Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Panduan MPASI Berdasarkan WHO

23 Mar '18


Hai mommies, kali ini saya mau sharing panduan MPASI yang selalu saya ikuti dari WHO untuk pemberian makan anak yang disingkat dengan AFATVAH. Berikut ini adalah panduan yang dibagi dalam beberapa kategori:

Age
Berdasarkan kesiapan pencernaan anak, MPASI mulai di berikan pada usia 6 bulan.

Frekuensi 
Dalam hal ini yang dimaksud adalah frekuensi pemberian makan. Dalam pemberian makan ini dibagi menjadi beberapa, yaitu :

  • Usia 6 bulan Si Kecil akan diberikan 1-2 kali sehari.
  • Usia 6-9 bulan diberikan 2-3 kali sehari dan diselingi dengan 2 kali makanan ringan
  • Usia 1 tahun keatas diberikan 3-4 kali sehai dan diselingi dengan 2 kali makanan ringan 

Amount
Banyaknya pemberian atau takaran makan. Jumlah makanan yang diterima Si Kecil haruslah diperhatikan, bagi Si Kecil yang baru saja diberikan MPASI agar lebih baik disesuaikan dengan kebutuhan lambung sang anak, jangan langsung banyak namun di tingkatkan secara perlahan. MPASI Umur 6 bulan (awal) mulai dengan 2-3 sdm setiap kali makan.  Adapun tingkatkan secara bertahap hingga setengah mangkok ukuran 250ml untuk usia 6-9 bulan. MPASI Setelah umur 9-12 bulan, diharapkan sudah mulai makan setengah sampai tiga perempat mangkok ukuran 250ml. MPASI Setelah umur 1 tahun, porsi rata-rata 1 mangkok ukuran 250ml.
Note ; 1sdm = 15mL (menggunakan sendok takar)

Texture
Textur makanan berdasarkan panduan WHO yang terbaru. 
Tahapan tekstur ini jangan terlalu cepat, tapi jangan pula terlalu lambat. Pada awal MPASI anak diberikan pure/bubur halus/lembut tetapi semi kental.  Patokan kekentalannya dinilai dari makanan tdk langsung tumpah mengucur, tapi jatuh perlahan.

  • Usia 8 – 9 bulan: Tekstur makanan anak mulai dibuat semakin padat, pada usia ini dapat dikenalkan bubur saring (sebaiknya hindari memblender makanan). Bisa juga diberikan makanan yg dicincang halus, tidak keras dan mudah dijumput oleh anak atau disebut dengan makanan lembek.
  • Usia 9 – 12 bulan: Dapat dikenalkan nasi tim yang kadar airnya disesuaikan dengan kemampuan anak mengunyah dan pada usia >12 bulan berlanjut menjadi makin meyerupai table food yang dinikmati oleh anggota keluarga yang lain.

Variety
Untuk perkenalan awal MPASI, sekitar 14 hari disarankan agar dikenalkan bubur kental/pure tunggal/menu tunggal, maksudnya adalah hanya terdiri dati satu jenis makanan. Setelah hari ke 15 anak bisa diberikan menu lengkap atau menu 4 bintang. Ini diperlukan untuk keseimbangan gizinya, karena saat ini sudah tidak memakai patokan empat sehat lima sempurna ya Moms.

Berikan makanan yang bervariasi agar kebutuhan nutrisi terpenuhi setiap harinya. Jangan lupa menambahkan lemak dalam makanan. Hindari pemberian gula dan garam untuk anak dibawah 1 tahun. Pemberian gula akan mengajarkan anak suka makanan yang manis sampai besar dan memiliki kecenderungan obesitas dan diabetes, sedangkan penambahan garam sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan kerja ginjal bayi. Rasa asin dan manis didapatkan dari rasa alami makanan saja.

Active/Responsive
Saat memberikan makan anak, diharapkan ada komunikasi dua arah, maksudnya, sebisa mungkin jaga kontak mata, berikan senyuman, ucapkan kata-kata positif untuk menyemangati atau menjelaskan makanan yg dimakan ke anak, sehingga anak akan merasa happy dan nyaman saat makan.

Hygiene
Menyiapkan segala sesuatu termasuk memasak makanan anak secara higienis. Ini akan sangat mempengaruhi kesehatan anak, minimal usahakan Moms selalu mencuci tangan dengan sabun.

Fyi, Selalu sesuaikan dengan situasi dan kondisi Si Kecil ya mommies, jangan pernah memaksa Si Kecil jika ia tidak mau makan karena dikhawatirkan akan menimbulkan trauma pada anak.

Semoga bermanfaat.

By: Dr.Nurul

 

 

 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

4763 Dr. Nurul Hidayati

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Penyelamat MPASI Bayi 6 Bulanku

Menaikkan berat badan anak kadang menjadi tantangan tersendiri buat para orang tua. Simak cerita berikut ini yuk!

Snack MPASI Potato Stick (12M+)

Anak kecil mana yang tidak suka kentang goreng? Alangkah baiknya jika kentang goreng kita modifikasi sehingga lebih sehat. Yuk, simak resep [...]

Resep MPASI Nasi Goreng, Rolade Ayam, Bola-bola Ayam Keju (12M+)

Moms, yuk coba resep nasi goreng, rolade ayam dan bola-bola ayam keju untuk si Kecil usia di atas 1 tahun berikut ini.

Snack MPASI Bayi 10 Bulan

Sering mencari variasi MPASI untuk anak diatas 10 bulan? Yuk, coba resep Tahu baso kukus ala Mom Mutia.

Tekstur, Frekuensi, dan Porsi MPASI menurut WHO

Bagi moms yang anaknya baru mau mulai MPASI pasti suka bingung ya kayak gimana sih MPASI yang harus diberikan ke si kecil?

MPASI Ikan Pindang ala Mom Fiko (18m+)

Ternyata ikan pindang bisa dijadikan menu MPASI. Yuk kita simak bagaimana resep dan cara membuatnya!

Porsi, Tekstur MPASI dan Takaran Air Putih

Mari pelajari porsi, tekstur, dan jumlah air putih yang tepat buat Si Kecil. Mom juga harus sesuaikan dengan usianya ya.

MPASI Tanpa MSG, Gula Dan Garam, Kenapa?

Bolehkah gula dan garam untuk MPASI? Topik yang sampai hari ini masih diperdebatkan. Yuk simak ulasan berikut.

Serba Serbi Memulai MPASI

MPASI merupakan asupan gizi yang sangat penting selain ASI. Namun, Moms harus memperhatikan saat yang tepat memberikannya.

Pro dan Kontra Gulgar Untuk Bayi

Bolehkan gula dan garam untuk MPASI? Topik yang sampai hari ini masih diperdebatkan. Yuk simak ulasan Mom Marlisa berikut.

Garam dan Gula untuk Bayi, Bolehkah?

Bolehkah memberikan garam dan gula untuk bayi? Yuk kita simak ulasan Mom Valent mengenai topik ini.