Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pengalaman Melahirkan Jongkok di Rumah Bersalin Anny Rahardjo

MY STORY  |  PREGNANCY  |  REVIEWS  |  26 Mar '19


Mungkin ada beberapa cara melahirkan normal. Tapi saya juga baru tahu ada melahirkan dengan cara jongkok. Dan itu saya alami saat saya melahirkan anak pertama saya bulan Juli lalu.

Saat tau positif hamil dan posisi waktu itu masih bekerja, awalnya saya bingung harus periksa ke mana. Berhubung di dekat kantor saya ada bidan, akhirnya saya coba periksa di situ. Tapi dari cara penyampaian saya kurang cocok. Sebulan setelahnya akhirnya saya memilih untuk resign dari kantor tersebut, dan tidak melanjutkan kembali untuk periksa di bidan dekat kantor saya waktu itu.

Selang beberapa bulan, saya mencari apa saja sih yang dibutuhkan oleh ibu hamil di awal kehamilan. Selain kebutuhan bayi dan si Kecil, ternyata tempat di mana nantinya kita mau melahirkan juga sangat penting. Setelah mencari akhirnya menemukanlah rumah bersalin yang pro normal dan kebetulan dekat dengan rumah saya. Namanya Rumah Bersalin Anny Rahardjo di daerah Kampung Tengah. Menurut review-review yang saya baca sih di situ bagus dan recommended lah.

Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba periksa di RB Anny Rahardjo tersebut saat usia kehamilan saya 6 bulan. Awal datang disambut dengan hangat oleh para bidan, dan setelah menunggu akhirnya saya bertemulah dengan Eyang Anny. Awal pertemuan yang baik menurutku, karena Eyang menjelaskan apa aja yang didapatkan untuk perawatan di sini, yaitu pro ASI, penundaan pemotongan tali pusar (24 jam), IMD (Inisiasi Menyusu Dini), kelas pijat bayi, ruang perawatan perorangan dan melahirkan di sini dengan cara jongkok, dan lain sebagainya.

Kalau kata Eyang biar lebih gampang keluarnya, ibaratnya kaya orang mau pup aja, kan kalau jongkok pas ngeden lebih gampang keluarnya hehe, dan benar lebih gampang. Saat saya dipindahkan dari kamar perawatan ke kamar bersalin, baru jongkok dan saya ngeden sekali langsung terdengar bunyi tangisan bayiku. Ah, lega sekali rasanya.

Dan jujur saja, dengan harga yang saya bayar dan perawatan yang saya dapatkan itu tidak akan saya temukan di Rumah Sakit besar lainnya dengan harga yang cukup terjangkau. Di situ new Mom seperti saya diberi waktu 3 hari setelah melahirkan tetapi bukan untuk istirahat saja. Melainkan untuk diajarkan bagaimana cara memandikan bayi, merawat bayi, pijat nifas juga, cara memerah ASI manual dengan tangan, pijat payudara agar ASI keluar, cara menyimpan ASI dll.

Menurutku yang terpenting adalah beberapa hal yang disebutkan di atas itu, karena setelah melahirkan saya mengurus bayi saya sendiri, tanpa bantuan orangtua saya (sudah meninggal) dan mertua. Buat orang yang sangat awam seperti saya, ini sangat berguna sekali dan recommended.

Dan satu hal lagi, Eyang ada anak namanya bidan Dini. Bidan Dini ini yang nantinya akan membantu kalian via whatsapp jika ada keluhan apapun itu. Pokoknya paket lengkap deh kalau di RB ini.

Jadi untuk Moms yang sedang hamil, tempat di mana kalian akan melahirkan itu sangat penting. Kenyamanan untuk Moms setelah melahirkan juga sangat penting. Mulailah dari sekarang untuk mencoba ke berbagai tempat, tidak ada salahnya, sampai kalian menemukan tempat yang tepat dan cocok.

Semoga bermanfaat.

By: Meida Audina Saniyah

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1456 Meida Audina Saniyah

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

REVIEW PRODUK : Blackmores Pregnancy and Breastfeeding

Selain minum vitamin sesuai resep dokter, saya juga mengkonsumsi Blackmores Pregnancy and Breastfeeding. Kali ini, saya ingin sedikit mereview [...]

Bayi di Dalam Perut Bisa Sekolah?

Untuk menyiapkan kecerdasan si Kecil sejak masih janin, aku mempercayakan pada babyplus

Pregnancy Butter untuk Mengatasi Stretch Mark

Apa sudah ada yang timbul stretch mark? Gimana sih cara buat meminimalisir terjadinya stretch mark itu?

Review Babyplus: Alat Stimulasi dan Edukasi Pra-Lahir

Salah satu usaha terbaik yang sudah saya lakukan adalah memberikan pendidikan pra lahir bagi Arjuna

Rekomendasi Obgyn di RSIA Grand Family: Dr. Hendrik Sutopo, M. Biomed, S.PoG

Moms, aku mau cerita nih pengalamanku dalam mencari obgyn yang cocok melalui perjalanan yang lumayan panjang.

Mothercare It's Your Body Stretch Mark Cream: Terbukti Mencegah Stretch Mark

Moms, saya mau cerita tentang krim yang memang terbukti ampuh di saya tidak menimbulkan stretch mark.

Peppermint : Teman Siaga di Masa Kehamilan

Di masa kehamilan sering kali kita merasa serba salah dengan tubuh kita. Essential oil ini salah satu solusinya Moms!

Pijat Hamil di Rumah bersama Homespa.id

Saat sedang hamil, rasanya tubuh mudah lelah ya Moms. Relaksasikan diri Moms disalah satu jasa pijat ini!

Review Hydromama untuk Mengatasi Mual pada Bumil

Saat awal-awal kehamilan pasti banyak diantara Moms yang mengalami mual, bagaimana cara mengatasinya?

Dr. Mariono Reksoprojo SPOG, Obgyn Favoritku di RS Budi Kemuliaan

Ada beberapa pertimbangan yang membuatku memutuskan mempercayai beliau dalam masa kehamilan hingga persalinan.

Lahiran dengan Layanan BPJS

Apakah Moms sedang hamil, mungkin bisa coba layanan BPJS yang sangat membantu! Yuk, simak pengalaman mom Yuni.

Review Dokter Kandungan - dr. Radius Tanoto, Sp.OG

Saya akan mereview dokter kandungan saya yang teramat sangat perhatian. Namanya dr. Radius Tanoto, Sp.OG.

Review Stretch Mark Cream

Apakah Moms tim membiarkan stretch mark karena siapa tau dalam waktu dekat hamil lagi, atau tim basmi dulu semampunya?