Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  08 Jun '22


Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses yang keras sehingga sangat membantu ibu hamil. Namun, bagaimana dampak konsumsi microlax untuk ibu hamil? Apakah aman?

Secara umum, microlax dibutuhkan untuk melunakkan kotoran tubuh agar buang air besar lebih mudah. Kandungan Microlax terdiri dari sorbitol, natrium lauril sulfoasetat, dan sodium sita. Ketiga zat ini dibutuhkan tubuh dalam mencerna kotoran dalam tubuh agar mudah dikeluarkan.
Sembelit adalah permasalahan yang sering dialami bayi, anak-anak, remaja, dewasa, dan orang yang sudah berkeluarga. Oleh karena itu, Microlax adalah salah satu obat yang bisa digunakan semua usia. Obat ini mudah didapatkan di mana saja karena tidak memerlukan resep dokter untuk pembeliannya.

Penjelasan Cara Menggunakan Microlax untuk Ibu Hamil Terlengkap

  1. Baca Petunjuk Pemakaian
Bagaimana jika ibu hamil susah BAB? Meskipun Microlax tidak membutuhkan resep dokter, tetaplah memperhatikan petunjuk pemakaian yang tertera di label kemasan. Jangan sampai Moms asal meminum Microlax dengan mengabaikan petunjuk pemakaian karena dapat menimbulkan efek samping berkepanjangan. 
Menurut hellosehat.com, obat ini aman digunakan untuk ibu hamil maupun menyusui. Microlax tetap bisa digunakan sebagai obat asalkan tetap mengacu petunjuk pemakaian yang ada dalam label atau kemasan tersebut. 
  1. Cara Penggunaan Microlax pada Ibu Hamil
Hampir sama dengan sebagian besar obat sembelit, Microlax juga cukup mudah digunakan. Sebelum menggunakan obat ini, pastikan cuci tangan agar steril dari bakteri. Selanjutnya, buka kemasan atau tube. Tekan kemasan agar obat keluar perlahan sesuai dosis yang dianjurkan pada kemasan.
Ratakan obat yang keluar sesuai dengan pipet yang sudah tersedia. Selanjutnya, masukkan pipet aplikator tersebut ke dalam anus atau lubang dubur pelan-pelan. Setelah obat sudah masuk, tarik aplikator dari anus. Jika kesulitan, Moms bisa meminta bantuan pasangan atau orang terdekat.
  1. Cara Penyimpanan Obat Microlax
Apa obat susah BAB buat ibu hamil? Microlax adalah salah satu obat yang dianjurkan untuk terhindar dari sinar matahari langsung atau tempat yang lembab. Maka dari itu, meski kategori obat yang tidak dikonsumsi melalui mulut, obat ini harus tetap disimpan di suhu ruangan yang sejuk.
Jangan menyimpan Microlax di kamar mandi atau dibekukan dalam lemari es. Meskipun obat lain memiliki fungsi yang sama untuk mengatasi sembelit, namun perlakuan terhadap obat berbeda-beda. Dengan begitu, penting untuk membaca petunjuk pemakaian secara lengkap, jelas, dan terperinci.
Jangan simpan obat Microlax dekat jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan yang dapat mengganggu fungsi obat. Jika sudah tidak dikonsumsi, jangan buang obat ini di toilet atau saluran pembuangan lain karena dapat menjadi limbah yang beracun untuk ekosistem lingkungan.
  1. Perhatikan Dosis Pemakaian
Petunjuk pemakaian pada botol atau kemasan obat adalah pengganti dari saran dokter atau tenaga kesehatan. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan isinya termasuk dosis pemakaian. Jangan lupa, selalu konsultasi pada dokter atau apoteker jika Moms yang  hamil ingin menggunakan obat ini.
Untuk dewasa, dosis wajar penggunaan Microlax adalah 1 tube untuk sekali pakai. Pipa aplikator pada anus harus diisi sebanyak 5 mililiter (ml) dan sekali pakai. Berbeda dengan anak-anak atau balita berusia 1-3 tahun yang hanya membutuhkan setengah tube atau sekitar 2,5 ml.
  1. Efek Samping Penggunaan Microlax Pada Ibu Hamil
Dokter Meva Nareza menjelaskan jika solusi alamiah sudah dilakukan dan ibu hamil tetap sulit buang air besar, maka opsi yang dianjurkan adalah obat pencahar. Sebelum menggunakan obat ini, Moms harus tahu bahwa kerja obat pencahar bisa dengan melunakkan feses atau menstimulasi usus.
Microlax untuk ibu hamil bisa dianjurkan karena aman. Namun, tetap ada sejumlah efek samping yang bisa terjadi, seperti sensasi anus terbakar, diare dan berpotensi dehidrasi. Kemungkinan lain yang bisa terjadi adalah ruam kulit dan gejala pembengkakan wajah, bibir, tenggorokan, atau lidah.
Kemungkinan efek samping lain adalah alergi. Meski kemungkinan efek samping kecil dirasakan, namun tetap saja bisa muncul. Jika masih ragu, tanyakan kepada ahlinya atau tenaga kesehatan yang Moms kenal atau mengikuti petunjuk pemakaian yang ada dalam kemasan obat tersebut.
  1. Peringatan serta Langkah Pencegahan
Dilansir dari alodokter, dr. Merry Dame Cristy Pane menjelaskan bahwa penggunaan Microlax dianjurkan digunakan saat posisi jongkok atau berbaring. Sebelum digunakan, masukkan seluruh leher tabung Microlax ke dalam dubur lalu tekan tabung obat secara perlahan. Setelah itu, otot anus bisa dikencangkan seperti saat menahan air besar dengan tujuan gel obat ini bisa masuk dan tidak tercecer keluar. Selanjutnya, tunggu 5 – 30 menit hingga dampak obat ini terasa. 
Sebelum menggunakannya, penting untuk mempertimbangkan manfaat dan risiko yang akan didapatkan. Jika ada gejala aneh atau efek samping berkepanjangan, segera hubungi dokter di dekat rumah. 
Saat periksa ke dokter, jangan lupa untuk memberi tahu dokter apa saja yang Moms konsumsi seperti vitamin, suplemen, dan herbal. Informasikan dokter jika terjadi sakit perut, pusing, mual, demam, atau muntah.
Obat ini juga harus dihindari bagi Moms yang memiliki riwayat kesehatan gangguan pencernaan dan ambeien atau wasir akut. Meski obat luar, jenis obat ini juga tidak direkomendasikan digunakan dalam waktu yang lama secara terus menerus.
  1. Interaksi Setelah Penggunaan Obat
Jika obat dianjurkan oleh dokter, maka dokter berkewajiban memberi informasi selengkap mungkin, termasuk dosis, keamanan, serta interaksi obat ini. Namun, nasihat dokter tersebut tidak akan didapatkan jika membeli obat bebas tanpa resep, salah satunya obat pencahar ini.
Microlax untuk ibu hamil memang diperbolehkan, tapi akan lebih baik tetap konsultasi dengan dokter. Sebab, Microlax dapat berinteraksi dengan obat lain yang sedang Moms konsumsi. Jika salah konsumsi dengan obat jenis tertentu dapat meningkatkan risiko efek samping berkepanjangan.
  1. Anjuran Pemakaian
Jika Moms mengonsumsi obat lain, lebih baik konsultasikan dulu apakah obat itu bisa dikolaborasikan atau tidak. Sebaiknya, simpan semua produk obat yang Moms gunakan untuk dikonsultasikan ke ahlinya. Jangan mengganti dosis atau memberhentikan obat tanpa sepengetahuan dokter.
Beberapa jenis obat dilarang keras digunakan dengan makanan tertentu. Selain itu, dilarang dikonsumsi saat masih aktif merokok dan minum alkohol karena dapat memicu gangguan pada kesehatan. Merokok dan alkohol dapat memicu interaksi yang terjadi.
Adanya gangguan kesehatan bisa saja muncul dari obat-obatan yang dikonsumsi. Sehingga, penting untuk segera tahu efek samping ini untuk dikonsultasikan. Jika terjadi gangguan akibat efek samping, Moms harus mendapat nasihat atau penanganan dari dokter yang tepat.
Satu hal penting dari penggunaan Microlax untuk ibu hamil adalah jangan menggunakan di luar dosis yang dianjurkan karena dampaknya bisa saja berbahaya. Jika muncul efek samping, segera hubungi dokter terdekat supaya dapat ditangani dengan segera.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1654 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Nipple Shield untuk Apa? Yuk Pelajari dan Lihat Daftar Rekomendasinya

Ketahui kapan dan bagaimana harus menggunakan nipple shield agar proses menyusui Moms sukses dan menyenangkan.

Ingin Si Kecil Gemuk, Sehat, dan Cerdas? Yuk, Terapkan Prinsip Berikut!

Apa saja tips agar bayi baru lahir cepat gemuk dalam 1 minggu? Yuk, Moms, baca selengkapnya penjelasan berikut!

Rayyanza Semakin Membaik, Ini Cara Keluarga Gigi Merawat Si Kecil Saat Sakit

Anak bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad, jatuh sakit. Sebenarnya, Rayyanza sakit apa? Bagaimana pula cara merawat [...]

Panduan Imunisasi Anak, Vaksin Wajib, dan Kisaran Harganya

Tahukah Moms, bulan Agustus adalah bulan Imunisasi Anak Nasional?

Pemerintah Siapkan Vaksinasi Pediatric COVID-19 Usia 6 Tahun ke Bawah

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah akan mulai menjajaki program vaksinasi anak di bawah 6 tahun.

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]