Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pengalaman Lebaran Pertama Tanpa Keluarga

MY STORY  |  PARENTING  |  26 May '20


Moms gimana lebarannya kemarin? Lebaran tetap di tempat di rumah aja atau mudik ke kampung halaman menemui keluarga besar dan sanak saudara?

Lebaran tahun ini memang benar-benar berbeda, bagi saya yang tetap di rumah alias tidak mudik ke kampung halaman punya perasaan sedih tersendiri. Apa Moms merasakannya juga?

Meski media bisa membantu kita menyambung silaturahim secara virtual tapi tetap akan terasa berbeda saat kita bertemu langsung. Tetapi karena rasa sayang kami pada orang tua dan keluarga lebih besar kami pilih untuk jaga jarak dulu dengan tidak melaksanakan mudik.

Sedih memang rasanya, tapi apalah arti hari kemenangan jika setelah hari itu justru kami menjadi penyebab hal-hal yang tak kami harapkan. Karena sampai sekarang kami tidak pernah tahu apakah kami cukup aman untuk menemui mereka atau tidak.

Bagi Moms yang tidak merayakan hari kemenangan kita bersama keluarga besar, tidak apa-apa, jangan sedih, kita tidak sendiri, semoga pandemi ini cepat berlalu meski kita sudah mulai lelah rasanya.

Oh ya yang dirumah aja dan tidak mudik, bagaimana hari raya idul fitrinya? Masak apa nih? Meski merasa kurang bersemangat karena terasa tidak lengkap kita harus tetap menjalani hari raya ini dengan senyuman dan kebahagiaan.

Meski tidak mudik, saya, Zila dan suami tetap masak masakan tradisi kampung halaman loh, keadaan rumah pun kami tetap tata seperti saat akan merayakan idul fitri jadi meski tidak menerima tamu dan dirumah aja, hari lebaran ini tetap berkesan buat kami, terutama buat Zila.

Zila seneng banget karena dirumahnya banyak biskuit kaleng dan kue-kue khas lebaran, dia makan sesuka hati tanpa saya batasi, saya pikir biarlah biar dia merasakan kebahagiaan yang berbeda hari ini.

Tak lupa juga masakan khas lebaran kampung halaman kami, sop tetelan sapi, ikan gurame acar, ayam goreng dan ketupat kami sediakan untuk menyemangati kami sendiri di hari raya ini, berbagai minuman manis juga sengaja kami sediakan di hari raya ini. Mungkin hal biasa tapi sangat berharga untuk kami yang tidak bisa merasakan pulang ke kampung halaman di hari raya ini.

Kami menyantap makanan dan minuman itu setelah melaksanakan shalat ied dirumah aja secara masing-masing, lalu selfie dan video call sebentar ke kampung halaman kemudian makan-makan, cuma bertiga tapi terasa hebohnya hehe.

Oh ya mohon maaf lahir dan batin ya Moms barangkali ada sikap dan perkataan saya yang kurang berkenan di hati Moms Babyo semua.

Semangat ya Moms, sedih memang tapi kita harus tetap kuat agar keluarga kita juga kuat mematuhi aturan pemerintah ini.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

915 Risny Saputra

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebagai Working Mom

Menjadi seorang working Mom tentunya memiliki tantangan tersendiri. Yuk simak tips dari Mom Inayah berikut ini.

Hal yg Bisa Dilakukan untuk Mengisi Kegiatan si Kecil di Rumah Selama Pandemi

Moms, yuk simak aktvitas yang bisa dilakukan di rumah bersama si Kecil berikut ini.

Fiersa is Turning One

Merayakan ulang tahun pertama pastinya adalah moment yang tidak bisa dilewatkan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Caraku Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga di Tengah Pandemi

Rumah tangga yang harmonis pasti sudah menjadi dambaan pasutri. Simak tips berikut ini yuk Moms and Dads!

Caraku Mengatur Keuangan Keluarga di Kondisi Pandemi

Di tengah-tengah pandemi ini tidak bisa dipungkiri bahwa banyak keluarga yang terdampak secara ekonomi. Simak tips berhemat berikut ini yuk!

Punya Anak Perempuan Lebih Boros?

Hayo siapa yang punya anak perempuan dan merasa boros karena beli barang-barang lucu atau baju untuk Si Kecil? Sebenarnya boros tidaknya [...]

Cerita Sibling Goals di Usia Berdekatan

Bagaimana ya caranya agar kakak adik rukun? Yuk, simak cerita berikut ini.

Mengajarkan Kemandirian Sejak Dini Penting Gak Sih Moms?

Mengajarkan si Kecil untuk mandiri sedari dini memiliki banyak manfaat loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Ide Kreatif Bermain Saat Mati Lampu

Mati lampu memang menjadi kondisi yang kurang nyaman. Namun, Moms bisa memanfaatkan kondisi ini untuk barmain dengan si Kecil.

Suamiku Ayah ASI! Yuk Tanamkan Positif Mind!

Hai para istri, yuk belajar cara merayu suami agar mau untuk menjadi ayah ASI berikut ini!

Setahun Bersama Babyologist

Moms, yuk simak pengalaman Mom Dinar setahun bersama Babyo berikut ini.

Menjadi Istri dan Teman Bagi Suami di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada ekonomi keluarga. Yuk belajar jadi Istri yang baik dan teman bagi suami kita.

Semakin Harmonis Di Masa Pandemi

Moms and Dads, yuk simak tips untuk semakin harmonis selama masa pandemi ini.

Mengenal Tedak Siten

Apa itu Tedak Siten? Mari simak bersama berikut ini!

Keseruan Memiliki 2 Balita Dengan Jarak Dekat

Anak di usia balita adalah fase dimana anak mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, cenderung lebih egois, dan lebih senang berekplorasi. Usia [...]

Biasakanlah Mengucapkan Kata-kata Positif pada Anak

Seperti apa sih kata-kata positif yang baik untuk kita ucapkan pada anak? Simak berikut ini.

Tips Mengenakan Masker Pada si Kecil

Bagaimana cara merayu si Kecil agar mau mengenakan masker? Simak cerita berikut ini.

Tetap Harmonis Bersama Pasangan Di Masa Pandemi

Moms and Dads yuk usahakan sebisa mungkin untuk tetap rukun di masa pandemi ini. Simak cerita dan tips berikut ini ya.

Mengatasi Kakak Adik yang Sering Berantem

Kakak dan adik sering berantem? Simak tips ini yuk Moms and Dads.

Tips Agar Tetap Waras Saat 'Work From Home'

Siapa yang mulai merasa kurang waras akhir-akhir ini karena WFH? Simak yang berikut ini ya.