Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  01 Jun '22


Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap sehat. Sebab itulah Moms mesti selektif memilih jenis makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. 

Lantas, bolehkah ibu hamil minum es? Banyak mitos yang berkembang jika ibu hamil terlalu banyak minum es bisa membuat bayi yang dilahirkan memiliki bobot yang besar. Kondisi janin dengan ukuran yang besar tentu akan menyulitkan persalinan normal. Apakah benar mitos mengenai air es itu? Temukan jawabannya di bawah ini.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Es? Ini Penjelasan Singkatnya

Adalah hal yang wajar bila Moms ingin mengkonsumsi minuman yang segar dan dingin saat cuaca panas. Begitu juga ibu hamil, pasti ingin mencoba minuman yang dingin untuk menghilangkan dahaga. Namun, kebanyakan ibu hamil takut mengkonsumsi es karena tidak ingin terjadi masalah pada janinnya. 

Baca Juga: Babyo Review Babybee Nursing Pillow

Dilansir dari sumber yang berasal dari Pregnancy Birth, and Baby, keinginan ibu hamil untuk mengkonsumsi es untuk memenuhi kebutuhan akan cairan merupakan fenomena yang wajar. Hal ini juga dialami oleh sebagian besar wanita hamil di dunia ini. Ketika tubuh merasa kehausan, ibu hamil memiliki kecenderungan untuk ingin mengkonsumsi es. Pertanyaannya, bolehkah ibu hamil minum es?

Selama masa kehamilan, tubuh Moms harus selalu terhidrasi agar kondisi janin dalam kandungan bisa tetap sehat. Konsumsi air dalam jumlah yang besar juga bisa menyehatkan air ketuban agar tetap bening dan tidak keruh.

Ibu hamil sebenarnya diperbolehkan untuk minum es, baik dalam bentuk minuman dingin atau es batu yang dicampur ke dalam jus. Hal yang perlu Moms perhatikan adalah kondisi air tersebut harus bersih agar tidak terjadi infeksi berbahaya yang diakibatkan, baik oleh jamur maupun bakteri.

Ada banyak manfaat yang bisa ibu hamil rasakan dengan mengkonsumsi minuman dingin atau es. Beberapa manfaatnya adalah:

  • Membantu mencukupi asupan cairan dalam tubuh.
  • Mencegah ibu hamil dan janin mengalami dehidrasi.
  • Membantu ibu hamil mengatasi kegerahan.

Selama hamil, suhu tubuh Moms akan mengalami peningkatan secara drastis. Itulah mengapa ibu hamil gampang terkena hot flash atau kegerahan. Sebab itulah keinginan untuk minum es selama hamil menjadi cukup tinggi sebagai upaya untuk mengurangi sensasi panas dalam tubuh. Kenaikan suhu tubuh disebabkan karena meningkatnya sistem metabolisme yang diikuti dengan penurunan kadar hormon estrogen. Itulah mengapa kondisi badan ibu hamil lebih hangat dari kondisi normalnya.

Jenis Minuman Es yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Apakah benar minum es saat hamil membuat bayi besar? Pertanyaan tersebut masih dipercaya oleh banyak ibu hamil saat ini. Salah satu faktor yang memicu ukuran bayi besar adalah kebiasaan Moms saat hamil.

Kandungan gula yang berlebih bisa membuat ibu hamil serta janin mengalami obesitas. Hal inilah yang menjadikan ukuran janin menjadi lebih besar daripada berat badan bayi pada umumnya. Konsumsi minuman es selama hamil memang diperbolehkan. 

Akan tetapi, ada beberapa jenis minuman es yang sebaiknya Moms hindari. Misalnya saja minuman dingin yang dicampur dengan pemanis buatan atau es yang dicampur dengan kafein ataupun alkohol. Jenis minuman tersebut cukup berbahaya bagi kesehatan si Kecil karena bisa menyebabkan dehidrasi. Selain itu, minuman es yang mengandung alkohol dan kafein juga bisa memicu masalah kesehatan seperti diabetes gestasional.

Tips Aman Mengkonsumsi Minuman Es Saat Hamil

Ada banyak informasi yang salah mengenai bahaya minum es saat hamil. Itulah mengapa banyak yang bertanya mengenai bolehkah ibu hamil minum air dingin dari kulkas? 

Moms diperbolehkan untuk mengkonsumsi es batu, asalkan es batu tersebut terbuat dari air yang sudah matang dan bersih. Es batu yang terbuat dari air yang tidak matang bisa memicu infeksi yang disebabkan oleh virus serta kuman yang terdapat pada air tersebut.

Ada beberapa tips yang bisa ibu hamil terapkan jika ingin mengkonsumsi air es dengan aman.

  • Disarankan untuk mengonsumsi minuman yang sudah didinginkan daripada mencampurkan es batu ke dalam minuman yang masih panas atau hangat
  • Pastikan segel minuman dingin dalam kemasan botol tidak rusak serta tanggal kedaluwarsanya tidak terlewat
  • Bawalah minuman sendiri saat bepergian karena Moms bisa lebih menjaga kehigienisannya

Penyebab Ibu Hamil Senang Mengkonsumsi Es

Hampir sebagian besar ibu hamil memiliki kegemaran minum es, terutama saat merasa haus. Keinginan untuk minum es selama hamil bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa penyebabnya adalah:

1. Menderita Anemia

Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil, terutama jika sudah memasuki trimester 3. Kondisi ini disebabkan karena ibu hamil kekurangan asupan nutrisi tertentu yaitu zat besi.

Dilansir dari laman resmi World Health Organization, disebutkan bahwa ibu hamil memerlukan asupan zat besi minimal 27 gram per hari untuk memenuhi kebutuhan tubuh serta janin. Saat ibu hamil mengalami anemia, tubuh memberikan respon berupa rasa haus. Hal ini yang membuat keinginan untuk minum minuman dingin menjadi sangat tinggi. Konsumsi air es merupakan salah satu cara tubuh untuk mendapatkan tambahan energi dari sensasi dingin yang dihasilkan. Dengan minum es, maka kondisi tubuh menjadi lebih bugar dan tidak gampang lemas.

2. Pica

Pica merupakan sebuah kondisi dimana keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang minim gizi menjadi bertambah. Pica sering dialami oleh anak-anak yang lebih menyukai snack, daripada makanan utama yang gizinya lebih lengkap.

Penyebab pica yang dialami oleh ibu hamil belum ditemukan secara pasti. Namun, menurut American Pregnancy Association dorongan ini muncul sebagai akibat dari perubahan hormonal. Selain itu, pica dianggap sebagai respon tubuh untuk memperoleh nutrisi tertentu yang tidak ada dalam makanan. Contoh kebiasaan pica pada ibu hamil adalah keinginan untuk minum es. 

Dengan mengkonsumsi es, maka asupan nutrisi yang didapatkan oleh tubuh cukup minim karena dalam air es hanya terkandung mineral saja. Meski pica dianggap tidak berbahaya, tapi untuk beberapa kasus pica bisa menjadi pertanda terjadi gangguan emosional. 

Stres dapat menjadi penyebab dari gangguan emosional selama hamil. Nah, salah satu gejalanya adalah pica. Sebab itulah, gejala pica perlu diwaspadai karena bisa berpengaruh juga terhadap kondisi janin.

Penyebab Bayi Besar 

Selama berkonsultasi dengan dokter, pasti Moms pernah melontarkan pertanyaan mengenai bolehkah ibu hamil minum es? Selama ini, minuman es sering dikaitkan dengan ukuran bayi yang besar. Hal tersebut hanyalah mitos belaka.

Moms perlu mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan bobot bayi yang lahir lebih besar. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

1. Pola Makan Saat Hamil

Apabila selama hamil Moms banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi gula, maka besar kemungkinan ukuran janin akan menjadi besar.

2. Kelahiran Melewati HPL

Dr. Christopher Chong, seorang pakar kehamilan menyebutkan bahwa kehamilan yang waktunya lebih lama, membuat bayi yang dilahirkan berukuran lebih besar dari bobot bayi pada normalnya.

Baca Juga: Babyo Review Joyful Blanket & Precious Bee

3. Faktor Genetik

Apabila ayah ataupun ibu semasa bayi mempunyai berat lebih besar dari bayi normal, kemungkinan bayi yang dilahirkan juga akan mengalami hal yang serupa.

4. Jenis Kelamin

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, bayi laki-laki cenderung memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan bayi dengan jenis kelamin perempuan.

Bolehkah ibu hamil minum es? Minum es ataupun minuman dingin tidak banyak berpengaruh pada kondisi janin. Moms diperbolehkan mengkonsumsi es asalkan tidak ada campuran pemanis buatan, kafein, serta alkohol. 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

125 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami [...]

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Ketika hamil, Moms akan dihadapkan dengan berbagai pantangan dan banyak hal harus dilakukan secara lebih hati-hati. Salah satunya adalah soal makan.

Ketahui Jawaban, Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang?

Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Jawabannya adalah boleh. Pada dasarnya semua minuman sehat bagus dikonsumsi [...]

Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar

Menghadapi persalinan normal untuk pertama kali tentu akan membuat Moms merasa sangat nervous. Apalagi, proses melahirkan tidak bisa dijelaskan [...]

Merk Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Mengaplikasikan cream wajah setiap hari telah menjadi kebutuhan terutama bagi para wanita. Namun, saat hamil atau menyusui, Moms harus lebih [...]