Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pengalaman Mama Arkana Saat Awal Menyusui

FEEDING  |  MY STORY  |  02 Aug '19


Hayooo siapa yang mikir kalau menyusui itu gampang??? Saya termasuk orang yang ngeremehin masalah menyusui loh. Saya kira menyusui itu tinggal gendong anaknya terus kasih nennya deh. Saya kira segampang itu, tapi setelah prakteknya ternyata banyak tantangannya. Apalagi, yang memiliki banyak permasalah seperti saya.

Pada awal menyusui saya belum menyadari kalau payudara saya itu flat nipple alias puting datar. Nah ini jadi masalah pertama yang aku hadapi pada awal menyusui. Saat awal menyusui karena flat nipple ini Arkana jadi kesulitan. Setiap nen ngga pernah bertahan lama selalu copot-copot dan puting aku lecet dimana-mana. Setiap mau menyusui selalu udah parno duluan karena sakitnya udah kebayang duluan.

Untuk masalah flat nipple ini solusi pertama aku yaitu narik-narik puting sebelum menyusui. Tapi, ini ngga bertahan lama puting tetep balik kebentuk semula. Akhirnya mamahku nyaranin pake nipple shield atau orang biasa bilang penyambung puting. Tapi, sayang banget ini ngga jadi solusi malah nambah masalah. Puting aku malah jadi berdarah karena gesekan antara kulit dan karet nipple shieldnya. Bentuk nipple ku emang jadi lebih sedikit keluar sih tapi malah berdarah.

Setelah beberapa hari berjalan aku menyadari masalah lain yaitu, produksi ASI berlebih. Aku sadar karena, tiap nyusuin Arkana selalu nangis karena keselek terus. Yampun masalah flat nipple belum beres udah ada lagi masalah lain.

Akhirnya aku mikir gimana ya menyelesaikan 2 masalah dalam sekali kerja. Akhirnya aku memilih dengan cara pumping. Kenapa pumping karena aku mikir ini bisa menyelesaikan 2 masalah yang aku punya. Pertama pumping itu sifatnya menyedot jadi bisa narik puting aku yang datar jadi keluar. Kedua, dia mengeluarkan ASI agar mengurangi aliran ASI yang terlalu deras.

Jadi aku selalu pumping dulu sebelum menyusui Arkana. Setelah dirasa puting lebih keluar dan aliran ASI tidak terlalu deras aku langsung Direct Breastfeeding sama Arkana. Ribet memang, tapi cara ini berhasil sampe akhirnya sekarang ngga perlu pumping lagi karena puting sudah keluar dan aliran sudah menyesuaikan kebutuhan Arkana. Ditambah kemampuan anak dalam menyusui sudah semakin hebat.

Begitulah kira-kira solusi pengalaman Mama Arkana dalam menyelesaikan masalah yang ada saat awal menyusui.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

357 Risa Andriani Permana

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Sukses Memompa ASI untuk Working Mom

Para working Moms, tips berikut ini sangat membantu untuk menyukseskan menyusui si Kecil loh! Yuk, disimak!

Butuh Komitmen Untuk Working Moms Tetap MengASIhi

Komitmen merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh para ibu bekerja dan yang memperjuangkan ASI. Yuk, simak cerita berikut ini.

Sulit Memompa di Kantor? Coba Datang Lebih Pagi

Datang ke kantor lebih pagi ternyata bisa menjadi Salah satu kuncii keberhasilan memompa loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Working Mom yang Eping Cerdas Memilih Pompa ASI

Bagi para Ibu bekerja, memompa ASI tentunya membutuhkan usaha ekstra. Yuk, simak tips dari Mom Inayah Soenaryo berikut ini.

Tips Mengatasi Kendala Menyusui

Moms, yuk simak tips mengatasi kendala menyusui ala Mom Dinar Indah Palupi berikut ini.

Si Kecil Mengalami GTM, Tetap Perjuangkan Hak ASI!

Di kala si Kecil GTM, jangan berhenti untuk memperjuangkan ASI untuk si Kecil ya stay at home Moms dan juga working Moms.

Tips Aman Memompa Asi Untuk Working Moms di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Pandemi dan masa adaptasi kebiasaan baru tentunya menuntut Moms semua juga memiliki kebiasaan baru dalam hal memompa ASI. Yuk, simak berikut ini.

Sukses Memompa ASI di Kala Bekerja

Ini cara working Moms untuk tetap bisa memompa ASI di kala sibuk beraktivitas.

Tips Sukses Memompa ASI Untuk Para Working Moms ala Ummah Uwais

Yuk Moms simak tips sukses memompa ASI ala Ummah Uwais berikut ini.

Operasi Benjolan Payudara Karena Salah Memompa ASI

Moms, salah memompa ASI ternyata dapat berakibat fatal loh. Yuk, simak cerita berikut ini.

10 Fitur yang Harus Dimiliki Pompa ASI Dual Motor

Tahukah, Moms, tentang keunggulan pompa ASI elektrik dual motor? Inilah 10 fitur penting dari pompa ASI jenis tersebut.

Pastikan Memilih Pompa ASI dengan Dual Motor, ya, Moms!

Pompa ASI saat ini juga hadir dengan dua pilihan, elektrik atau manual, dual pump atau single pump. Memilih pompa ASI yang nyaman memang [...]

Mengenal Manfaat Dual Motor pada Pompa ASI

Saat ini, sudah banyak inovasi-inovasi baru pada alat pompa ASI. Moms dapat mencari pompa ASI terbaik dengan fitur-fitur berikut.

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Moms dan Si Kecil

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin meningkatnya kesadaran busui tentang berbagai manfaat pumping, semua kalangan ibu menyusui kini [...]

Kelebihan Pompa ASI Dual Motor: Nyaman dan Efisien

Berbagai jenis pompa ASI saat ini sangat mudah ditemukan di pasaran dari mulai model manual hingga elektrik dengan berbagai merk dan varian [...]

Pompa ASI Dual Motor Pilihan Buat Working Moms

Dalam memilih pompa ASI, ada hal lain yang perlu Moms perhatikan selain membeli yang sesuai kebutuhan Moms. Sebelumnya, tahukah Moms ada pompa [...]

Keunggulan dari Pompa ASI Dual Motor

Pompa ASI memang sudah menjadi barang yang harus dimiliki para ibu menyusui. Dengan adanya pompa ASI, Moms akan sangat terbantu saat melakukan [...]

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Kelancaran Menyusui

Banyaknya jenis pompa ASI sering membuat busui bingung. Aku menyarankan Moms untuk menggunakan pompa ASI Dual Motor.

Kenalan, Yuk, dengan Pompa ASI Dual Motor!

Moms pejuang ASI sudah seharusnya mendapatkan yang terbaik untuk mendukung produksi ASI mereka. Selain makan makanan bergizi, Moms juga perlu [...]

Pompa Asi Dual Pump, Membantuku Pasca Melahirkan

Memerah susu sangat disarankan terutama untuk ibu yang bekerja di luar dan mempunyai mobilitas tinggi. Bagiku, alat yang cukup membantu dalam [...]