Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Penjelasan Seputar Perut Kembung Saat Hamil

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  10 Apr '22


Semakin mendekati HPL, ibu hamil semakin sering mengeluhkan perut kembung. Perut kembung saat hamil adalah hal wajar meski dapat menimbulkan rasa tidak nyaman hingga mempengaruhi nafsu makan. Hal ini patut dipelajari seputar penjelasannya secara lengkap.
Perut kembung merupakan kondisi perut terasa penuh padahal belum terisi makanan. Perut juga akan terasa lebih besar, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman atau muncul gejala lain seperti mual atau ingin muntah. Keluhan perut semacam ini sering dialami ibu hamil pada saat tertentu.

Penyebab Umum Perut Kembung Saat Hamil

Gangguan perut kembung bisa dirasakan kapan saja oleh ibu hamil. Akan tetapi, sebagian besar ibu hamil sering merasakan kembung saat usia kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga. Bahayakah perut kembung saat hamil? Bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasannya.
  1. Meningkatnya Hormon pada Ibu Hamil
Saat hamil, kondisi tubuh ibu akan mengalami beberapa perubahan. Perut kembung adalah proses meningkatnya hormon selama kehamilan. Hormon progesteron ini memberi efek relaksasi pada otot, sehingga otot saluran pada pencernaan bekerja melambat dan menyebabkan kembung.
  1. Adanya Gas Tubuh Secara Berlebih
Dilansir dari alodokter.com, dr. Kevin Adrian mengatakan gas yang berlebih merupakan penyebab lain kembung pada ibu hamil. Gas pada tubuh tersebut muncul saat bakteri di usus besar mengolah sisa makanan dari sistem pencernaan yang belum sempurna. Gas ini juga memicu orang kembung akan sering buang gas dan sendawa. Wajarnya, orang akan buang gas atau kentut 14 – 40 kali dalam sehari. Namun, banyaknya gas pada ibu hamil bisa menyebabkan kentut lebih banyak dan bisa memicu kram perut sehingga akan menimbulkan sedikit rasa sakit.
  1. Dampak Si Kecil dalam Perut
Perut kembung saat hamil juga bisa disebabkan karena adanya si Kecil dalam perut. Si Kecil yang terus berkembang akan menekan ruang gerak di dalam perut Moms. Pertumbuhan si Kecil inilah yang menekan perut hingga sistem pencernaan berjalan lambat dan menimbulkan gas pembuangan.
Hal ini wajar terjadi dan hampir pasti dirasakan oleh semua ibu yang hamil. Namun, jika kondisi kembung semakin parah, Moms bisa periksakan ke bidan, dokter, atau dokter spesialis obgyn untuk mengetahui kondisi lebih lanjut. Jika sudah mereda, Moms cukup hanya beristirahat saja.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Ibu Hamil

Pada dasarnya, perut kembung adalah hal yang tidak perlu dikhawatirkan berlebihan. Namun, jika kembung berlangsung dalam waktu yang lama hingga menimbulkan rasa sakit, Moms perlu memeriksakan ke dokter. Lalu, bagaimana saja cara mengatasi perut kembung dengan mudah?
  1. Jaga Pola Makan yang Sehat
Bagaimana cara mengatasi perut kembung saat hamil? Ini bisa dimulai dengan hal sederhana yakni menjaga pola makanan dengan konsumsi sehat dan terjaga gizinya. Misalnya, menghindari makanan pemicu gas dalam tubuh seperti kembang kol, kubis, kacang-kacangan, dan brokoli.
Di sisi lain, makanan yang patut dihindari agar tidak dikonsumsi terlalu banyak adalah makanan mengandung lemak jenuh seperti gorengan, bawang bawang bombay, dan minuman bersoda. Intinya, makan apapun bagi ibu hamil diperbolehkan asal tidak berlebihan sehingga membahayakan kesehatan.
  1. Hindari Makanan Mengandung Fruktosa
Fruktosa adalah salah satu zat yang memicu munculnya gas berlebih dalam tubuh. Biasanya zat ini berada di daun bawang, biji-bijian, pir, apel, dan makanan olahan yang mengandung zat kimia berbahaya sehingga memunculkan reaksi pada perut untuk sering buang angin.
Makanan berlemak juga musuh utama bagi lambung. Salah satu kondisi perut kembung saat hamil yang tidak nyaman muncul karena adanya lemak dalam tubuh. Oleh sebab itu, patut dipertimbangkan untuk menghindari makanan-makanan tersebut sementara waktu.
Fruktosa merupakan gula alami yang berada di sebagian besar buah. Namun, fruktosa tidak dianjurkan konsumsi berlebihan jika sudah berada pada produk olahan makanan dan minuman. Gula bisa berproses lebih lanjut pada usus besar sehingga menimbulkan kembung atau disebut malabsorpsi fruktosa.
  1. Makan dengan Porsi Sedikit
Untuk meredam perut kembung, Moms bisa mencoba untuk mengurangi porsi makan. Makan terlalu banyak dalam waktu yang singkat berpotensi memperparah perut kembung. Apalagi, jika sebelum makan, kondisi perut kosong dalam waktu cukup lama.
Lebih baik, Moms mengurangi porsi makan sementara waktu hingga sembuh. Saat makan, hindari makanan yang berlemak atau menimbulkan potensi buang angin lebih banyak. Makanlah yang bergizi atau atas rekomendasi dokter bagi kehamilan yang bermasalah.
  1. Olahraga Ringan Saat Kehamilan
Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), sangat direkomendasikan bagi ibu hamil yang sehat agar olahraga minimal 150 menit dengan intensitas sedang setiap pekan. Olahraga ringan yang dimaksud seperti jalan cepat, aerobik, dan lari-lari kecil.
Olahraga mampu mempercepat sistem pencernaan agar tidak sembelit. Bisa juga dengan konsultasi kepada dokter, olahraga apa yang tepat untuk dilakukan saat usia kehamilan tertentu. Syarat olahraga ibu hamil adalah kehamilan tanpa masalah dan tidak memerlukan perawatan khusus.
  1. Perbanyak Minum Air Putih
Seringkali, muncul di benak Moms, perut kembung minum apa? Dikutip dari The United States National Academy of Medicine, sangat dianjurkan ibu hamil minum minimal 2,3 liter air putih setiap  hari. Minum air putih 2,3 liter bisa disiasati dengan pembagian waktu sesuai rutinitas sehari-hari Moms. 
Minum air putih rutin dapat mendorong perut untuk mencerna makanan secara sempurna. Setiap makanan yang masuk dalam perut tidak bisa tercerna sempurna akan masuk ke usus kecil. Di usus kecil inilah, tempat bakteri memecah makanan hingga menjadi gas-gas bagi tubuh. Selain dapat mengurangi potensi kembung, air putih juga baik agar ibu hamil tidak dehidrasi.
Gaya hidup sering minum air putih ini penting sekali untuk diterapkan. Moms tidak akan rugi apabila sering mengonsumsi air putih karena peran air putih sangat bermanfaat bagi tubuh dalam kondisi apa pun.
  1. Jauhi Asap Rokok dan Alkohol
Tidak hanya untuk ibu hamil, asap rokok dan alkohol adalah dua musuh besar sebagian organ penting manusia. Pada ibu hamil, asap rokok dan alkohol akan mempercepat risiko gangguan kesehatan pada tubuh. Hal ini bisa mengakibatkan munculnya masalah serius pada kesehatan ibu dan si Kecil dalam perut. 
Saat perut kembung, Moms lebih baik jauhi asap rokok sementara waktu. Jika suami masih merokok, berikan pengertian agar tidak sembarangan merokok dekat si Kecil dalam perut. Pasalnya, asap rokok dan alkohol ini bisa membuat kembung semakin parah dengan memunculkan gejala kram hingga diare berat. Beberapa ibu hamil juga sering mengeluh gejala semakin parah karena stres atau depresi. Maka dari itu, penting juga untuk mengelola pikiran agar tidak terlalu terbebani. Komunikasikan segala persoalan kehamilan pada pasangan atau orang terdekat agar kondisi segera membaik dan bisa beraktivitas kembali.
Setelah solusi perut kembung saat hamil, sekarang Moms bisa mencoba solusinya. Selain cara di atas, hal lain yang patut dipertimbangkan adalah memakai pakaian dan celana yang nyaman. Jangan sampai membuat perut semakin tertekan hingga memperburuk kesehatan. 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

124

Comments

LATEST POSTS

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami [...]

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Ketika hamil, Moms akan dihadapkan dengan berbagai pantangan dan banyak hal harus dilakukan secara lebih hati-hati. Salah satunya adalah soal makan.

Ketahui Jawaban, Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang?

Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Jawabannya adalah boleh. Pada dasarnya semua minuman sehat bagus dikonsumsi [...]

Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar

Menghadapi persalinan normal untuk pertama kali tentu akan membuat Moms merasa sangat nervous. Apalagi, proses melahirkan tidak bisa dijelaskan [...]