Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pengalamanku Dengan Bayi Newborn

MY STORY  |  OTHERS  |  15 May '18


Menjelang kelahiran, saya mulai dirundung banyak pikiran bertubi-tubi, seperti “Nanti kalau Calvin sudah lahir, gimana ya cara mandiinnya? Cara gendongnya? Cara menyusuinya? Dan sebagainya…” karena wajar saja sih, soalnya kan saya belum pernah punya bayi sebelumnya

Akhirnya saat 3 bulan pertama Calvin lahir, saya benar-benar mengurus Calvin sendiri nyaris tanpa dibantu siapapun walaupun sebenarnya di rumah ada mama, tapi karena mama saya sudah terlampau lama banget tidak memegang bayi, jadi ya wajar sudah lupa-lupa dan kaku, ditambah pola asuh mama dan saya juga berbeda. Saya malahan banyak belajar mengenai cara mengasuh bayi newborn dari suster-suster di RS tempat saya lahiran. Apa aja yang ditanyakan? Wah, sangat banyak hal-hal yang saya sempat tanyakan, mungkin suster dan dokternya sampai malas mendengarkan saya. Selain itu ada beberapa referensi yang saya cari tahu sendiri lewat artikel dan internet. Tapi sekali lagi, itu semua kan baru sebatas teori. Prakteknya bagaimana?

Karena dulu saya pernah mengalami banyak kebingungan walaupun sudah bertanya sana-sini, sekarang saya coba share ya pengalaman saya merawat bayi newborn, siapa tahu bisa bermanfaat bagi para Moms sekalian:

Menjemur bayi

Agar kulit bayi tidak kuning, disarankan untuk menjemur bayi pada pagi hari sebelum jam 9 pagi, supaya tidak terlalu terik. Usahakan kulit bayi terekspos langsung sinar matahari selama kurang lebih 15 menit. Bila berjemur di dalam ruangan dan tidak terkena sinar matahari langsung, durasinya disarankan lebih lama, sekitar 30 menit dengan posisi jemur yang diganti-ganti, hadap belakang-depan. Tapi jangan sampai mata bayi langsung berhadapan dengan arah matahari, bisa ditutupi pakai penutup mata atau digendong berlawanan dengan arah matahari.

Menggendong Bayi

Satu tangan harus bisa menahan kepala dan leher bayi, sedangkan 1 tangan lagi menahan pinggang dan pantat bayi, atau bisa juga gunakan 1 tangan dan lengan menahan seluruh badan bayi, dengan kepala bayi diletakkan di lengan kita, dan 1 tangan menjaga dari sisi bawah. Sebenarnya untuk gaya menggendong bayi bisa berbeda-beda setiap orang, tergantung kenyamanan masing-masing, yang penting kepala dan badan bayi tetap terjaga baik.

Memandikan Bayi

Biasanya sebelum dimandikan, saya menggunakan washlap untuk mengelap Calvin. Saya baringkan Calvin di baby tafel, kemudian saya lap kepala, muka, leher, badan, tangan, kaki dengan washlap yang sudah dicelup air hangat dan sedikit shampo untuk rambut dan sabun untuk badan. Setelah semuanya selesai, baru saya bilas, lalu saya gendong Calvin dengan 1 tangan dan tangan satu lagi mengambil air untuk mengguyur pelan-pelan. Sewaktu tali pusat belum puput, saya mandikan bayi 1 hari sekali dengan air hangat. Setelah puput, baru frekuensinya 2 kali sehari, di atas jam 8 pagi dan di bawah jam 4 sore.

Tali Pusat

Ini menurut saya lumayan menegangkan, karena benar-benar jadi pengalaman pertama memandikan bayi dengan tali pusat yang masih menempel. Untuk perawatan tali pusat sendiri, saya menggunakan alkafil, kain kasa dan Betadine, jadi sekitar tali pusat dibersihkan dahulu dengan alkafil, lalu pelan-pelan dibungkus dengan kain kasa steril, sedangkan kalau berdarah (atau bernanah), baru saya teteskan Betadine. Tiap kali kain kasa terlihat basah, segera ganti dengan yang baru ya moms, supaya tetap higienis.

Mata Bayi

Terkadang bayi newborn memiliki kotoran (semacam belekan) di matanya, untuk itu, bersihkan ujung matanya dengan kapas yang dibasahi air hangat.

Rambut

Cuci rambut bayi dengan shampo khusus bayi dua kali seminggu. Cukup tuang 1-2 tetes, lalu campur air hangat sedikit, dan gosok-gosok lembut ke kepala bayi, usahakan jangan sampai terkena mata, kemudian bilas sampai bersih.

Hidung & Telinga

Hidung bayi newborn tidak perlu dibersihkan sampai ke dalam-dalam, cukup bersihkan kotoran hidung yang terlihat saja dengan cara diseka pakai cotton bud atau tisu. Untuk daun telinga bisa dibersihkan saat memandikan bayi dengan cotton bud atau kapas yang dibasahi air hangat, bersihkan secara pelan-pelan.

Mulut

Dulu saat Calvin berusia 2 minggu, saya baru rutin membersihkan mulutnya tiap hari dengan produk Mam Oral Care Rabbit yang sudah saya rebus supaya steril, kemudian dikenakan seperti sarung tangan dan dimasukkan ke mulut Calvin. Sebelum usia 2 minggu, saya membersihkan mulut Calvin cukup seminggu sekali.

Kuku

Apakah Mom tahu bahwa kuku bayi newborn itu relatif cepat tumbunya? Makanya seminggu sekali saya potong kuku Calvin dengan gunting kuku khusus bayi. Memang pas awal-awal agak menyeramkan, takut kena kulitnya, walaupun sebenarnya gunting kukunya juga sudah didesain aman digunakan untuk bayi. Kalau memang masih takut pakai gunting kuku, bisa dicoba menggunakan kikir elektrik khusus bayi, moms.

Pantat Bayi

Saya sudah memakaikan popok dari awal Calvin lahir. Sebenarnya antara popok kain atau popok sekali pakai, sama-sama ada plus minusnya masing-masing. Kalau popok kain maka Anda harus punya waktu ekstra dan tenaga untuk rajin mencuci ulang. Padahal dalam sehari bayi newborn bisa 4-5 kali buang air besar. Karena itu saya mantap memilih popok sekali pakai. Setiap minimal 4 jam harus kita periksa popoknya, apakah sudah penuh? Bila basah, segera ganti supaya bayi merasa nyaman dan tidak rewel. Bila ada ruam merah-merah, segera oleskan diaper cream di area yang terkena ruam.

Menyusui Bayi

Susui bayi newborn dengan patokan setiap 2 jam sekali, atau jika bayi minta. Bisa tahu dari mana kalau bayi minta menyusu? Biasanya bila lapar, bayi akan refleks menangis, coba saja dikasih susu. Kalau si bayi lagi tidur lelap lewat dari 2 jam, maka bagaimana? Menurut dokter, ada baiknya kita bangunkan untuk tetap disusui supaya tidak merusak jam menyusu bayi. Karena bayi yang terbangun akibat terlalu lapar bisa semakin menolak untuk menyusu. 

Catatan Lain-Lain:

Untuk perlengkapan yang saya gunakan saat merawat Calvin, boleh dibilang cukup minimalis dan tidak heboh-heboh amat. Jadi cuma sabun, shampo, diaper cream, dan baby oil untuk keperluan pijat.

Semoga bermanfaat.

By: Felicia Denisa.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1511 Felicia Denisa

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Dukung si Kecil Tumbuh Hebat Dimulai dari Orangtua yang Juga Hebat

Mendidik dan membesarkan anak merupakan kerja tim dari Moms & Dads. Memang, tugas ini

Si Kecil Sering Resah dan Rewel? Bisa Jadi Ruam Moms!

Anak-anak butuh tidur cukup untuk memulihkan tenaga dan membantu tumbuh kembang agar optimal

Melatih Kemampuan Bersosialisasi si Kecil Meskipun di Rumah Saja

Sama seperti orang dewasa, anak-anak secara alamiah ingin berkomunikasi, berinteraksi, dan

Kontrak Pra-Nikah, Sudah Tau Moms?

Kontrak pra-nikah atau yang juga biasa disebut sebagai prenup, sebetulnya apa ya? Mari simak bersama berikut ini.

Masa Pandemi Jadi Sering Ribut Dengan Pasangan? Ini Penyebabnya

Kenapa ya selama masa karantina mandiri ini jadi sering ribut dengan suami? Coba simak yang satu ini.

Ratus Pasca Persalinan, Yes or No?

Moms pernah mendengar istilah ratus? Yuk simak cerita berikut ini.

Pandemic Membuatku Jadi Makin Mesra

Simak tips semakin mesra selama pandemi berikut ini yuk Moms and Dads!

Cerita Lebaran Tahun Kedua Fiersa

Meskipun Lebaran tahun ini berbeda, tapi tetap merupakan momen yang perlu dirayakan. Yuk simak cerita berikut ini.

Ini Cara Kami Mewujudkan Pernikahan Sehat Di Masa Pandemi

Yuk simak cara Mom Risny menjaga keharmonisan rumah tangga di saat pandemi ini.

Lakukan 4 Hal Ini Untuk Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Selama Pandemi

Moms and Dads, selama pandemi ini jaga keharmonisan rumah tangga yuk. Simak bersama yang berikut ini.

Inspirasi Nursery Room

Para bumil sedang mencari inspirasi untuk mendekor kamar si Kecil? Bisa lihat yang satu ini ya.

Menjaga Kesehatan Pernikahan Selama Di Rumah Aja

Selama di rumah aja, apa yang Moms and Dads lakukan untuk menjaga kesehatan rumah tangga? Baca cerita berikut ini ya.

Komunikasi Suami Istri Saat WFH

Apabila suami istri sedang tegang, apa yang sebaiknya dilakukan? Simak cerita berikut ini ya.

Daddies Cook on Vals Day with Nutribaby+

Babymoov menyelenggarakan acara Daddies cook on Valentines Day!

Tips Sederhana untuk Mengurangi Sampah Rumah Tangga

Mengurangi sampah bisa dilakukan dari hal-hal kecil yang sederhana ya Moms, apa sajakah itu?

Yang Perlu Dipersiapkan saat Jadi Mama Muda di Perantauan

Apa saja yang harus dipersiapkan saat memutuskan untuk tinggal sendiri alias jauh dari keluarga?

Membereskan Baju dengan Menggunakan Konmari Method

Gerah banget ga sih Moms, tiap buka lemari liat baju anak awut2an. Perlu ngumpulin niat yang banyak buat rapihin semua.

Habis Melahirkan, Tetapkan Aturan Berikut

Jangan sungkan untuk menerapkan aturan aturan ya, untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan

Tips Menghempaskan Mom Shaming!

Yuk ikuti tips berikut ini untuk mengatasi mom shaming

Bahaya Baby Blues

Ternyata 80% Ibu yang baru melahirkan mengalami dan merasakan yang namanya Baby Blues