Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pentingkah Vitamin Prenatal saat Hamil?

MY STORY  |  PREGNANCY  |  22 Jul '19


Saat mengetahui bahwa moms positif hamil, tentulah perasaan Moms sangat amat gembira ya. Langsung mengecek kondisi kandungan moms ke tempat penyedia layanan kesehatan baik itu ke rumah sakit ataupun ke puskesmas terdekat.

Saat moms berkonsultasi, moms akan di berikan resep vitamin prenatal untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan anak yang dikandung. Ibu hamil mengalami peningkatan kebutuhan zat gizi lebih banyak daripada sebelum hamil, maka vitamin prenatal ini dibutuhkan ibu hamil untuk melengkapi zat gizi yg mungkin belum cukup terpenuhi dari makanan sehari2.

Vitamin prenatal sendiri mencakup 3 zat gizi penting yang dibutuhkan ibu dan bayi, seperti asam folat, kalsium, dan zat besi.

Kalau dari puskesmas umumnya ketiga zat penting ini ada dalam 3 bentuk tablet;

- kalsium: tablet besar dgn warna putih rasa nya sdkit manis menurut saya dan saya sangat suka meminum ini

- kuning kecil: asam folat rasa nya kurang begitu enak seperti obat pada umum nya

- merah: zat besi dan penambah darah

Namun jika moms ingin yang praktis, banyak sekali di luar terdapat vitamin prenatal yang sudah mencakup banyak zat gizi vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil dan calon bayi nya hanya dengan 1 kapsul/tablet. Seperti; folamil genio, Blackmores, namun bisa juga dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan moms yg sesuai kebutuhan pribadi.

Mengapa vitamin prenatal penting?

Menurut saya karena zat pentingnya seperti:

- asam folat: berguna untuk mencegah cacat lahir pada bayi karena asam folat berperan penting dalam pembentukan awal otak dan sumsum tulang belakang.

- kalsium: membantu mencegah moms kehilangan kepadatan tulang moms karena bayi menggunakan kalsium pada tubuh moms untuk pertumbuhan tulangnya, Selain untuk pertumbuhan tulang, kalsium juga dibutuhkan untuk pertumbuhan gigi, kesehatan otot dan saraf (termasuk pada jantung). Jadi penting banget ya moms.

- zat besi: penting karena pada ibu hamil kebutuhan zat besi mengalami peningkatan karena volume darah bertambah dan saya mengalami banget karena saya tipe ibu dengan riwayat darah rendah pada saat kontrol, selalu rendah sampai selain minum vitamin prenatal ini saya pun harus banyak menambah variant makanan yg banyak mengandung zat besi lebih banyak porsi nya dari biasa nya. Kekurangan zat besi sendiri pada saat hamil dapat menyebabkan moms menderita anemia defisiensi zat besi, di mana kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, atau lebih berat beresiko pada kematian bayi.

So moms menurut saya vitamin prenatal sendiri ini memang di perlukan sekali ya, walaupun suka males2an minum karena harus rutin setiap hari selama kehamilan tapi percaya deh semua itu tidak berarti demi kesehatan kita dan calon anak.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

228 Dian novyanty

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Pentingnya Asupan Asam Folat untuk Ibu Hamil

Asam folat berperan penting dalam mendukung fungsi tubuh berjalan maksimal.

Pentingnya Asupan Zat Besi untuk Ibu Hamil

Zat besi tentunya sudah tidak asing bagi telinga kita ya Moms.

Segudang Manfaat dan Nutrisi Buah Naga untuk Kehamilan

Dari sekian jenis buah yang dianjurkan untuk ibu hamil, salah satu yang dianjurkan adalah buah naga

Tips Menjaga Kenaikan Berat Badan selama Kehamilan

Moms kenaikan berat badan selama kehamilan adalah hal yang pasti dialami oleh semua bumil ya.

Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil dengan Cara Alami

Hai Moms! Anemia merupakan salah satu hal yang sering dialami oleh ibu hamil dan menyusui.

Kenali Manfaat Susu Almond

Ternyata susu almond untuk ibu hamil sangat banyak manfaatnya loh Moms

Segudang Manfaat Kacang Hijau

Yuk kita kenal lebih jauh apa aja nih kandungan gizi dan manfaat kacang hijau untuk bumil dan janin

Mie Instan untuk Ibu Hamil, Bolehkah?

Berikut cara mengolah mie instan agar aman dikonsumsi oleh ibu hamil

Manfaat Vitamin E untuk Ibu Hamil

Moms sedang hamil? Yuk konsumsi makanan yang tinggi viamin E karena banyak manfaatnya

Benarkah Banyak Konsumsi Jeruk Janin akan Berjenis Kelamin Perempuan?

Benarkah terlalu banyak mengonsumsi buah jeruk merupakan salah satu faktor penyebab janin berjenis kelamin perempuan?

Moms, Hindari Makanan Ini Selama Hamil Ya!

Ibu hamil harus bisa mengetahui makanan dan minuman apa saja yang sebaiknya dihindari selama masa kehamilan.

9 Tips Menjaga Kehamilan yang Sehat

Kali ini aku mau sharing informasi 9 items yang cukup berguna untuk Moms-to-be selama masa kehamilannya.

Ramuan Detox Rahim

Para perempuan tentunya sering dong mengalani gangguan hormonal, apalagi kalo menjelang menstruasi dan disertai nyeri.

Penuhi Kebutuhan Asam Folat Selama Hamil

Asam folat menjadi vitamin yang paling direkomendasikan untuk para ibu hamil dan seolah menjadi superheronya ibu hamil

5 Minuman Sehat untuk Ibu Hamil

Dehidrasi bisa membahayakan Moms dan janin. Karenanya sangat penting bagi Moms untuk mencukupi kebutuhan cairan

Manfaat Susu Almond dan Susu Kedelai Untuk Bumil

Apa sih bedanya manfaat susu kedelai dan susu almond untuk perkembangan janin? Yuk simak penjelasannya berikut ini

Apa Itu Asam Folat?

Asam folat ternyata banyak manfaatnya, selain dari suplemen vitamin, asam folat juga bisa diperoleh dari sumber makanan

Bolehkah Bumil Tidak Minum Vitamin Prenatal?

Dulu waktu habis miscarriage dan mencoba hamil lagi, aku diminta rutin konsumsi vitamin prenatal oleh dokter.

Diet Karbo agar Bisa Melahirkan Normal

Berat badan janin cukup besar? Tenang, Moms bisa melakukan diet karbo jika ingin melahirkan secara normal.

Tips Meningkatkan Kadar Hb Darah Ibu Hamil

Ibu hamil biasanya rentan mengalami Hb rendah ya Moms, nah berikut resep untuk menaikkan Hb rendah