Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Penanganan Hipertensi Pada Kehamilan

HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  26 Nov '17

Kehamilan merupakan saat yang sangat penting sekali untuk memperhatikan kesehatan tubuh sebab didalam kandungan ada janin yang membutuhkan kekuatan sang Ibu. Jika sang ibu tidak fit maka akan berpengaruh terhadap kesehatan janin dan begitu pun sebaliknya. Gangguan kesehatan pada ibu hamil sebaiknya harus bisa diatasi dengan baik sehingga tidak akan membahayakan kondisi tumbuh kembang janin didalam kandungan. Jangan sampai hipertensi pada kehamilan mengancam kesehatan janin.

Tekanan darah tinggi pada waktu hamil memang tidak boleh disepelekan dan harus mendapatkan perhatian penting sehingga nantinya tidak akan mempengaruhi kesehatan janin. Upayakan untuk melakukan pola hidup sehat untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Sebab awal mula timbulnya hipertensi berasal dari pola hidup yang tidak teratur.

Lalu langkah apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi hipertensi pada kehamilan? Perhatikan beberapa cara berikut ini!

  1. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Kalium
    Naiknya tekanan darah abibat tidak ada keseimbangan dari kadar kalium dan natrium. Jika kadar natrium terlalu tinggi didalam darah maka akan mengakibatkan hipertensi. Maka dari itu sebaiknya kurangi asupan makanan dengan kandungan natrium dan perbanyak asupan kalium. Dengan mengimbanginya maka permasalahan hipertensi bisa diatasi dengan baik.
  2. Perhatikan Pola Makan
    Diet pola makan sangat penting untuk diperhatikan. Artinya Anda jangan sembarangan mengkonsumsi makanan yang kurang sehat dan mengandung kolesterol tinggi. Perbanyak konsumsi makanan bernutrisi tinggi yang baik untuk ibu hamil seperti asam folat, vitamin dan mineral penting lainnya.
  3. Olahraga
    Untuk menyetabilkan tekanan darah, lakukan olahraga secara teratur. Misalnya dengan melakukan jalan santai pagi hari slama 30 menit secara rutin atau lakukan yoga. Olahraga bisa membantu memperbaiki sirkulasi darah sehingg kembali normal seperti semula dan hipentensi perlahan turun secara alami.
  4. Perhatikan Waktu Istirahat
    Ibu hamil jangan stress, ibu hamil harus memperbanyak waktu istirahat. Jika stress maka kemungkinan bisa terjadi hipertensi yang sangat membahayakan kesehatan janin dan juga kesehatan ibu hamil sendiri. Untuk itu sebaiknya ibu hamil harus memiliki pola istirahat yang baik.
  5. Konsultasi Dengan Dokter
    Disamping Anda melakukan diet pola hidup sehat, lakukan juga konsultasi dengan dokter kandungan untuk mengatasi seputar keluhan tersebut. Tentunya tim medis bisa memberikan solusi terbaik untuk mengatasi semua permasalahan tersebut.

Itulah sekilas tentang cara sederhana untuk penanganan hipertensi pada kehamilan yang sebaiknya diperhatikan oleh setiap ibu hamil. Risiko hipertensi dan gangguan kehamilan lainnya bisa terjadi pada siapa saja. Untuk itu selalu jaga kesehatan Anda!

By: Babyologist Editor

 

1326 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories