Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pengaruh Perilaku Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak

OTHERS  |  PARENTING  |  24 Sep '18

Setiap anak memiliki kepribadian yang berbeda. Terbentuknya kepribadian anak itu sangat dipengaruhi oleh perilaku atau sikap kita sebagai orang tua loh Moms. Keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan kepribadian anak. Beberapa kebutuhan yang dimiliki seorang anak sejak lahir itu meliputi kebutuhan fisiologis seperti makan dan minum, kebutuhan rasa aman dan kebutuhan kasih sayang.

Memberikan pujian kepada anak  saat melakukan perbuatan baik juga sangat penting Moms. Karena dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak tersebut. Pola pengasuhan orang tua juga dapat mempengaruhi kepribadian anak di masa yang akan datang. Saya pernah baca, menurut Diana Mutiah (2010).

3 jenis sikap orang tua yang berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak

  1. Sikap Otoriter
    Cenderung akan memaksakan kehendaknya sehingga anak tidak diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya. Akibatnya rasa sosial, kreativitas dan keberanian anak kurang berkembang dengan baik.

  2. Sikap Liberal
    Memiliki pandangan bahwa anak dianggap sebagai orang dewasa yang dapat mengambil keputusan atau tindakan tanpa bimbingan. Adapun akibatnya anak kurang memiliki rasa tanggung jawab dan cenderung bersikap sesuka hatinya.

  3. Sikap Demokratis
    Memperhatikan anak sesuai dengan tahapan perkembangan usianya dan mempertimbangkan setiap keinginan anaknya. Anak akan menunjukkan sikap atau perilaku tanggung jawab yang besar dan dapat menerima kritik secara terbuka.

Jadi, sikap orang tua, tindakan dan perilaku tertentu memiliki pengaruh besar sekali pada anak-anak Moms. Anak akan meniru orang tua mereka dan oleh karena itu orang tua perlu berperilaku baik di depan anak-anak. Nah, kalo Moms tipe orang tua seperti apa?

Semoga bermanfaat.

By: Dyta Andhini

1240 Dyta Andhini Send Message to Writer

Related Stories