THE DAILY

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pengalaman Breast Care Pasca Melahirkan

MY STORY  |  PREGNANCY  |  18 Oct '18

Bagi saya, Breast Care adalah pengalaman yang paling mengerikan selama saya menyusui. Sebenarnya apakah itu Breast Care yang dilakukan di Rumah Sakit pasca melahirkan? 

Breast Care adalah massage yang dilakukan ke payudara Ibu agar saluran ASI yang tersumbat dapat terbuka dan lancar. Pada hari kedua atau ketiga setelah melahirkan, biasanya payudara akan kencang karena produksi ASI mulai banyak, tetapi saluran masih tersumbat. Ini yang terjadi pada saya, pada saat ASI mulai banyak, payudara saya sakit sekali dan sangat kencang tetapi ASI yang keluar sedikit, sehingga dokter menyarankan untuk Breast Care. 

Pijatan yang dilakukan di sana ada beberapa step (mungkin tiap Rumah Sakit berbeda). Tetapi yang mau saya sharing adalah, Breast Care merupakan massage yang paling sakit dan mengerikan, karena payudara kita dipijat dan ditekan hingga air susu yang mengeras bisa hancur. Dan biasanya, Ibu yang mengalami mastitis pasti juga akan disarankan untuk Breast Care. Cara pijat ini biasanya bisa dilakukan di rumah sebelum kita memberi ASI atau memompa supaya saluran ASI kita tetap lancar.

Tetapi perlu diingat, jika sedang mengalami Mastitis parah, jangan melakukan Breast Care karena jika dipijat secara paksa atau tidak hati-hati, bisa menyebabkan pembuluh darah di payudara pecah dan akibatnya akan semakin parah karena bagian yang radang dan terinfeksi akan menyebar. Bagi Moms yang ingin memperlancar aliran ASI, bisa meminta anjuran dokter laktasi ataupun perawat di Rumah Sakit mengenai Breast Care

Semoga bermanfaat. 

By: Junis Kenshi

 

72 Junis Kenshi Send Message to Writer

Related Stories