Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Penanganan dan Pencegahan Flu Pada Ibu Hamil Muda

HEALTH TIPS  |  06 Jul '18


Pada awal kehamilan atau trimester pertama bayi yang berada dalam kandungan sedang mengalami awal perkembangan dan pertumbuhan yang cepat. Sehingga akan sangat rentan sekali terkena pengaruh dari setiap aktivitas dan apapun yang dilakukan oleh Moms hamil. Oleh karena itu Moms harus sangatlah berhati-hati dalam melakukan apapun. Termasuk ketika Moms mengalami flu pada usia kandungan yang masih muda.

Ketika Moms belum mengandung sakit flu mungkin kondisi ini  merupakan hal yang ringan dan bisa sembuh dengan istirahat dan dalam waktu kurang dari seminggu atau 4 hari moms akan kembali pulih. Namun kondisinya akan sangat berbeda dengan moms sekarang karena sedang hamil muda, didalam Rahim moms terdapat bayi yang sedang sangat rentan.

Oleh karena itu ketika moms terserang flu pada saat hamil muda sebaiknya segera diobati namun dengan memperhatikan keamanan bayi yang sedang dalam kandungan juga. Gejala flu yang dirasakan pada saat hamil muda sama saja dengan flu yang dialami pada saat moms tidak sedang hamil yaitu pusing, hidung tersumbat, pilek, batuk, diare, sakit kepala, linu pada tubuh. Perbedaanya adalah flu yang menyerang pada saat hamil muda bisa menyebabkan komplikasi yang lebih tinggi seperti pneumonia, bronkhitis bahkan persalinan prematur.

Obat flu  alami untuk Moms yang sedang hamil muda

Moms bisa menangani flu dengan cara alami meskipun hasilnya tidak akan secepat dengan menggunakan obat-obatan yang berbahan kimia. Moms bisa memperbanyak mengkonsumsi air putih atau jus buah-buahan yang mengandung vitamin C, atau mengemut permen pelega tenggorokan.

Sedangkan untuk meredakan hidung tersumbat moms bisa meletakan pelembab udara di dalam ruangan atau bisa juga dengan melakukan mandi dengan menggunakan air hangat, jika untuk meringankan batuk moms bisa berkumur dengan air hangat yang diberi garam dan mengkonsumsi sup hangat .

Cara mengonsumsi obat flu yang aman untuk Moms hamil muda

Sebenarnya moms tidak disarankan mengonsumsi obat-obatan jenis apapun selama masa kehamilan, apalagi kehamilan pada trimester pertama, bahkan dokter juga melarang menggunakan obat flu hingga usia kehamilan 28 minggu.

Ada beberapa jenis obat yang aman untuk dikonsumsi oleh Moms hamil saat usia kehamilan sudah lebih dari 28 minggu. Namu,  perlu diingat hindari obat yang bisa mengatasi beberapa gejala dalam satu obat sekaligus. Untuk meredakan demam moms bisa menggunakan paracetamol sedangkan untuk meredakan gejala flu yang biasanya disertai batuk sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter karena penanganannya tidak satu jenis sakit saja.

Cara mencegah flu pada Moms yang sedang hamil muda

  • Cukupi pola tidur
  •  Olahraga teratur
  • Menggunakan alat makan yang berbeda dengan orang lain
  • Menerapkan pola makan yang sehat
  • Hindari kontak langsung dengan orang yang sedang terkena flu
  • Pilih cara mengobati flu yang aman untuk Moms yang sedang hamil muda karena kondisi Janis pada usia kehamilan muda ini akan sangat rentan.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

722 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Batuk Pilek Ketika Hamil, Berbahayakah?

Batuk merupakan salah satu kondisi yang umum dialami semua orang, termasuk ibu hamil. Yuk simak bahaya dan cara mengatasi batuk ketika hamil.

Obat Flu Alami yang Aman Untuk Ibu Hamil

Flu merupakan penyakit yang umum menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil. Berikut merupakan cara alami yang aman untuk mengobatinya. Yuk, [...]

Tips Mengobati Batuk Ibu Hamil Secara Alami

Saat Moms sedang hamil, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi sembarangan obat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Moms mencoba alternatif berikut.

Obat Demam Untuk Ibu Hamil

Pada masa kehamilan daya tahan tubuh ibu hamil akan lebih lemah dibandingkan dengan perempuan yang sedang tidak hamil. Lantas, bagaimana cara [...]