Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pengalaman dan Tips Babymoon

MY STORY  |  OTHERS  |  PREGNANCY  |  26 Jan '20


Setelah menikah, saya dan suami langsung melanjutkan kesibukan masing-masing, tanpa ada jeda untuk honeymoon. Terutama suami saya yang kembali disibukkan dengan bisnisnya yang sempat keteteran selama persiapan pernikahan. Dua bulan setelah menikah, kami akhirnya merencanakan honeymoon ke luar negeri di awal tahun. Kami ingin pergi ke negara dengan musim dingin, dan akhirnya kami memilih untuk honeymoon ke Korea Selatan.


Tidak disangka, sebulan setelah membeli tiket, saya hamil. Rencana honeymoon kami pun berubah menjadi babymoon. Pada waktu itu, usia kandungan saya berada di akhir trimester pertama. Berikut akan saya jelaskan tips-tips babymoon berdasarkan pengalaman saya ya, Moms :)

1. Pilih waktu yang tepat.
Menurut saya, waktu yang paling pas untuk babymoon adalah di trimester kedua, karena biasanya morning sickness sudah berkurang dan perut belum terlalu besar, sehingga masih leluasa untuk jalan-jalan. Namun, itu kembali lagi ke kondisi Moms masing-masing ya. Saya pribadi tidak mengalami morning sickness maupun keluhan-keluhan lain selama hamil, jadi aman, hehe.

2. Pilih tujuan yang bumil friendly
Jarak tujuan bisa disesuaikan dengan kondisi Moms. Untuk Moms yang mudah lelah, sebaiknya memilih tujuan babymoon yang tidak terlalu jauh, transportasinya mudah, dan bukan wisata yang melibatkan banyak kegiatan fisik. Untuk Moms yang sudah "terlanjur" atau tetap ingin memiliki tujuan jauh, bisa dipersiapkan dengan menjaga kesehatan, minum vitamin dan olah raga.

3. Konsultasi ke dokter kandungan tentang rencana babymoon.
Pastikan kondisi kehamilan Moms cukup baik untuk bisa melakukan perjalanan tersebut. Jika perlu, mintalah resep obat-obatan khusus dari dokter. Waktu itu, saya diresepkan obat penguat kandungan dan obat maag, untuk berjaga-jaga. Untuk Moms yang akan bepergian menggunakan pesawat, mintalah surat keterangan bahwa kondisi Moms baik untuk melakukan perjalanan udara. Beberapa maskapai mungkin akan menanyakan hal tersebut.

4. Jangan terlalu lelah
Pasti excited banget ya Moms, bisa babymoon sama suami. Tapi jangan sampai lupa diri ya Moms, jangan sampai terlalu lelah, apalagi sakit. Untuk Moms yang akan pergi backpackeran jauh seperti saya, pastikan Moms sudah tahu transportasi apa yang akan Moms gunakan, jalur apa yang akan Moms lewati, bagaimana kalau Moms dan suami tersesat. Jangan sampai jadi kelelahan karena bingung mencari jalan. Berdasarkan pengalaman saya, di Korea Selatan sangat mudah untuk bepergian. Jalur kereta bisa dengan mudah dicek melalui aplikasi. Tiap halte bus juga menyediakan info jalur serta jadwal kedatangan bus yang akan lewat. Kalau tidak mau repot, kita bisa langsung naik taksi. Menurut saya, Korea Selatan juga sangat menghargai ibu hamil. Di tiap gerbong keretanya disediakan kursi khusus ibu hamil. Walaupun banyak penumpang, tapi jika tidak ada yang hamil (atau penumpang prioritas lain), kursi tersebut akan tetap kosong (ga kaya di sini ya Moms hehe), jadi bumil tidak perlu takut tidak dapat tempat duduk karena kereta penuh dan ga bisa ngomong "maaf pak/buk, saya hamil" dalam bahasa Korea.

5. Pilih penginapan yang nyaman
Tidak harus pergi jauh, babymoon juga bisa dilakukan dengan staycation atau menginap di kota sebelah. Jarak jauh atau dekat, pastikan lokasi penginapan nyaman untuk Moms ya! Kembali lagi karena saya backpacker, jadi saya mencari penginapan yang murah. Saya menyewa dua penginapan di lokasi dan waktu yang berbeda. Malam pertama saya menginap di daerah Itaewon, sementara malam-malam berikutnya di Myeongdong. Ternyata, kedua penginapan tersebut sama-sama berada di daerah yang menanjak dan tidak ada akses lift. Bahkan di Myeongdong saya mendapat kamar di lantai 4. Kebayang kan Moms gimana gempornya bolak balik lantai 4 naik tangga, apalagi saat bawa koper. Sebaiknya pastikan kembali yah penginapan yang Moms pesan!

6. Enjoy the trip!
Ini yang paling penting ya Moms. Nikmati perjalanan Moms, apalagi kalau Moms sedang hamil anak pertama. Setelah si Kecil lahir, momen jalan-jalan mesra sama suami akan jadi hal langka dan mahal. Jangan sampai masalah-masalah kecil bikin Moms bad mood. Kalau Moms happy dan enjoy, baby akan merasakan hal yang sama. Happy babymoon!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

250 Mutiara Fadilla

Comments

Related Stories