Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pengalaman Melahirkan BabyAdam Secara Caesar

MY STORY  |  PREGNANCY  |  18 Jul '19


Halloo mommy babyO! Kali ini mamAdam mau sharing pengalaman melahirkan di early Februari tahun ini. Sedikit cerita saat masuk trimester 3, mamAdam malah sering mual dan sampai muntah, otomatis nafsu makan juga jadi menurun. Hikss.. Akibatnya, berat janin di trimester 3 sedikit melambat, bahkan cenderung stagnan di week 34 - 36 di angka 2700 gram.

Ternyata oh ternyata.. setelah di USG, baby Adam posisinya sungsang/posisi kepala di atas, sehingga tulang kepalanya menekan lambung akhirnya mamAdam sering mual dan muntah di trimester 3. Jadi, mamAdam mulai menerapkan makan dengan porsi kecil tapi sering supaya lambung tidak terlalu terisi penuh. Karena posisi sungsang juga, di week 36 sudah direncanakan operasi caesar, sambil menunggu mungkin ada sinyal-sinyal kontrkasi. Sejak week 30 sebenarnya sudah mencoba Yoga, hypnoterapi tetapi memang belum mau turun hehehe.. No problemo.

Di week 38, akhirnya tiba jadwal melahirkan caesar di RSIA Kendangsari MERR, Surabaya. Rencana operasi dimulai pukul 7 pagi, ternyata dimajukan jam 6 pagi, jadi jam 5 hrs mulai preparation. Mulai masuk rumah sakit dari hari sebelumnya (malam). Saat masuk RS, kita di observasi dulu, mulai dari pemeriksaan tekanan darah, cek darah, sampai pembekuan darah kalau ga salah (bagian telinga di tusuk lalu ditunggu beberapa menit), lanjut dengan pemeriksaan detak jantung ibu dan baby, sambil cek kontraksi (yang ternyata tidak datang heheh).

Sekitar pukul 11 malam mulai pasang infus, karna deg-degan jd agak sulit tidur yaa…. Jam 4 dibangunkan untuk mandi dan siap-siap. Jam 6 kurang sudah dibawa ke ruang operasi, dijelaskan beberapa hal yang sudah agak lupa apa aja karna aku iya-iyain aja hahahaa (jgn ditiru ya buibu).

Sesampainya di ruang operasi kita mulai dipasangkan alat-alat, lalu ada dokter spesialis anastesi ajak ngobrol (biar ga tegang kali ya), diminta posisi miring untuk suntik bius. Kirain bakalan sakit ya, ternyata sama sekali gak sakit, beneran kayak di gigit semut! Good job buat dokternyaa!! Gak lama setelah itu agak-agak keliyengan tapi masih sadar.. Dibisikin oleh dr spesialis anak bahwa nanti setelah baby keluar, akan dilakukan proses IMD/Inisiasi Menyusu Dini. FYI, kalau di RSIA Kendangsari MERR ini sangat concern soal ASI Eksklusif, jd alasan aku memilih jg. Dr SpA-nya jg bisa pilih, waktu itu kupilih dr Riza, he’s very humble and informative. Waktu dibilangin mau IMD berasa lg didongengiin.. eheheh. I highly suggest him as your pediatric! *terutama mommy-mommy di Surabaya & sekitarnya.

Ga lama setelah itu, dr SpOG-ku masuk dan ngobrol sebentar, ditanya gimana udah siap?! Daan proses operasi-pun di mulai. Aku agak ngintip dari kaca lampu operasi sih walaupun ga jelas, ga kerasa ya di ‘belek’ hehehe namanya jg dibius. Dan 15 menit kemudian oek oekkk suara bayiiiiiku. Terharu banget rasanyaa…. hiks jd melow. Tiba-tiba suamiku udah disebelahku, tanpa kusadari, dia dari proses td udah elus-elus kepala yg entah kenapa selama proses operasi berasa gatel bgt.

Lanjut proses IMD… Masyaallah rasanyaa…. luar biasaa….. langsung semangat dan optimis untuk bisa mengASIhi baby. Proses IMD ini penting bgt menurutku, walaupun cm beberapa menit dan entah itu ASI keluar apa ga, tp ini bener-bener proses bonding kita dg baby utk pertama kalinya. Percayalah buibu, rasanya sungguh ga bisa digantikan dengan apapun. Untuk buibu yg sdang hamil atau berencana nambah baby, minta utk IMD yaaa….. 

Setelah proses operasi dan IMD, baby dikembalikan lg untuk observasi. SpOg-ku bilang bhw trnyata selama hamil terbentuk Kista dan sekalian di ambil selesai baby dikeluarkan (thanks God, sekalian op caesarnya keluar kistanya). Setelah itu akupun di pindah ke ruang transit.. Pas keluar ruang operasi, sebadan gemeteran kedinginan, but kata dr sp.anastesinya itu normal. Memang normal karna setelah beberapa menit sudah hilang. 

Soooo… buat mommy-mommy yg akan melahirkan, either caesar atau normal, you’re still a GREAT MOM to your baby. Jangan terlalu khawatir ya, aplg dgr omongan org ttg operasi caesar. Apapun prosesnya, yg penting minim trauma, ibu dan baby sehat.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

186 Qonita Kuwadi

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Begini Efeknya Kalau Menunda KB

Moms ada yang berencana KB tapi terus tertunda? Wajib simak cerita yang satu ini!

Jangan Sepelekan Pemeriksaan USG Saat Kehamilan, Ini Alasannya!

USG di masa kehamilan itu penting loh Moms! Yuk, simak ulasan berikut ini.

Ceritaku Hamil Kembar dan Mengalami Preeklampsia

Dibalik kelucuan memiliki bayi kembar, ternyata ada hal-hal yang perlu diwaspadai, salah satunya preeklampsia.

Cerita Kehamilan dan Melahirkan Mom Devita

Moms, yuk simak cerita kehamilan dan melahirkan Mom Devita berikut ini.

Cerita Promilku di Usia 35 Tahun

Moms sedang merencanakan program hamil? Simak yang satu ini yuk!

Aku Ngidam Belut, Amankah Di Konsumsi Saat Hamil?

Amankah ibu hamil mengonsumsi belut? Baca yang berikut ini.

Pengalaman Kuretase di Usia Kehamilan 11 Minggu

Salah satu resiko yang dapat terjadi pada Ibu hamil adalah keguguran. Setelah itu biasanya Mom akan dianjurkan untuk kuretase.

Pengalaman Program Hamil dengan Memiliki Myoma di Rahim

Di awal pernikahan aku dan suami sudah berencana ingin segera memiliki momongan. Karena kami sudah berpacaran 4 tahun, jadi rasanya sudah cukup [...]

7 Langkah Persiapan Persalinan Penuh Cinta

Ternyata perkara melahirkan bukan terjadi begitu saja. Tanpa persiapan, maka tak jarang kenangan buruk yang akan tersimpan dalam waktu yang [...]

Ceritaku Hampir Khilaf Saat Hamil

Siapa Moms yang pernah merasa galau ketika tahu hamil? You're not alone. Baca cerita ini yuk.

Proses Persalinan Anak Kedua Lebih Cepat, Benarkah?

Kata orang melahirkan anak kedua akan jauh lebih mudah dan lebih cepat dari anak pertama. Benarkah demikian?

Tips Jarak Kehamilan Antara Kakak dan Adik

Berapa jarak kehamilan yang ideal? Setiap orang pasti punya alasannya masing-masing ya. Berikut ini cerita dari Mom Ngel Zhuang.

7 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Persalinan

Memasuki trimester ketiga, ibu hamil biasanya akan merasakan dag dig dug antara bahagia karena akan segera bertemu dengan sang buah hati dan [...]

Hindari Perkataan Negatif Terhadap Ibu Hamil

Yuk hindari mom-shaming dan bersama-sama memberikan dukungan terhadap para orang tua lainnya. Simak cerita berikut ini ya.

Tips Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil

Ibu hamil sering mengalami gatal-gatal di kulit karena berbagai hal. Apa pun penyebabnya, berikut ini beberapat tips mengatasi perut gatal saat hamil.

Perbedaan USG 2D, 3D dan 4D

Bagi Moms yang tengah hamil tentunya USG sudah tidak asing lagi, ya. Seiring perkembangan zaman USG untuk memeriksa kondisi janin pun semakin [...]

5 Tanda Awal Kehamilan yang Dapat Dideteksi Tanpa Testpack

Apakah Moms mengalami telat haid? Atau merasa eneg mual ingin muntah setiap pagi dan bertanya-tanya jangan-jangan Moms sedang hamil? Jika memang [...]

Couvade Syndrome: Suami Ngidam saat Istri Hamil Ternyata Bukan Mitos

Salah satu hal yang sering dianggap tidak masuk akal adalah suami yang ikut ngidam saat Moms hamil. Di dunia medis, hal ini disebut sebagai [...]

3 Manfaat Jeruk Lemon bagi Kehamilan

Ibu hamil disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya termasuk vitamin C. Oleh karena itu, jeruk lemon juga baik untuk kesehatan ibu hamil.

Berhubungan Intim Terbukti Berhasil Memancing Kontraksi

Kata orang berhubungan intim di kala hamil tua dapat memicu kontraksi. Betulkah demikian?