Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pengalamanku Memberikan Sufor Berbasis Kedelai Untuk si Kecil

MY STORY  |  11 May '20


Setelah melahirkan, proses selanjutnya yang harus Moms lakukan adalah memenuhi asupan nutrisi si kecil yaitu dengan menyusui. ASI adalah nutrisi yang terbaik untuk si Kecil. Namun, kerap ada beberapa kendala yang mengharuskan Moms untuk memberikan susu formula sebagai alternatif. 


Dalam memilih susu formula, pastikan Moms memilih yang sesuai dengan kebutuhan si Kecil. 

  • Pastikan di kemasan susu terdapat tulisan bahwa susu tersebut cocok dikonsumsi bayi baru lahir
  • Perhatikan jenis protein yang digunakan. Protein susu sapi terbagi menjadi dua yaitu whey dan casein. Untuk bayi baru lahir, jenis whey lebih direkomendasikan karena lebih mudah dicerna. Moms juga bisa menggunakan produk yang menggabungkan kedua jenis protein tersebut tapi pastikan komposisi whey lebih tinggi daripada casein, 60:40.

Di pasaran juga tersedia susu formula yang terbuat dari kacang kedelai. Susu ini diproduksi untuk si Kecil yang mengalami alergi susu sapi. Tapi Moms perlu berhati-hati ya karena susu formula yang terbuat dari kedelai juga bisa mengakibatkan reaksi alergi. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan DSA. 

Hal ini dialami sendiri oleh saya, Moms. Setelah melahirkan saya dan bayi tidak berada dalam satu ruangan yang mengakibatkan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) kurang maksimal. Akhirnya setelah pulang ke rumah bayi saya terus-terusan menangis sedangkan ASI saya masih belum keluar. Lalu saya memutuskan untuk memberikan susu formula untuk bayi saya sementara waktu.

Karena ini merupakan pengalaman pertama dan kurang pengetahuan sebelumnya, saya hanya asal menyuruh suami untuk membelikan susu formula. Suami saya pun malah membeli susu formula yang berbasis kedelai. Tanpa pikir panjang saya memberikan susu itu kepada bayi saya, yang penting si kecil berhenti menangis supaya saya tidak stres.

Selang beberapa hari bayi saya menunjukkan gejala seperti mengi (suara bernada tinggi saat bernafas) dan seperti berdahak. Awalnya saya kira karena ada kotoran di hidungnya yang mengganggu pernafasan. Sampai akhirnya saya membawa bayi saya ke dokter untuk konsultasi karena menginya tidak kunjung hilang. Setelah dilakukan pemeriksaan dan pengajuan pertanyaan dari dokter ternyata bayi saya alergi susu sapi.

Ya, alergi susu sapi meskipun yang dikonsumsi bayi saya adalah susu formula berbasis kedelai. Dokter pun menyarankan berbagai upaya yang dilakukan untuk pengobatan alergi si kecil, diantaranya pemberian obat alergi yaitu ryvel dan mucopect untuk mengencarkan dahak, memberikan ASI semampu saya atau mengganti ASI dengan memberikan susu formula khusus alergi yaitu susu formula yang mengandung protein susu sapi hidrolisa (melalui pemrosesan khusus). 

Karena susu formula jenis ini rasanya tidak begitu enak dan relatif mahal, akhirnya saya berusaha keras supaya ASI saya keluar. Selama menyusui saya juga tidak mengkonsumsi minuman dan makanan yang berasal dari susu sapi dan olahannya, seperti keju dan yoghurt. Sebab selama masih menyusui, apa pun yang Moms konsumsi akan memengaruhi kandungan ASI Moms. Hal itu saya lakukan selama 6 bulan.

Setelah 6 bulan saya mencoba mengkonsumsi kembali olahan susu sapi untuk mengetahui apakah bayi saya masih alergi atau tidak. Dan ternyata bayi saya sembuh dari alerginya dan tidak menunjukkan lagi gejala alergi seperti sebelumnya .

Ini menjadi pelajaran bagi saya, supaya lebih berhati hati dalam memilih produk untuk si kecil apalagi untuk bayi yang baru lahir. Sebaik-baiknya susu formula, memang tidak akan bisa menandingi manfaat ASI.

Namun jika tidak memungkinkan memberi ASI secara eksklusif, jangan sampai keadaan ini membuat Moms menjadi tertekan. Tetap jaga kesehatan Moms demi Si Kecil. Susu formula juga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Pilih susu formula yang sesuai dengan bayi Moms dan pastikan produk yang Moms pilih terdaftar di BPOM RI.

Jika Moms masih bingung memilih susu formula yang cocok dengan bayi, jangan ragu untuk mengonsultasikannya kepada dokter.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

217 Krisna Destiana

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cegah Si Kecil Iritasi, Gunakan Deterjen yang Aman untuk Kulit

Alergi merupakan kondisi kesehatan yang sangat umum terutama pada bayi dan anak-anak. Kondisi ini terjadi ketika

Pentingnya Memastikan si Kecil Bertumbuh dan Berkembang Sesuai Milestone

Membahas tentang si Kecil tentu tidak ada habisnya, entah itu mengenai lucunya si Kecil, mempersiapkan nutrisi hingga memberikan stimulasi [...]

Rekomendasi Stretch Mark Lotion versi Babyo

Ini dia rekomendasi stretch mark lotion dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk stretch mark lotion yang Moms gunakan untuk [...]

Rekomendasi Kantong ASI versi Babyo

Itu dia rekomendasi kantong ASI dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk kantong ASI yang Moms gunakan untuk menampung ASIP?

Rekomendasi Susu Ibu Menyusui versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 susu ibu menyusui yang menjadi pilihan versi Babyo. Bagaimana menurut versi Moms?

Rekomendasi Baby Hair Lotion versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 hair lotion yang menjadi pilihan versi Babyo untuk si Kecil. Bagaimana menurut versi Moms?

Pendidikan Anak Usia Dini, Apa yang Harus Dicermati oleh Orangtua?

Sebelum masuk Sekolah Dasar (SD), seorang anak dapat mengikuti jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (

Kenali Penyebab Si Kecil Stres Di Masa Pandemi dan Solusinya

Seperti layaknya orang dewasa, stres yang dialami si Kecil pun berasal dari berbagai faktor. Tak jarang penyebabnya adalah hal-hal terdekat, [...]

Penuhi Nutrisi Si Kecil Agar Grow Happy With Nestle Lactogrow, Moms!

Nah, agar menghindari supaya si Kecil tidak stres terlebih selama di rumah saja karena kondisi pandemi, saya mau berbagi tips nih, Moms.

Orangtua Penyebab Stress Anak? Yuk, Lakukan Hal Ini Dukung Anak Grow Happy

Stres bukan hanya bisa terjadi pada orang dewasa. Sejak usia dini, anak juga bisa mengalami stres. Bahkan salah satu penyebab anak menjadi stres [...]

Membersamai Anak jadi Salah Satu Kunci Agar Si Kecil Tumbuh Bahagia

Selain membersamai si Kecil, pemenuhan nutrisi untuk si Kecil juga diperlukan ya, Moms.

Bagaimana Cara Agar Anak Tidak Mudah Stres? Simak Tips Berikut ini, Moms!

Hal apa saja sih, yang bisa kita lakukan agar si Kecil tidak mudah stres dan dapat tumbuh bahagia di kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini? [...]

Caraku Mengatasi Stres pada Anak di Tengah Kondisi Pandemi

Nah, berikut ini ada tips mendukung anak agar tumbuh bahagia.

4 Cara Cegah Stres Si Kecil Kala #diRumahSaja

Hai, Moms, Selamat Tahun Baru! Di tahun baru ini, aku ingin sedikit membagikan tips mengatasi stres pada anak.

3 Tips Agar Si Kecil Tidak Mudah Stres dan Tumbuh Bahagia

Nah, berikut ini ada beberapa langkah atau tips untuk membuat si Kecil bahagia dan juga agar si Kecil tidak mudah stres ya, Moms.

5 Ide Kegiatan Coping Stress untuk Si Kecil

Pandemi banyak membawa perubahan untuk kita ya, Moms. Produktivitas dan kreativitas tentu terus berkembang. Itu menjadi nilai positif yang patut [...]

Ini Cara Ampuh Menangani Stres Si Kecil di Kala Pandemi

Pernahkah Moms melihat si Kecil marah-marah gak jelas dan mudah tersinggung saat Moms berkomunikasi dengannya? Bisa jadi, si Kecil sedang [...]

Kenali Stres dan Cara Mengatasinya pada Balita

Tahukah parents bahwa stress si Kecil dapat berpengaruh terhadap kesehatannya?

Grow Happy, Stres Terkendali

Stres terdengar cukup menyeramkan ya, Moms. Padahal sebenarnya stres merupakan proses penyesuaian diri terhadap lingkungan. Hal ini sebenarnya [...]

Tips Mengatasi Stres Pada Anak

Beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk menciptakan rasa bahagia si Kecil apabila mulai terlihat tanda-tanda kejenuhan padanya adalah: