Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pengaruh Gadget terhadap Kemampuan Bicara Anak

GROWTH & DEVELOPMENT  |  MY STORY  |  23 Apr '19

Penggunaan gadget terlalu dini berdampak buruk terhadap kemampuan bicara anak? Zaman milenial seperti sekarang ini membuat banyak sekali orangtua memberikan anaknya gadget. Sesungguhnya banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan si anak bermain gadget, seperti contohnya si anak dapat melihat berbagai video edukasi tentang hewan atau tumbuhan.

Namun, penggunaan gadget terlalu dini sangat berdampak terhadap kemampuan bicara anak loh Moms. Seorang spesialis anak dan remaja dr. Gitayanti, Sp.KJ(K) dalam diskusi di salah satu rumah sakit, diungkapkan bahwa penggunaan gadget terhadap anak di bawah 5 tahun akan mengurangi rangsangan pada interaksi sosial si anak. Karena gadget tidak perlu respon anak sehingga akan menyulitkannya berinteraksi dan hal ini berdampak pada proses bicaranya.

Sebetulnya saya sebagai orangtua tidak melarang si anak bermain gadget, namun perlu diingat penggunaan gadget terhadap si anak ini harus selalu didampingi oleh orangtua.

Kali ini saya mau sharing pengalaman tentang kerabat saya di mana anaknya selalu diberikan gadget setiap saat, seperti mau makan dikasi gadget biar diam, nangis dikasi gadget juga, jadi hal ini membuat si anak kecanduan gadget di usia 13 bulan. Kenapa saya bisa bilang kecanduan? Karena setiap saya ke sana, anaknya setiap mau makan dan diminta duduk di baby chair-nya pasti nangis menunjuk satu arah (tempat pengasuhnya simpan gadget). Saya sangat kaget saat itu karena kok bisa anak sekecil itu nangis-nangis minta gadget.

Berjalannya waktu si anak sudah masuk usia 19 bulan belum bisa bicara apapun. Saat kontrol ke DSA, ditanya sudah bisa bicara berapa suku kata? Orangtuanya cuma bilang belum bisa apapun. Dokter langsung tau dan bertanya: "Anaknya suka dikasi YouTube yah?" Langsung diminta si anak ga boleh sering-sering lihat gadget. Selain itu juga ternyata selama si anak nonton gadget, si pendamping tidak pernah melakukan interaksi apapun terhadap si anak yang membuat si anak sekarang sulit untuk diajak berinteraksi.

So Moms, perlu kita ingat penggunaan gadget itu sebenarnya tidak dilarang, namun jangan sampai tidak melakukan interaksi sedikit pun terhadap si anak. Bisa kita bernyanyi sambil menari bersama si anak jadi membuat si anak juga ada interaksi selain hanya melihat gadget-nya.

Semoga bermanfaat.

By: Lyssa Wijaya

Copyright by Babyologist

82 Lyssa Wijaya

Comments

Related Stories