkan untuk segera memasang car seat demi keselamatan si Kecil.

Hal-hal yang perlu diketahui mengenai car seat untuk anak-anak:

  1. Car seat penting untuk keselamatan seluruh penumpang di dalam mobil. Anak-anak cenderung lincah dan berpotensi mengganggu konsentrasi pengemudi. Penggunaan car seat dengan safety belt yang terpasang baik dapat menghindari benturan pada anak dan membuat penumpang lain lebih nyaman.

  2. Perjalanan yang cukup panjang tentunya melelahkan. Duduk di car seat membuat anak-anak akan merasa lebih nyaman dibandingkan jika dipangku. Orang tua pun akan lebih rileks menikmati perjalanan.

  3. Car seat tidak boleh dipasang di kursi penumpang paling depan. Karena alasan keselamatan, car seat harus dipasang di baris kedua atau ketiga di dalam mobil.

  4. Car seat yang digunakan harus sesuai usia anak, setiap jenis car seat memiliki batasan kisaran usia dan cara pemasangannya sendiri. Car seat untuk bayi berusia 0-6 bulan sebaiknya dipasang menghadap ke arah belakang mobil.

  5. Pastikan suasana hati anak happy saat mulai berkendara, siapkan mainan dan camilan kesukaan si Kecil agar perjalanan semakin menyenangkan.

 

Semoga bermanfaat.

By: Afra Meilianda

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1434 Afra Meilianda

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Menumbuhkan Minat Baca Anak

Membaca perlu dibiasakan sejak dini untuk tumbuh kembang anak. Bagaimana cara menumbuhkan minat bacanya?

Apakah Efek Buruk Gadget pada si Kecil?

Bahaya penggunaan gadget untuk si Kecil tidak hanya pada kontennya, tapi juga efek ketergantungannya lho Moms.

Melatih Kesabaran Anak Sejak Dini

Kesabaran perlu dilatih sejak dini, bukan dengan perkataan tapi melalui tindakan yang melibatkan si Kecil.