Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pemerintah Sarankan Air Purifier untuk Ruangan Tertutup

BRANDS  |  MY STORY  |  12 Oct '21


Sejak akhir tahun 2019, dunia menghadapi tantangan yang mengharuskan semua orang menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru sebagai respon atas situasi pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Menurut laporan terakhir JHU CSSE COVID-19 Data per tanggal 1 Oktober 2021, tercatat ada 4,22 juta kasus Corona di Indonesia dengan angka kematian mencapai 142 ribu. Masa pandemi pun diperkirakan masih panjang karena walaupun sudah mulai ada kelompok orang yang divaksin, belum ditemukan vaksin dan pengobatan definitif COVID-19.

Menanggapi hal tersebut, pemerintah pun mengeluarkan berbagai kebijakan supaya penanganan kasus positif COVID-19 bisa berlangsung cepat tanpa menelantarkan aspek ekonomi dan sosial masyarakat. Kebijakan-kebijakan tersebut salah satunya tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

 

Dalam Kepmen tersebut, dijelaskan bahwa protokol kesehatan (Prokes) secara umum harus memuat Perlindungan Kesehatan Individu dan Perlindungan Kesehatan Masyarakat. Seperti yang sudah kita ketahui, penularan Corona terjadi ketika droplet mengandung virus SARS-CoV-2 masuk ke dalam tubuh melalui hidung, mulut, dan mata.

Baca juga: Moms, Yuk, Jaga Kualitas Udara Demi Hidup Sehat

Untuk perlindungan diri sendiri, setiap individu yang harus melakukan kegiatan di luar rumah atau tempat umum yang tertutup perlu menjalankan tindakan-tindakan berikut:

1. Menggunakan masker yang menutupi hidung, mulut, hingga dagu; jika menggunakan masker kain sebaiknya 3 lapis

2. Membersihkan tangan secara teratur dengan menggunakan sabun dan air mengalir atau cairan antiseptik berbasis alkohol/hand sanitizer

3. Menghindari menyentuh area wajah dengan tangan yang tidak bersih untuk meminimalkan kontaminasi droplet mengandung virus

4. Menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain atau jika tidak memungkinkan menjaga jarak maka diminta untuk menghindari kerumunan atau berdesak-desakan

5. Meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yaitu makan makanan bergizi, melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, istirahat minimal 7 jam sehari, dan menghindari faktor risiko penyakit

6. Meningkatkan kehati-hatian dalam beraktivitas di tempat dan fasilitas umum terutama bagi yang memiliki komorbid

Pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum juga perlu menerapkan Prokes yang terdiri dari unsur pencegahan, unsur penemuan kasus, dan unsur penanganan secara cepat dan efektif. Khususnya untuk unsur pencegahan yang meliputi kegiatan perlindungan, pengelola tempat dan fasilitas umum diminta menyediakan sarana cuci tangan atau hand sanitizer, mengatur jarak atau membatasi jumlah orang yang berkumpul dalam suatu ruangan tertutup, mendisinfeksi permukaan, ruangan, dan peralatan secara berkala, serta mengingatkan atau mengambil tindakan apabila ada perilaku masyarakat yang berisiko menularkan atau tertular COVID-19.

 

Di samping mengingatkan masyarakat untuk menjaga sirkulasi dan ventilasi udara tetap baik serta rutin merawat AC, pemerintah juga menyarankan untuk memasang air purifier terutama di pusat kebugaran. Faktanya, salah satu riset yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan bahwa air purifier yang menggunakan filter High-Efficiency Particulate Air (HEPA) dapat mengurangi paparan aerosol SARS-CoV-2 yang disimulasikan di lingkungan dalam ruangan, terutama apabila dikombinasikan dengan selalu menggunakan masker setiap saat (universal masking).

Baca juga: Seberapa Besarkah Kontribusi Udara Kotor Terhadap Penyakit Kanker Paru-paru?

Penelitian yang diketuai oleh William G. Lindsley selaku anggota Institut Nasional untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja CDC tersebut melibatkan simulasi seorang peserta rapat yang terinfeksi, yang ditempatkan di sebuah ruangan dengan 2 peserta yang tidak terinfeksi dan seorang pembicara yang tidak terinfeksi. Kemudian, 2 buah air purifier berfilter HEPA ditaruh di dekat peserta yang terinfeksi. Dari hasil simulasi, disimpulkan bahwa penggunaan 2 air purifier tersebut dapat mengurangi infeksi hingga 65% serta jika dibarengi dengan penggunaan masker tanpa dilepas-pasang dapat mengurangi paparan hingga 90%.

Merujuk pada anjuran pemerintah, penggunaan air purifier tentu saja tidak hanya efektif mencegah virus Corona di pusat kebugaran saja, tetapi juga di rumah dan di tempat publik misalnya di area perkantoran. Lebih lanjut, United States Environmental Protection Agency (EPA) menyarankan air purifier yang menggunakan filter HEPA serta sudah teruji dapat menghilangkan sebagian besar partikel dalam kisaran ukuran di bawah 1 μm, yang ditunjukkan dengan nilai Clean Air Delivery Rate (CADR). Namun, EPA tidak merekomendasikan air purifier yang dengan sengaja menghasilkan ozon di ruangan yang ditempati atau yang tidak memenuhi standar industri pembuatan ozon.

DREW Air Purifier bantu keluarga #BernafasLebihBaik

 

Bingung memilih air purifier yang efektif mencegah penularan virus Corona? DREW merilis 3 varian air purifier yaitu DREW Pure 1, DREW Pure 3, dan DREW Pure 5. Ketiganya dapat menjaga kualitas udara tetap bersih, segar, dan steril sehingga anggota keluarga bisa #BernafasLebihBaik sekaligus mematikan virus-virus berbahaya. Ketiga varian DREW Air Purifier juga mempunyai fitur unggulan carbon filter, HEPA 13, dan UV-C light. Dengan demikian, DREW Air Purifier efektif memfilter polutan, menghilangkan bau tidak sedap, dan membunuh kuman penyakit, alergen, bakteri, dan virus.

Cara kerja air purifier yang mempunyai filter HEPA 13 ini adalah membersihkan udara hingga 99,97%. Kemudian, udara yang telah disaring filter tersebut dialirkan ke tabung internal untuk disinari sinar UV-C. Jenis sinar ultraviolet ini dapat mematikan partikel-partikel mikro berbahaya termasuk virus. Udara bersih lalu dilepaskan ke ruangan. Moms juga tidak perlu khawatir DREW Air Purifier mengganggu tidur si Kecil karena perangkat ini tidak berisik meski nyala sepanjang hari.

DREW Pure 1

 

Salah satu keunggulan DREW Pure 1 adalah ukurannya yang compact menjadikannya mudah dibawa-bawa. Mempunyai slogan “small enough to fit anywhere, strong enough to clean any air”, DREW Pure 1 sudah terbukti tetap optimal membersihkan udara dari berbagai macam partikel pengotor udara.

DREW Pure 1 memiliki nilai CADR 60 alias jangkauannya hingga 15 meter persegi. Dengan begitu, Moms dapat meletakkannya di sudut kamar tidur atau ruang kerja dan perangkat ini akan tetap bekerja meng-cover seluruh sudut ruangan.

Fitur lainnya yang tak kalah penting, yaitu ambient night light, berfungsi sebagai lampu tidur yang membuat relaks, menghangatkan suasana, menurunkan stres, dan meningkatkan performa harian seluruh anggota keluarga.

Berbeda dengan perangkat pembersih udara lain yang desainnya kaku, DREW Pure 1 berdesain modern, minimalis, dan elegan. Moms dapat memilih varian warna putih atau abu-abu dan menempatkannya di ruangan tanpa mengganggu estetika ruangan.

Tidak hanya efektif basmi virus dan cantik, DREW Pure 1 juga hemat energi, loh, Moms! Perangkat ini hanya memakan listrik 45 Watt sehingga tidak menguras kantong jika dinyalakan 24 jam. Bahkan, Moms dapat mengatur lebih lanjut pemakaian energinya melalui multiple power options.

DREW Pure 3

 

Mengusung motto “clean air is for everyone at home”, DREW Pure 3 mampu memurnikan udara hingga 20 meter persegi (CADR 100). Karena itulah, perangkat ini cocok diletakkan di lingkungan rumah yang lebih luas yaitu di ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur.

Selain tenaga lebih besar dalam memfiltrasi udara kotor, DREW Pure 3 juga mempunyai filter udara 360 derajat (multi purification energy). Ini membuat proses pembersihan udara lebih maksimal.

Sama seperti DREW Pure 1, DREW Pure 3 hanya mengonsumsi 45 Watt listrik.  Opsi timer juga memudahkan Moms mengeset kapan perangkat mati dengan sendirinya untuk lebih mereservasi energi.

DREW Pure 5

 

Produk terbaru DREW Pure 5 didesain untuk dapat mendampingi aktivitas sehari-hari dengan mudah. Sesuai dengan slogannya “clean air made easy, DREW Pure 5 mudah sekali dioperasikan. Fitur Auto Mode memungkinkan Moms hanya perlu menekan satu tombol lalu perangkat akan menyesuaikan kekuatan pembersih udara dengan sendirinya sesuai kebutuhan.

Moms juga dapat dengan mudah mengetahui kualitas udara di sekitar ruangan melalui Indikator Kualitas Udara. Indikator tersebut dapat berubah warna serta secara otomatis menyesuaikan daya agar efektif memurnikan udara.

Tidak hanya itu saja, DREW Pure 5 juga sangat hemat penggunaan listriknya. Setiap pengoperasian perangkat ini hanya membutuhkan energi 38 Watt sehingga ekstra hemat walau dinyalakan sepanjang hari.

Patuhi Prokes untuk mencegah penularan COVID-19 di mana pun Moms dan anggota keluarga berada. Jaga kualitas udara di rumah tetap bersih dengan rutin bersih-bersih, periksa kelembaban dan sirkulasi udara, serta gunakan air purifier untuk hasil maksimal #BernafasLebihBaik

Referensi: CDC, EPA, JHU, Kemkes RI

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1896 Drew Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Mulai Lagi Beraktivitas, Optimalkan Nutrisi & Imun si Kecil

Setelah hampir 2 tahun di rumah saja karena pandemi COVID-19, anak kurang memiliki waktu untuk beraktivitas di luar rumah, khususnya ....

Dukung Si Kecil Miliki Cita-Cita Setinggi Langit

Mendampingi si Kecil menemukan jati diri sejak dini perlu persiapan yang matang. Sebagian besar anak bercita-cita dapat menciptakan sesuatu yang [...]

Cegah Stunting dan Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Nutrisi Lengkap

Cegah Stunting dan Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Nutrisi Lengkap Tinggi badan merupakan

Mom Kembali Bekerja, Gimana Merawat Si Kecil, Ya?

Pandemi COVID-19 yang sudah berjalan hampir 2 tahun ini tentunya menyebabkan banyak perubahan gaya hidup. Namun, ada juga sisi positifnya. Para [...]

Cara Pintar Stimulasi Si Kecil Sesuai Usia

Cara Pintar Stimulasi Si Kecil Sesuai Usia Seorang bayi tidak serta merta mempelajari semua

Tetap Happy Selama Kegiatan Belajar Mengajar

Tetap Happy Selama Kegiatan Belajar Mengajar Terkadang, orang tua tidak begitu memperhatikan

Bedtime Routine, Kualitas Tidur Si Kecil Menentukan Perkembangannya

Bedtime Routine, Kualitas Tidur Si Kecil Menentukan Perkembangannya Bedtime routine alias

Khawatir Perubahan Badan Pasca Melahirkan? Rawat Diri dengan Skin Care Alami

Saat seorang wanita hamil dan melahirkan, tubuhnya banyak berubah demi mengakomodasi janin yang kemudian lahir menjadi bayi. Perasa...

Sabun Bikin Si Kecil Alergi? Ini Tips Memilih Sabun Mandi yang Aman untuk Bayi

Salah Sabun Mandi Bikin Si Kecil Alergi? Ini Dia Tips Memilih Sabun Mandi yang Aman

Dukung Pertumbuhan Kini dan Nanti, untuk Si Kecil dan Bumi

Pentingnya menggunakan produk susu dengan kemasan ramah lingkunganSebagai upaya mendukung

Hindari Ruam Kulit, Pilih Skin Care Bayi Baru Lahir yang Aman Berikut Ini!

Hindari Ruam Kulit, Pilih Skin Care Bayi Baru Lahir yang Aman Berikut Ini! Kulit

Bantu Cegah Sensitivitas, Dukung Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Alergi makanan merupakan reaksi tubuh secara berlebihan terhadap jenis protein tertentu.

Mengapa Botol Susu Berbahan Kaca Lebih Baik untuk si Kecil?

Kepopuleran botol susu dari bahan kaca sempat menurun drastis ketika botol susu berbahan

Babyo Review Dr. Browns Transition Bottle #SolusiBelajarMinum dari Gelas

Mengajarkan si Kecil untuk minum dari Cup adalah salah satu tantangan Moms saat menyapihnya

Keluarga Kuat, Rahasia si Kecil Tumbuh Bahagia

Menghabiskan waktu bersama keluarga merupakan sebuah anugerah tersendiri, ya, Moms. Ikatan keluarga

EQ Kuat, Kunci Mencegah Depresi Sejak Dini

Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya tumbuh menjadi pribadi yang sehat, cerdas, dan bahagia.

Moms Harus Tahu: Ini Dia Perbedaan antara Teether dan Pacifier

Teething merupakan proses natural yang akan dialami oleh si Kecil. Proses tumbuh gigi ini biasanya

Moms, Ini Pentingnya Menggunakan Stroller Saat Mengajak Si Kecil Jalan-jalan di luar Rumah

Berada di luar ruangan merupakan pengalaman sensorik yang mengasyikkan bagi bayi dan balita. Si

Babyo Review: Dr. Brown’s Advantage + Prevent Pacifier

Semua bayi di dunia ini lahir dengan keinginan kuat untuk menyusu. Bahkan, di dalam kandungan pun,

Bagaimana Cara Bernapas dan Kualitas Udara dapat Membantu Diet Moms

Berat badan ideal merupakan impian bagi banyak orang. Selain karena tubuh proporsional membuat