Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pengalamanku Menyapih Anak Pisah Tempat Tidur

MY STORY  |  TODDLER  |  23 Jul '19


Hayo Moms, siapa yang sampai hari ini masuk tim untel-untelan berempat atau bahkan lebih dalam satu tempat tidur? Kalau masih ada, berarti persis dengan kondisi tempat tidur saya Moms. Saya ibu dua anak, yang pertama sudah masuk umur 4 tahun dan satunya lagi masuk 6 bulan. Sampai saat ini kalo tidur masih berempat. Kalau ditanya gimana rasanya, kayaknya hampir sama dengan yang dirasakan oleh para Moms yang mengalami hal demikian. Kaki si anak bisa saja ada di wajah kita. Atau malahan bokong si anak yang jadi tatapan kita sepanjang malam. Bisanya hanya balik 1 posisi saja, kanan atau kiri saja, itu pun irit karena bagian anak jauh lebih besar dari orang tuanya. Dan banyak lagi posisi yang terkadang kalo dibayangin bikin kita mesem-mesem sendiri karena lucu.

Menyapih anak pertama saya untuk pisah ranjang

Sebenarnya saya tidak tegaan kalau harus pisah tidur dengan anak pertama saya, tapi desakan dari neneknya, keluarga yang selalu bilang "sudah saatnya Ghaitsa pisah tidur" "Dia sudah besar" "Harus dibiasakan memang dari sekarang" "Nanti adiknya ketindis kalo masih tidur bersama" dan banyak pertanyaan lain. Bagi saya anak pertamaku itu masih kecil, tidak apa-apa kalau harus bersempit-sempitan tidur, yang penting bersama. Tapi karena desakan itu, akhirnya saya mengalah menyapih anak untuk pisah ranjang.

Day 1
Anak saya keseringan selalu tidur asal saja. Terkadang di kursi, di depan TV atau di mana saja asal dia sudah mengantuk. Waktu dia tidur, saya angkatnya ke kamar tantenya. Berhasil Moms, dia tertidur sampai pagi dengan tantenya. Tapi saat bangun tidur dianya heran dan langsung mencari saya dengan mencecar banyak pertanyaan. Waktu itu saya bohong kalau saya tidak tahu dia tidurnya di mana, saya cari-cari tapi dianya tidak ada. Alhasil Moms, anak saya sakit hati. Katanya "mama tidak cari saya" "mama bohong". Aduh, sedih aku tuh. Maafkan mama nak. So day 1 gagal.

Day 2
Saya lakukan hal yang sama Moms, dan anaknya bangun jam 2 tengah malam lalu minta dipindahkan ke kamarku. So, day 2 gagal lagi.

Day 3
Persis sama dengan day 2 Moms. Dia selalu terbangun pada saat tengah malam dan akan meminta pindah ke kamarku lagi. So, day 3 gagal.

Setelah mencoba beberapa hari dan gagal, saya tidak berani untuk mencobanya lagi Moms. Saya tidak mau anak saya berpikir aneh-aneh tentang orang tuanya. Saya tidak mau dia sakit hati karena merasa dikucilkan lagi dari tempat tidurnya yang seharusnya bersama saya, abi dan adiknya. Menjaga perasaan anak jauh lebih penting dari apa pun.

Saya berpikir, jika saatnya tiba anak pasti akan meminta sendiri untuk tidur tanpa orang tua. Biarkan dia menikmati masa kecilnya dengan tidur bersama orang tuanya. Suatu saat kita sebagai orang tua juga akan merindukan momen untel-untelan di kamar. Apa pun itu, kalo dinikmati akan jadi hal yang menyenangkan.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

317 Nurulynayah Soenaryo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

EXCLUSIVE Offer for Babyo Moms from Babyo X Nestle LACTOGROW!

Exclusive offer untuk para Babyo Moms! Moms bisa mencoba susu pertumbuhan Nestle LACTOGROW 3 yg cocok untuk si Kecil usia 1-3 th dan dukung [...]

4 Tips Agar Si Kecil Tidak Bosan Saat Harus Berada di Rumah

Belum lama ini, dunia digemparkan dengan berita mengenai virus COVID-19 dari negara Cina. Virus ini ternyata sudah menginfeksi beberapa penduduk [...]

Akhirnya Anakku Mau Cukur Rambut Tanpa Rewel

Siapa Moms and Dads disini yang mengalami si Kecil rewel setiap kali mau cukur rambut? Yuk baca cerita Mom Tara berikut ini.

Manfaat Bermain Boneka Bagi Si Kecil

Lebih dari sekedar bersenang-senang, ternyata bermain boneka juga memiliki dampak yang positif loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Keseruan si Kecil Belajar Mengenal Binatang di Orchid Forest Cikole, Bandung

Hai, Moms, simak cerita Mom Risya Nur Amalia yang berbagi pengalaman mengunjungi Rabbit Forest, Orchid Forest Cikole Bandung bersama si Kecil.

Sedang di Malang? Jangan Lupa Mampir ke Batu Secret Zoo, Moms!

Selain bakso yang jadi khasnya Malang, wisatanya tidak kalah menarik. Banyak wisata yang cocok untuk si Kecil.

DIY Toys Penguin Dance dari Gelas Bekas

Halo Moms, kali ini aku bikin mainan "Penguin Dance". Bahannya mudah sekali didapat ya Moms.

Percaya Pada Anak

Hari ini Rafa mengikuti kelas Racetots di Rumah Dandelion. Sebenarnya kelasnya menarik, tapi sudah 2x Rafa...

Orang Tua yang Paling Bahagia: Memiliki Anak 4 atau Lebih, Benarkah?

Tuhan itu sungguh unik, entah dilihat aku dari sisi apa, aku dianugerahkan 2 cowo ganteng dan 2 cewe cantik.

Mainan Untuk Anak Yang Telat Berjalan

Hai moms, apakah si kecil belum bisa merangkak? Atau mungkin si kecil terlambat berjalan? Yuk, coba beberapa mainan ini.

Potty Training by Mom Nina Septiani

Kapan Mom Nina melakukan potty training pada si Kecil? Dan apa saja tipsnya?

Tips Mengajak si Kecil Foto Studio

Moms ingin melakukan foto studio bersama si Kecil? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Moms terapkan

Pengalaman Pertama Mengajak Anak Ke Bioskop

Moms ingin mengajak si Kecil menonton di bioskop? Yuk simak tips berikut ini agar rencana Moms berjalan lancar

Tips Rumah Aman untuk si Kecil

Sebagai orang tua tentunya keamanan sang buah hati adalah hal yang penting. Yuk, simak beberapa tips ala mom Yuni.

Tips Membuat Rutinitas Sikat Gigi Jadi Hal Menyenangkan untuk Anak

Hidup bersih harus diajarkan kepada anak sedini mungkin agar terbiasa setelah dewasa nanti.

Ide Bermain Anak - 3 Layers of Puzzle

Moms daripada beli puzzle mending kita bikin sendiri yuk. Berikut ini tips membuatnya

Yuk ikut Berimajinasi Bareng Si Kecil

 Memiliki anak yang memasuki usia toddler kadang ada saja tingkahnya, jangan lupa tetap membebaskan ia berimajinasi!

Tips Sukses Mengajarkan Meghan Bersepeda Roda 3

Bagaimana cara tepat mengajarkan bersepeda pada anak? Yuk simak tipsnya berikut ini

Tips Travelling dengan si Kecil

Apa saja yang perlu dipersiapkan saat hendak travelling dengan si Kecil?

Penanganan Batuk Pilek ala Mommy Nano

Kalo anak bapil trus rewel tuh rasanya lelah banget ya moms. Nah berikut ini ada tips menyembuhkan bapil anak tanpa obat