DAILY FEED

Memilih Peralatan MPASI Sesuai Kebutuhan Memilih Peralatan MPASI Sesuai Kebutuhan
26 Apr '19

SCOORA Bine, Kasur Bayi yang Multifungsi SCOORA Bine, Kasur Bayi yang Multifungsi
22 Apr '19

Dadar Gulung Bayam Dadar Gulung Bayam
26 Apr '19

Baby Blues akibat Jauh dari Orangtua dan Anak yang BBLR Baby Blues akibat Jauh dari Orangtua dan Anak yang BBLR
26 Apr '19

Telon Doodle: Minyak Telon Kekinian Telon Doodle: Minyak Telon Kekinian
26 Apr '19

Smart Shopping for Kids Clothings Smart Shopping for Kids Clothings
22 Apr '19

Sejak Kapan Sebaiknya Mengajak si Kecil Berkomunikasi? Sejak Kapan Sebaiknya Mengajak si Kecil Berkomunikasi?
26 Apr '19

Memilih Bak Mandi yang Baik untuk si Kecil Memilih Bak Mandi yang Baik untuk si Kecil
26 Apr '19

Pembuatan Paspor Anak Pembuatan Paspor Anak
26 Apr '19

Tips Mengatasi LDR yang Tak Terduga Tips Mengatasi LDR yang Tak Terduga
16 Apr '19

Keju untuk MPASI si Kecil Keju untuk MPASI si Kecil
26 Apr '19

Manfaat Menjemur Bayi di Bawah Sinar Matahari Manfaat Menjemur Bayi di Bawah Sinar Matahari
26 Apr '19

Ini Sebab Kulit Moms Lebih Gelap Saat Hamil Ini Sebab Kulit Moms Lebih Gelap Saat Hamil
25 Apr '19

Bekal Praktis dengan OmieBox Bekal Praktis dengan OmieBox
13 Apr '19

MPASI Home Made vs Instan, Mana yang Lebih Bagus? MPASI Home Made vs Instan, Mana yang Lebih Bagus?
25 Apr '19

Yakin Anak Moms Sedang GTM? Yakin Anak Moms Sedang GTM?
25 Apr '19

Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Kulit si Kecil Dengan Lucas Papaw Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Kulit si Kecil Dengan Lucas Papaw
25 Apr '19

Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Serum Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Serum
09 Apr '19

Cottonseed Oil, Apa Manfaatnya? Cottonseed Oil, Apa Manfaatnya?
25 Apr '19

Perkedel Daging ala Mom Kartika Perkedel Daging ala Mom Kartika
25 Apr '19

Asam Folat Dan Vitamin E Caraku Agar Cepat Hamil Asam Folat Dan Vitamin E Caraku Agar Cepat Hamil
25 Apr '19

Air Purifier Bisa Membasmi Penyebab Flu? Air Purifier Bisa Membasmi Penyebab Flu?
25 Apr '19

Cara Mengatur Anak Agar Tidur Malam Tepat Waktu Cara Mengatur Anak Agar Tidur Malam Tepat Waktu
25 Apr '19

Penyebab Benjolan di Kulit Ibu Hamil Penyebab Benjolan di Kulit Ibu Hamil
25 Apr '19

Masker Rambut Dari Cottonseed Oil Masker Rambut Dari Cottonseed Oil
25 Apr '19

Bahaya Madu untuk Bayi Berusia Di Bawah 1 Tahun Bahaya Madu untuk Bayi Berusia Di Bawah 1 Tahun
25 Apr '19

Khasiat Cottonseed Oil Sebagai Bahan Dasar Produk Naif Khasiat Cottonseed Oil Sebagai Bahan Dasar Produk Naif
25 Apr '19

Bagaimana Cara Mom Melissa Melakukan Sleep Training pada si Kecil? Bagaimana Cara Mom Melissa Melakukan Sleep Training pada si Kecil?
25 Apr '19

Bouncer Sugar Baby 10 in 1, Penolong Ibu Ketika Repot Bouncer Sugar Baby 10 in 1, Penolong Ibu Ketika Repot
25 Apr '19

Gunting Rambut Saat Hamil Kenapa Nggak? Gunting Rambut Saat Hamil Kenapa Nggak?
25 Apr '19

Jangan Lakukan Ini Agar Liburan Berakhir Menyenangkan Jangan Lakukan Ini Agar Liburan Berakhir Menyenangkan
25 Apr '19

Babyo Story with Mom Tania Putri: Cara Atasi Hyperemesis dan Siap ASI Babyo Story with Mom Tania Putri: Cara Atasi Hyperemesis dan Siap ASI
25 Apr '19

Review: Baby Huki Liquid Cleanser by Mom Intan Review: Baby Huki Liquid Cleanser by Mom Intan
25 Apr '19

Praktis Memasak Menu MPASI Praktis dengan Slowcooker Babysafe Praktis Memasak Menu MPASI Praktis dengan Slowcooker Babysafe
25 Apr '19

Pendarahan Saat Hamil Muda? Yuk Segera Cek Ke Dokter Kandungan Pendarahan Saat Hamil Muda? Yuk Segera Cek Ke Dokter Kandungan
25 Apr '19

READ MORE

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pengaruh Suhu Makanan terhadap Kesehatan

BRANDS  |  FEEDING  |  HEALTH TIPS  |  24 Oct '18

Setiap Mom tentu ingin memberikan makanan dengan nutrisi lengkap bagi anaknya. Oleh karena itu ketika memasuki MPASI dan selama masa pertumbuhan, banyak orangtua mulai mempelajari beragam resep dan cara memasak ragam menu MPASI. Namun tak cukup sampai di sana saja, makanan yang baru saja dimasak tetap harus dipantau karena kualitasnya bisa saja berubah bahkan menjadi beracun. Hal ini disebabkan oleh perubahan suhu makanan.

Nyatanya, cara memasak makanan sama pentingnya dengan kapan makanan tersebut akan dimakan. Masakan yang masih mentah atau kurang matang, dapat menyebabkan food poisoning/foodborne illness (keracunan makanan). Dampak yang serupa bisa juga terjadi jika makanan dibiarkan berada di suhu ruangan dalam jangka waktu lama.

The U. S. Department of Agriculture (USDA) menyebutkan bahwa meninggalkan makanan pada suhu ruang dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan bakteri berkembang biak dengan sangat cepat sehingga dapat menyebabkan penyakit. Bakteri terdapat di mana-mana, dan mereka dapat tumbuh dengan cepat bila memperoleh cukup nutrisi, kelembapan, waktu, dan suhu yang sesuai.

Untuk mencegah makanan menjadi rusak/basi, maka setelah dimasak Mom harus memastikan makanan tidak berada terlalu lama dalam “danger zone”. Bakteri dapat bertumbuh sangat cepat pada suhu 5°C - 60°C (41°F - 140°F), bahkan mereka mampu berlipat ganda setiap 20 menit, rentang suhu inilah yang disebut juga dengan istilah “danger zone”. Itulah mengapa makanan sebaiknya dimakan segera setelah dimasak. Aturan ini berlaku terutama pada makan yang mudah basi/perishable foods.

Namun, karena suhu “aman” untuk setiap makanan berbeda-beda, maka masing-masing harus disajikan secara khusus. Makanan panas harus dikonsumsi selagi panas dan makanan dingin harus dimakan saat masih dingin. Hal yang sama berlaku ketika Mom akan membawa bekal atau ingin menyiapkan MPASI ketika ingin traveling. Makanan seperti sayur dan buah segar, serta ragam olahan susu sebaiknya disimpan pada suhu dingin. Sedangkan, makanan seperti sup dan yang berkuah harus disimpan pada tempat tahan panas. Terdapat pula makanan yang tahan pada suhu ruang dengan cara penyimpanan yang lebih mudah, seperti roti, kacang dan buah kering (dried fruit).

“Keep the hot foods hot and the cold foods cold.”

Sederhananya, Mom hanya perlu mengingat aturan berikut ini ketika akan membawa makanan untuk si Kecil: “keep the hot foods hot and the cold foods cold.” Suhu yang tinggi akan membunuh bakteri pada makanan dan suhu yang rendah akan memperlambat pertumbuhan bakteri. Hal ini juga akan membuat cita rasa makanan tidak berubah dan tetap fresh. Julie Albrecht, spesialis food safety di The University's Institute of Agriculture and Natural Resources, merekomendasikan penggunaan insulated lunch box untuk menghindari terjadinya keracunan makanan. Menggunakan kotak makan dengan fitur air/vacuum insulated akan membuat makanan tidak mengalami perubahan suhu dan terhindar dari danger zone.

Apabila Mom membawa makanan dengan suhu yang berbeda sekaligus (panas dan dingin dalam satu kotak makan yang sama), maka akan terjadi perubahan suhu drastis pada makanan, sehingga membuat makanan menjadi lebih cepat rusak. Hal ini dikarenakan makanan tidak mampu menahan suhu normalnya sehingga akan lebih mudah mencapai danger zone. Apalagi jika makanan tersebut dicampur dan tidak dipisahkan pada tempat yang berinsulasi. Itulah mengapa lunch box perlu memiliki fitur air/vacuum insulated. 

“Mempersiapkan makanan agar tetap aman ketika dikonsumsi sama pentingnya dengan menyediakan bekal makan sehat untuk si Kecil.”

Albrecht juga menyarankan untuk mengemas makanan dalam tempat makan selagi masih panas. Mom juga dapat terlebih dahulu memanaskan (preheat) termos dengan mengisinya menggunakan air mendidih. Setelah didiamkan beberapa menit, air dapat dibuang dan wadah yang panas dapat diisi dengan makanan. Dengan begitu, suhu makanan bisa tetap konsisten dalam jangka waktu lama. Sedangkan hidangan yang bersuhu dingin seperti jus, susu, maupun yogurt dapat dibekukan terlebih dahulu sebelum dibawa pergi.

Mempersiapkan makanan agar tetap aman ketika dikonsumsi sama pentingnya dengan menyediakan bekal makan sehat untuk si Kecil. Anak-anak, khususnya yang berusia di bawah 5 tahun sangat berisiko terserang food poisoning/keracunan makanan, karena sistem imunnya yang masih lemah. Untuk itu Mom wajib memastikan makanan yang akan dimakan oleh si Kecil masih tetap segar.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

Reference 1 Reference 2 Reference 3 Reference 4 Reference 5 Reference 6 Reference 7

587 OmieBox Indonesia Send Message to Writer

Related Stories