Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Penting! Ini Daftar Imunisasi Bayi 4 Bulan

HEALTH TIPS  |  24 Apr '19

Anak yang sehat dan tumbuh dengan baik pasti menjadi harapan orang tua. Moms tentu juga menginginkan hal yang sama untuk si Kecil. Salah satu cara untuk menjaga agar si Kecil tidak terserang penyakit adalah dengan mengimunisasinya. Imunisasi sangat penting untuk meningkatkan daya tahan si Kecil dari serangan penyakit tertentu. Moms yang punya bayi umur 4 bulan harus tahu berbagai jenis imunisasi bayi 4 bulan berikut ini.

Jenis Vaksin untuk Bayi 4 Bulan

Polio

Pemberian vaksin polio sangat penting untuk mencegah si Kecil mengalami lumpuh layu. Vaksin ini diberikan 4 kali sebelum si Kecil memasuki umur 6 bulan. Cara vaksin polio ada dua macam, yaitu secara oral dan suntik. Vaksin polio oral diberikan dengan cara meneteskan vaksin ke mulut si Kecil. Sementara itu, vaksin polio suntik diberikan dengan cara menyuntik tungkai atau lengan si Kecil.

DTP

Imunisasi bayi 4 bulan yang dibutuhkan si Kecil selain vaksin polio adalah vaksin DTP. Vaksin ini merupakan vaksin gabungan untuk mencegah terjadinya tiga penyakit yakni difteri, pertusis dan tetanus. Vaksin DPT berisi bakteri dari ketiga penyakit tersebut, akan tetapi bakteri sudah dilemahkan. Sistem imun di tubuh si Kecil akan distimulasi oleh vaksin DPT untuk menghasilkan antibodi yang dapat membunuh bakteri penyebab penyakit difteri, pertusis dan tetanus.

HiB

Vaksin ini dapat menjaga si Kecil dari serangan bakteri berbahaya yang jadi penyebab penyakit meningitis, epiglottitis dan pneumonia. Bayi yang tidak mendapat vaksin ini lebih rentan terserang penyakit berbahaya tersebut dan berisiko cacat atau meninggal dunia. Jadi, Moms harus memastikan si Kecil mendapatkan vaksin ini saat usianya 4 bulan.

PCV

Vaksin PCV melindungi si Kecil dari serangan bakteri pneumokokus. Bakteri tersebut dapat menyebabkan timbulnya penyakit pneumonia, meningitis dan septikemia. Akibat dari penyakit tersebut sangatlah serius. Penderita ketiga penyakit tersebut dapat mengalami kerusakan otak permanen, bahkan kematian.

Pemberian vaksin PCV dilakukan dalam 4 tahap yaitu pada saat usia si Kecil 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan dan vaksin booster saat usia 12-15 bulan.

Rotavirus

Vaksin rotavirus dapat melindungi bayi Moms dari diare akibat serangan rotavirus. Virus tersebut sering menyerang bayi dan anak-anak. Pemberian vaksin rotavirus dilakukan secara oral.

Imunisasi bayi 4 bulan sangatlah penting. Moms harus memastikan si Kecil mendapatkan vaksin yang diperlukannya. Vaksin untuk bayi usia 4 bulan misalnya polio, rotavirus, HiB. Jenis-jenis vaksin tersebut ada yang diberikan secara oral, tetapi ada juga yang melalui suntikan.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

Copyright by Babyologist

360 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories