Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pengalaman Bendungan ASI yang Tak Terlupakan

FEEDING  |  MY STORY  |  18 May '20


Proses MengASIhi adalah proses yang di tunggu-tunggu moms yang sudah dalam tahap melahirkan bukan? Apalagi moms juga sudah melewati fase IMD. Hal ini dimulai pertama kali ketika saya melahirkan anak pertama. Hal mengASIhi sangatlah menyenangkan, bagaimana tidak setiap kali saya mengASIhi malaikat kecil ini merasakan ikatan batin yang sangat kuat antara saya dan bayi.

Namun, suatu hal terjadi dan ini merupakan hal yang amat sakit bagiku dan mungkin bagi si kecil.
Sebelumnya, saya merawat si kecil dibantu oleh ibu saya yang ada di kampung halaman dan saya LDR dengan suami saya.

Sampai usia 4 bulan bayi saya full hanya ASI saja dan tanpa makanan tambahan berat badannya pun berangsur naik dan di garis hijau tua KMS yang menandakan bayi saya pertumbuhannya baik.
Dan, pada saatnya saya harus kembali ke Jakarta menemui suami beserta anak saya. Pada saat itu ibuku ikut mengantarkanku kembali ke Jakarta beserta suami. Setelah sampai di Jakarta, ibuku hanya tinggal selama 1 minggu di Jakarta karena ayah sendirian di rumah.

Satu minggupun berlalu dan ternyata hari terakhir ibu di Jakarta, sebelum kembali ke kampung adalah jadwal anakku imunisasi. Saat itu imunisasi DPT, setelah mengantarkan aku dan bayiku ke Puskesmas, ibuku berkemas karena jadwal kereta pukul 5 sore. Setelah itu, suami mengantar ibu ke stasiun dan aku bersama anakku yang sedang panas karena efek imunisasi.

Betapa kewalahannya aku mengurus sendiri, aku berpikir dalam hati ternyata bantuan dari orang terdekat sangat bearti. Anakku rewel tak henti-henti sampai malam tiba. Segala usaha aku coba, mulai dari menggendong, menawarkan memberikan ASI tapi dia menolak. Tak terasa ASIku penuh dan aku pun tidak sempat untuk memompa karena sudah kewalahan dengan rewelnya anakku.

Selepas suami pulang dari stasiun suami mencoba menenangkan anakku. Tepat pukul 21.00 wib malam dia tertidur pulas tanpa minum sedikitpun karena aku sudah menawarkan berkali-kali dan dia menolak. Akupun pasrah, aku hanya bisa menggendongnya sepanjang malam agar dia nyaman dan beristirahat dengan tenang.

Namun, masalah timbul karena ASIku yang terlalu banyak dan tidak bisa dikeluarkan. Aku merintih kesakitan dan aku coba untuk mengeluarkan dengan pompa dan aku bergantian menggendong anakku dengan suamiku. Aku coba pompa selama 15menit tidak ada hasil Hanya 2 tetes seingatku yang keluar, dan payudara semakin membesar diikuti badanku panas. Aku tidak sempat mengecek suhu tubuhku, yang aku pikirkan bagaimana caranya agar asiku ini keluar.

Beberapa menit kemudian anakku terbangun sepertinya dia kehausan akhirnya aku coba untuk menawarkan ASI setelah beberapa menit di coba dia kesal dan menolak untuk menyusu, sepertinya dia kesulitan juga untuk minum ASinya. Akhirnya aku memutuskan untuk memberikan susu formula kepada anakku. Begitu patah hatinya aku melihat dot masuk kedalam mulutnya, karena aku berusaha memberikan ASI saja selama 6 bulan, namun semua itu sirna.

Aku makin kewalahan, disaat posisiku yang lemas dan nyeri aku mencoba terus untuk memopa walaupun tidak banyak yang keluar. Tengah malampun tiba, akupun sudah tidak tahan dengan keadaanku. Aku mencoba berbaring di tempat tidur yang kurasakan adalah badanku lemas, nyeri pada semua anggota tubuh, menggigil, dan aku tidak bisa melakukan apapun. Suami mengurus anakku dan aku terkapar di tempat tidur.

Pagipun menyapa, aku mencoba untuk bangun dari tidurku namun tidak bisa melakukan apapun aku masih merasakan hal yang kemarin aku rasakan. Setelah di cek , ternyata suhu badanku adalah 40 derajat. Merasakan bendungan ASI ini adalah pengalaman yang sangat menyakitkan karena rasa sakitnya lebih dari melahirkan normal menurutku. Aku dan suami akhirnya memutuskan untuk pergi ke dokter, dan dokter memberikan antibiotik, obat pereda nyeri dan penurun panas dan diberikan konseling berupa:

1. Pijat payudara sesering mungkin
2. Pompa ASI 15 menit bergantian yang di namakan power pumping
3. Rileks dan jangan stress
4. Minum air putih yang banyak
5. Makan cukup dan istirahat yang cukup

Setelah itu aku pulang ke rumah beserta anak dan suami dan melakukan hal yang disarankan oleh dokter dan mongkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter. Alhamdulillah, setelah rutin melakukan hal tsb bendungan ASIkupun hilang dan aku bisa menyusui kembali dengan normal seperti sedia kala.

Semoga, dengan pengalaman yang aku share kepada moms bisa bermanfaat ya

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

81 Sherly Putri

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Manfaat Kolang Kaling

Resep manisan kolang kaling berikut ini bisa menjadi menu pilihan untuk berbuka puasa. Simak yuk!

Ceritaku Memberikan Enfamil Gentle Care A+

Simak cerita Mom Dwi berikut ini mengenai Enfamil Gentle Care A+.

Tips dan Trik Mengganti Sufor Lama ke Sufor Baru

Simak tips mengganti susu formula si Kecil berikut ini yuk Moms and Dads.

Metode Blansir MPASI: Smart Mom, Save Money!

Di tengah pandemi ini kita tidak mungkin belanja ke pasar setiap hari. Bagaimana caranya agar sayuran bisa bertahan lama?

Cara Menyapih Anak yang Cuma Mau ASI

Bagaimana cara menyapih si Kecil yang sama sekali tidak mau susu lainnya selain ASI? Simak pengalaman Mom Selvi berikut ini.

Busui Jangan Takut Minum Kopi. Ini Tips Minum Kopi ala Saya

Busui tapi ingin mengonsumsi kopi? Tenang Moms asal sesuai dengan takaran aman kok

Cracked Nipple pada Ibu Menyusui

Puting Moms lecet? Yuk atasi dengan cara berikut ini

Produksi ASI Tiba-Tiba Berkurang? Ini Alasannya

Mengapa produksi ASI bisa berkurang?

Mengenal Tentang ASI dan Perbedaannya dengan Susu Sapi

Moms, taukah bagaimana produksi ASI saat pertama kali si kecil nenen?

Tips Menaikkan Berat Badan si Kecil

Saya mau berbagi tips nih moms bagaimana cara menaikkan berat badan si kecil

Tips Menaikkan Berat Badan Walaupun Anak GTM ala Bunda Braga

Bagaimana sih caranya anak GTM tetapi berat badan tetep bisa naik?

Anak Susah Makan dan BB Seret (Part 2)

Susah makan bisa menyebabkan si Kecil susah makan dan berat badannya susah naik loh Moms

Tips Menghadapi GTM pada Anak

Yuk cari tahu penyebab si Kecil GTM dan bagaimana cara mengatasinya

Ini Dia 5 Makanan Tinggi Zat Besi untuk si Kecil

Kenali sumber zat besi alami dari makanan yang bisa Moms berikan pada si kecil yuk!

Chocolate Cake dengan Slow Cooker! Must Try This Recipe!

Slow cooker juga bisa loh mom untuk membuat cemilan bagi Moms & si Kecil.

Pengalaman saat Anak GTM dan Tips Menghadapinya

Gerakan tutup mulut atau yang lebih dikenal dengan istilah GTM, tentu sangat dikhawatirkan setiap Moms.

Hasil Pumping yang Didapat Sedikit? Coba Lakukan Teknik Power Pumping

Jika dilakukan dengan rutin power pumping bisa memancing ASI keluar lebih banyak

Cara Membekukan dan Mencairkan ASIP yang Benar

Bagaimana cara mendinginkan & mencairkan ASIP dengan benar? Yuk simak tips berdasar pengalaman saya

Ketika Anak Susah Makan, Yuk Terapkan Cara Ini Moms

Alfarez pernah GTM gak? Pernah! Sampe kurus banget malah. Terus cara ngatasinnya gimana?

Masalah-Masalah dalam Pemberian ASI

Dalam proses menyusui atau mengASIhi terkadang sebagian Moms mengalami beberapa masalah