Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Penasaran dengan Perkembangan Kehamilan di Minggu 20? Ini Pembahasannya

PREGNANCY  |  08 Mar '19

Saat memasuki usia kehamilan 20 minggu, ada banyak perkembangan yang terjadi pada tubuh dan organ si Kecil.  Bayi dalam kandungan sudah mulai merasakan keadaan sekitar. Sebetulnya, apa saja yang akan terjadi pada usia kehamilan tersebut? Biar Moms tidak penasaran, berikut ini perkembangan kehamilan di minggu 20.

Berbagai Perubahan Fisik yang Terjadi Pada Bayi Saat Kehamilan 20 Minggu

Perubahan Ukuran

Janin pada setiap tahapan usia akan mengalami perubahan ukuran. Perkembangan yang normal padapanjang dan berat janinadalah pertanda bahwa si Kecil dapat menyerap nutrisi dengan baik.

Saat perkembangan kehamilan 20 minggu, Moms dapat melihat perubahan pada bentuk perut. Si Kecil dalam kandungan kini memiliki berat setidaknya 315 gram dan panjang sekitar 25 cm.

Perubahan Kuku, Rambut, dan Kulit

Bayi lahir tanpa kekurangan apapun adalah harapan semua orang. Moms pasti merasakan harapan yang sama. Kuku, rambut, dan kulit bayi semakin tumbuh sempurna. Pada usia ini, rambut mulai tumbuh lebih banyak terutama pada bagian kepala. Kuku bayi juga semakin kuat dan tumbuh seiring waktu meski bayi berada di dalam kandungan. Selain itu, kulit bayi akan lebih tebal dan berkembang dengan baik untuk menutup dan melindungi tubuh bayi.

Perubahan Area Wajah

Jika pada usia kehamilan sebelumnya kontur wajah tidak terlalu tampak, di usia kehamilan 20 minggu, Moms sudah mulai bisa melihat penampakan wajah bayi dengan lebih detail saat di USG. Bahkan, Moms mungkin sudah mulai melihat kemiripan wajah si Kecil dengan orang tuanya. Perkembangan ini mungkin menjadi salah satu perkembangan yang Moms tunggu-tunggu.

Perkembangan Kinerja Tubuh dan Pancaindera pada Bayi saat Kehamilan 20 Minggu

Perkembangan Indera

Pada usia kehamilan sebelumnya, bayi mungkin belum dapat merasakan lingkungan sekitarnya dengan baik. Hal ini wajar saja sebab pada usia perkembangan tersebut bayi memang belum terlalu berkembang dengan baik termasuk perkembangan pancainderanya.

Berbeda dengan perkembangan kehamilan di minggu 20, pada fase ini, perkembangan indera pendengaran dan penglihatan bayi mulai terbentuk dan berfungsi dengan baik. Walaupun belum bisa dikatakan sempurna, perkembangannya sudah mencukupi untuk bayi merasakan sensasi tertentu. Penglihatan bayi mulai berkembang dengan lebih sempurna. Bayi bahkan mulai merespon suara disekitarnya dengan gerakan.

Perkembangan Sistem Imun

Sistem imun jadi salah satu hal yang penting bagi semua tahapan perkembangan manusia. Hal ini juga berlaku pada bayi yang masih dalam kandungan. Pada usia kehamilan ini, si Kecil sudah memiliki sistem imun yang mulai aktif. Dia sudah memiliki sistem imun yang melindunginya dari serangan penyakit atau infeksi.

Otot Mulai Menguat

Karena otot si Kecil menguat, dia akan lebih sering menggerak-gerakkan tubuhnya. Ini tentunya membuat perut Moms ikut bergerak-gerak. Gerakan ini akan kerap dirasakan khususnya saat malam hari. Moms mungkin hanya merasakan gerakan ini seperti gelembung yang meletus pelan.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

Copyright by Babyologist

170 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories