Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pengenalan MPASI = Sabar

FEEDING  |  09 Feb '19

MPASI merupakan asupan tambahan untuk bayi ketika dia sudah mulai memasuki usia 6 bulan ke atas. Pemberian MPASI memang sangat dianjurkan ketika bayi sudah berusia 6 bulan, sebab ketika usianya telah 6 bulan ada asupan nutrisi yang harus terpenuhi seperti zat besi.

Tetapi Moms, pemberian MPASI tidaklah segampang yang kita bayangkan. Pada saat pengenalan MPASI seorang ibu harus sabar. Ketika seorang ibu tidak sabar yang ada anaknya akan tidak mau makan sama sekali, sebab itu saya katakan pengenalan MPASI sama dengan sabar.

Seperti yang saya rasakan sekarang. Kesabaran seorang ibu terus diuji Moms, tidak hanya ketika begadang tetapi ketika pemberian MPASI, kesabaran juga terus diuji. Tetapi ada kebahagian yang saya rasakan dan Moms rasakan ketika sesendok menu yang kita buat masuk ke dalam perut bayi kita. Nah di sini saya berbagi cara agar Moms terkhusus new Moms agar bisa bersabar.

Tips ketika memberikan MPASI kepada si Kecil

  1. Bayi jangan dipaksa
    Ikuti kemauan si bayi, ketika kita memaksa bayi untuk membuka mulutnya ditakutkan si anak akan trauma dan itu akan menjadi boomerang untuk kita.

  2. Disiplin
    Kedisiplinan juga sangat menentukan anak mau makan atau tidak. Ketika si ibu tidak disiplin pada waktu pemberiannya, si anak akan bingung. Jadi kalau sudah waktu pemberiannya jam 8 pagi keesokannya juga dimulai jam 8 pagi dan berikan waktu jeda antara menyusui sebelum pemberian MPASI.

  3. Jangan terlalu lama memberikan MPASI
    Cukup Moms kita memberikan MPASI selama 30 menit. Kalau 30 menit itu hanya satu atau dua sendok langsung kita sudahi saja Moms agar si anak tidak bosan.

  4. Hidupkan suasana yang ceria
    Nah ini cara jitu saya Moms, ketika saya akan memberikan setiap sendok saya akan berusaha buat dia tertawa dulu ketika dia sudah ceria saya mulai menyodorkan makanan. Sesudah makanan itu masuk saya akan apresiasi dia dengan cara mengucapkan anak pintar, good job dan mengajak dia bertepuk tangan.

Nah buat Moms saat pemberian MPASI, kita harus sabar ya Moms, jangan panik kalau anak tidak mau makan pada saat awal pengenalan. Saat awal pengenalan bayi baru beradaptasi dengan perubahan kebiasaan. Yakinlah kalau kita tenang dan ibunya senang si anak akan mau makan, walau hanya beberapa sendok.

Semoga bermanfaat

By: Nurhakiki ritonga

Copyright by Babyologist

212 Nurhakiki ritonga

Comments

Related Stories