Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pengalamanku Menangani Virus Roseola pada Anak

HEALTH TIPS  |  06 Apr '19


Beberapa minggu yang lalu Zo terserang Virus Roseola. Karena sudah mengalami sendiri, aku mau sharing pengalaman ini ke Moms. Mudah-mudahan bisa membantu Moms yang lain ya.

What is Roseola?

Ini adalah kategori penyakit ringan karena virus dan paling sering menyerang anak usia 6 bulan – 2 tahun ya Moms. Kalau sudah kena, memang umumnya it takes 1-2 weeks untuk recover.

Gejalanya: demam tinggi 3-5 hari, ruam beberapa hari setelah demam, diare ringan, kelopak mata bengkak dan tidak nafsu makan.

Untuk case Zo, kebetulan kita lagi liburan keluar kota.

  • Day 1 (Senin): Bangun pagi badan mulai hangat sekitar 37 derajat. Semakin malam semakin tinggi jadi diberikan Panadol anak, turun sedikit panasnya dan dia jadi lebih enak bisa tidur. Mencret 3x.

  • Day 2 (Selasa): Bangun badannya panas banget dan ternyata suhunya sudah 40. Zo lemes total dan langsung dibawa ke DSA A dan katanya Zo radang parah. Diberikan 4 obat (bubuk) dan Zo memuntahkan semua obatnya. Agak sore masih tetap panas jadi dibawa ke dokter B, katanya panas dalam dan radang sedikit. Diberikan 1 obat bubuk dan 1 syrup. Malamnya demam turun jadi 37an. Mencret 2x.

  • Day 3 (Rabu): Bangun pagi masih 38an. Kembali ke Jakarta dan malamnya sudah membaik. Suhu badan 37an. Mencret 2x.

  • Day 4 (Kamis): suhu badan normal 36-37an. Punggung merah-merah.

  • Day 5 (Jumat): suhu 37an. Punggung makin merah, bagian perut dan muka ada ruam merah. Karena takut dia campak, langsung bawa ke DSA dan baru ketahuan kalau Zo kena Virus Roseola. Disarankan untuk istirahat di rumah.

  • Day 6 (Sabtu): suhu 36an. Tapi merahnya makin parah. Karena masih khawatir banget, mau ke DSA lagi tapi DSAnya kebetulan cuti, jadilah ke dokter C. Dikasih obat alergi untuk ruamnya dan disarankan untuk pakai Caladine lotion. Malam makan sekali obatnya, besoknya sudah membaik.

  • Day 7 (Minggu): merah-merah hampir totally hilang, sisa sedikit saja dan mulai nafsu makan. 

Penyebabnya?

Penyebaran virus sudah pasti dari napas / air liur ya Moms. Orang dewasa juga bisa kena biarpun biasanya cenderung ringan. Tapi bisa menularkan ke anak-anak juga.

That’s why adults harus ngeh sendiri. Misalnya sebelum gendong bayi atau dekat sama anak-anak, pastikan tangannya bersih atau pakaian tidak terpapar asap rokok / yang kotor-kotor. Kalau lagi tidak enak badan, agak menahan diri jangan dekat-dekat dulu. Kalau punya anak dan anak masih sakit, jangan dibawa keluar dulu.

Selama sakit, Zo makannya misua dan bubur, no seafood dan telur ya Moms karena takut ruamnya makin parah. Sayur juga sedikit dulu paling cuma wortel, labu siam, tomat dan bubuk kale. Buah juga hanya pir dan jeruk saja. Minum ASI dan air putih yang banyak. Tidak akan habis sekali makan, jadi cicil-cicil makannya, sudah tidak pakai jam makan. Bangun tidur, minum makan dikit, kalau sudah tidak mau, stop, tidur lagi, ulangi lagi. 

Untuk badannya, aku pakaikan Caladine lotion 2x saja dan sisanya aku pakaikan Buds Organic campur Super Soothing dan Save Our Skin dari muka sampai kaki. Obat dari dokter cuma aku berikan 1x dan karena sudah mulai hilang merah-merahnya langsung kita stop.

Basically, Moms harus sabar karena anak pasti akan lebih rewel dari biasanya. Tidak perlu khawatir ya. Tetapi bila demam semakin tinggi dan berkelanjutan, segera diperiksakan ke DSA ya Moms.

 

Semoga bermanfaat.

By: Meylis Yapin

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

400 Meylis Yapin

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

7 Bahan Skincare yang Lebih Baik Dihindari

Tahukah Moms bahwa ada bahan-bahan yang terkandung dalam skincare yang sebaiknya dihindari? Yuk check listnya berikut ini.

Tips Membersihkan Brokoli Ala Mom Mala Sari

Pernahkah Moms melihat ulat di brokoli? Ternyata ada trik khusus untuk membersihkannya. Simak di sini!

Gejala dan Alasan Mengapa HFMD dapat Mewabah

HFMD atau Flu Singapura adalah salah satu penyakit yang gampang menular. Yuk, simak alasannya dan apa saja gejalanya?

Homemade Almond Milk untuk ASI Booster

Tahukah Moms, susu almond ternyata bisa menjadi ASI booster? Yuk, simak resep Homemade Almond Milk dari Mom Elisa!