Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pengalaman Menyapih dengan Bantuan Hypnoparenting

FEEDING  |  MY STORY  |  PARENTING  |  25 Sep '19


Sebelum sharing pengalaman menyapih saya akan membahas tentang apa itu hypnoparenting. Hypnoparenting atau lebih dikenal dengan sounding adalah metode penanaman sugesti ke alam bawah sadar anak. Diucapkan secara berulang dan terus menerus. Akan lebih efektif dengan bantuan sentuhan langsung (contoh: mengelus, menepuk) dan dilakukan setiap hari di waktu yang sama.

Bulan juni lalu Deana genap berumur 2 tahun. Itu artinya saya harus mulai menyapih Deana. Sepertinya saya harus menyiapkan tenaga ekstra untuk bagian ini, karena akan sulit menyapih Deana yang notabene anak DBF dengan frekuensi menyusui yang lumayan sering.

Hal pertama yang saya lakukan adalah mengurangi frekuensi menyusui. Target saya adalah Deana tidak menyusu kecuali saat malam. Hasilnya berhasil dalam beberapa hari. Yang saya lakukan adalah mengalihkan perhatiannya ke makanan lain, seperti camilan, susu, atau buah- buahan.

Langkah selanjutnya adalah yang paling menguras tenaga. Tidur sendiri tanpa menyusu. Jujur di step ini saya benar-benar merasa sangat kelelahan. Karena disinilah drama dimulai. Setiap mulai mengantuk Deana selalu mencari nenennya, dan jika tidak berhasil mendapatkannya dia akan mulai menangis sampai berteriak dan kejadian ini terus berlanjut sampai hari-hari selanjutnya. Pernah suatu waktu Deana menangis hingga tantrum dan memukul dirinya sendiri sampai teriak. Wah, disitu saya benar-benar di puncak kelelahan. Kondisi suami pun belum pulang kerja dan akhirnya saya menyerah lagi. Makin hari alasan mengantuk dijadikan Deana untuk meminta nenen. Disitu saya merasa saya harus benar-benar tegas. Akhirnya saya memutar otak bagaimana cara agar dia berhenti menyusu tanpa drama. Dan terpikirlah metode hypnoparenting ini.

Setiap mau tidur saya biarkan Deana menyusu. Tapi kali ini saya berikan sugesti untuk tidak menyusu. Saya katakan "Deana anak pintar, sudah besar, sudah tidak nenen bunda lagi ya? Wah hebat ya! Sekarang nenennya dari gelas dan sedotan ya! Pintar sekali ya anak bunda." Terus menerus saya ucapkan hal itu sambil diusap kepalanya dari mulai mengantuk sampai tertidur. Dan hasilnya? Deana bisa tertidur tanpa menyusu di hari ke 3 tanpa tangisan lagi. Sekarang Deana sudah lulus ASI dan sedang gemar sekali nyemil. Senang sekali rasanya!

Sekian pengalaman dari saya, semoga ibu lain yang sedang berjuang menyapih pun ikut dikuatkan dan dilancarkan!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2393 Dian Rianti

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Menyapih Si Kecil dengan Bahagia Tanpa Harus Berbohong

Sering kali kita jumpai seorang ibu menyapih anaknya dengan melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Ada baiknya jika menyapih [...]