Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Panduan Imunisasi Anak, Vaksin Wajib, dan Kisaran Harganya

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  25 Aug '22


Tahukah Moms, bulan Agustus adalah bulan Imunisasi Anak Nasional?

Pengertian imunisasi adalah  proses untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara memasukkan vaksin. Virus atau bakteri yang sudah dibunuh, dilemahkan, atau bagian-bagiannya telah dimodifikasi inilah yang disebut dengan vaksin. 
Tujuan imunisasi adalah supaya si Kecil mendapatkan kekebalan dari penyakit berbahaya sesuai vaksin yang disuntikkan / diminum. Jika tujuan secara individu ini sudah tercapai, imunisasi bisa membantu membasmi penyakit di lingkungan endemik.
Namun, pembatasan mobilitas dan terganggunya pelayanan kesehatan di masa pandemi COVID-19 berdampak negatif pada jumlah anak yang menerima imunisasi. Padahal, orang tua dan tenaga kesehatan wajib memastikan anak-anak menerima imunisasi tepat waktu dan lengkap. Imunisasi merupakan hak anak yang dapat membantu mereka untuk tumbuh sehat dan terbebas dari penyakit, terutama yang dapat dicegah dengan vaksin.

Apa manfaat imunisasi bagi bayi?

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga menurunkan risko terserang penyakit dengan gejala yang parah
  • Membantu mencegah penyebaran penyakit di suatu tempat
  • Menurunkan risiko terjangkit penyakit yang dapat menyebabkan cacat atau kematian
  • Melindungi lingkungan sekitar dari risiko terjangkit penyakit
  • Menghemat waktu dan biaya, merupakan salah satu investasi kesehatan paling murah karena dapat membantu menghindarkan seseorang dari penyakit yang menghabiskan biaya pengobatan dan waktu dari kecil hingga dewasa
Menurut UNICEF, jika hak anak mendapatkan imunisasi tidak dipenuhi, akan ada 7 risiko yang dapat dialami anak, keluarga, dan lingkungan, yaitu:
  • Rentan terkena sakit berat yang seharusnya dapat dicegah dengan imunisasi
  • Meningkatkan risiko anggota keluarga lain terkena penyakit berbahaya
  • Menjadi penyebar wabah penyakit di lingkungan
  • Menghabiskan biaya tinggi untuk pengobatan dan perawatan
  • Menurunkan kualitas hidup anak dan keluarga
  • Menurunkan risiko harapan hidup, dan
  • Menyulitkan perjalanan dan sekolah di luar negeri

Pengertian imunisasi wajib

Imunisasi yang dikategorikan sebagai imunisasi wajib diberikan kepada anak sebelum usia 1 tahun. Indonesia menetapkan 5 jenis imunisasi wajib yaitu imunisasi Hepatitis B, imunisasi Polio, imunisasi BCG, imunisasi Campak Rubella (MR), dan imunisasi DPT-HB-HiB.

Pengertian dan jenis imunisasi wajib

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah mengeluarkan Panduan Imunisasi Anak yang berisi jenis-jenis imunisasi yang harus diberikan kepada si Kecil berikut saran waktu pemberiannya. Moms perlu tahu jenis-jenis imunisasi wajib berikut ini:

Imunisasi BCG

Tujuan imunisasi BCG adalah melindungi si Kecil dari penyebab penyakit TBC yaitu kuman berbahaya. Penyakit menular TBC menyerang paru-paru, otak, tulang, sendi, dan ginjal.

Imunisasi Polio

Polio menyerang sistem saraf di otak dan saraf tulang belakang. Penyakit menular akibat infeksi virus ini dapat menyebabkan meningitis, sesak napas, kelumpuhan, hingga kematian. Jenis vaksin polio yang ada di Indonesia biasanya adalah jenis tetes atau oral meski ada juga yang dalam bentuk suntik.

Imunisasi DPT

Difteri, Pertusis, dan Tetanus merupakan tiga penyakit yang dapat menyebabkan kematian pada bayi dan anak-anak. 

Penyakit Difteri menyerang selaput lendir di hidung dan tenggorokan dan memengaruhi kulit. Demam, lemas, gangguan penglihatan, hingga terbentuknya lapisan tipis abu-abu yang menutupi tenggorokan dan amandel merupakan beberapa gejala penyakit Difteri.
Sementara itu, Pertusis adalah penyakit yang sangat mudah menular dengan tanda-tanda khas batuk keras terus-menerus. Karena itulah, penyakit Pertusis dikenal juga sebagai batuk rejan. Penyebabnya adalah infeksi bakteri Bordetella pertussis yang menyerang saluran pernapasan.
Terakhir, penyakit Tetanus adalah infeksi bakteri yang menyebabkan kekakuan pada otot. Gejalanya antara lain kekakuan pada otot leher dan otot perut, ketegangan di otot sekitar bibir, kesulitan menelan, dan kesulitan bernapas.
Imunisasi Hepatitis B
Hepatitis B merupakan penyakit infeksi hati. Jika sudah dalam stadium parah, penderita Hepatitis B dapat mengalami komplikasi penyakit berbahaya misalnya sirosis dan kanker hati.
Si Kecil disuntik vaksin Hepatitis B di bagian otot pahanya. Namun jika terlahir dari ibu yang terjangkit Hepatitis B, petugas kesehatan juga akan menyuntikkan imunoglobulin Hepatitis B (HBIG) bersamaan dengan pemberian vaksin Hepatitis B. HBIG diberikan agar si Kecil mendapatkan kekebalan tubuh terhadap virus Hepatitis B secepatnya.
Imunisasi Campak
Campak merupakan salah satu vaksin yang masuk pada daftar imunisasi dasar lengkap Kemenkes RI. Imunisasi campak diberikan untuk mencegah penyakit campak atau measles. Gejala measles di antaranya ruam kemerahan di seluruh tubuh, demam tinggi, mata merah, batuk, diare, mual, muntah, dan peradangan lapisan hidung.
Imunisasi MR / MMR
Vaksin MR (measles & rubella) diberikan untuk mencegah penyakit campak dan campak Jerman. Sedangkan vaksin MMR (mumps, measles, & rubella) mencegah kedua penyakit di atas ditambah penyakit mumps alias gondongan.
Gejala penyakit campak Jerman berbeda dengan campak pada umumnya. Anak-anak yang menderita penyakit rubella biasanya menunjukkan gejala ruam, demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, mata merah, dan mata gatal.
Sementara itu, gejala penyakit gondongan yang khas adalah bagian bawah telinga bengkak. Mumps dapat disertai gejala kehilangan nafsu makan, kelelahan, nyeri sendi, sakit kepala, dan demam.
Imunisasi PCV
Vaksin Pneumococcal conjugate vaccine (PCV) dimaksudkan untuk mencegah penyakit radang telinga, meningitis, pneumonia, dan penyakit lain akibat infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae.

Imunisasi Rotavirus

Tujuan imunisasi Rotavirus adalah mencegah diare berat pada bayi akibat Rotavirus. Virus tersebut juga dapat menyebabkan peradangan lambung dan usus halus. Hal tersebut bisa terjadi karena bayi belum memiliki sistem pencernaan yang sempurna serta kekebalan tubuhnya masih kurang terbentuk.

Imunisasi HPV

Human Papillomavirus (HPV) adalah virus yang dapat menyebabkan infeksi di kulit, kutil kelamin, hingga kanker serviks. HPV dapat ditularkan kepada bayi lewat proses melahirkan. Gejala infeksi HPV pada bayi dan anak-anak di antaranya muncul kutil, mata merah atau konjungtivitis, dan masalah pada saluran pernapasan.

Pengertian dan jenis imunisasi tambahan

Imunisasi tambahan adalah rangkaian vaksinasi yang jenisnya di luar yang sudah diwajibkan Kemenkes.

Meski sudah mendapatkan imunisasi wajib, si Kecil juga sangat perlu mendapatkan imunisasi tambahan. Jenis vaksin pada imunisasi tambahan dapat diberikan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan si Kecil.
Imunisasi Tifoid
Demam tifoid disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Penyakit yang sering dikenal sebagai tipes ini ciri-cirinya demam tinggi, dehidrasi, diare, sembelit, keringat berlebih, batuk-batuk, dan nafsu makan berkurang.
Imunisasi Varisela

Vaksin Varisela diberikan kepada si Kecil untuk mencegah chicken pox alias cacar air. Penyakit menular yang disebabkan oleh virus Varicella zoster ini memiliki gejala khas ruam-ruam merah di sekujur tubuh yang berisi cairan. Badan yang dipenuhi ruam tersebut sangat gatal sehingga menimbulkan perasaan tidak nyaman. Selain itu, gejala lain cacar air yang sering muncul adalah hilang nafsu makan, sakit kepala, demam, dan kelelahan.
Imunisasi Influenza
Sesuai namanya, imunisasi influenza melindungi si Kecil dari beberapa jenis Influenza. Usia paling dini untuk mendapatkan vaksin ini adalah 6 bulan. Kemudian, vaksinasi diulang lagi setiap tahun sekali mulai usia 18 bulan sampai dengan 18 tahun. 
Imunisasi Hepatitis A
Virus Hepatitis A jika menyerang tubuh dapat memicu peradangan organ hati. Biasanya, dalam satu kali vaksin bisa diberikan vaksin Hepatitis A saja, Hepatitis A dan B, atau Hepatitis A dan demam Tifoid. Gejala Hepatitis A mirip dengan Hepatitis B yaitu demam, mual, muntah, nyeri perut, nyeri otot dan sendi, kuning di mata dan kulit, badan gatal-gatal, dan urine berwarna coklat.
Imunisasi Dengue
Nyamuk Aedes aegypti yang menggigit manusia dapat menyebabkan penyakit demam berdarah Dengue. Gejala awalnya adalah demam tinggi, badan terasa capek, batuk, dan pilek. DBD dapat menimbulkan komplikasi penyakit seperti syok, perdarahan internal, kegagalan organ, hingga kematian.
Imunisasi JE
Japanese encephalitis (JE) adalah virus yang menyebabkan radang otak. Virus ini disebarkan melalui gigitan nyamuk Culex yang terinfeksi virus JE. Adapun gejala infeksi JE antara lain sakit kepala, mual, lemas, demam, menggigil, hingga kejang-kejang.

Berapa biaya imunisasi bayi?

Untuk menyukseskan gerakan imunisasi, Moms tentu harus mengetahui jadwal imunisasi anak baik itu imunisasi wajib, tambahan, primer, dan booster. 
Imunisasi primer adalah kategori imunisasi dosis utama yang bertujuan untuk memberikan imunitas kepada yang divaksin. Sedangkan imunisasi booster diberikan setelah imunisasi primer lengkap dengan tujuan mempertahankan tingkat kekebalan sekaligus memperpanjang masa perlindungan.
Berikut ini kisaran biaya imunisasi lengkap bayi baru lahir hingga usia 18 tahun yang perlu Moms ketahui:
Nah, Moms, sekarang sudah tahu kan berapa total rincian biaya imunisasi anak? Terus pantau jadwal imunisasi supaya tidak ada yang terlewat waktu maupun dosisnya. Yuk, kita sukseskan bersama Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

3737 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Ingin Si Kecil Gemuk, Sehat, dan Cerdas? Yuk, Terapkan Prinsip Berikut!

Apa saja tips agar bayi baru lahir cepat gemuk dalam 1 minggu? Yuk, Moms, baca selengkapnya penjelasan berikut!

Rayyanza Semakin Membaik, Ini Cara Keluarga Gigi Merawat Si Kecil Saat Sakit

Anak bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad, jatuh sakit. Sebenarnya, Rayyanza sakit apa? Bagaimana pula cara merawat [...]

Pemerintah Siapkan Vaksinasi Pediatric COVID-19 Usia 6 Tahun ke Bawah

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah akan mulai menjajaki program vaksinasi anak di bawah 6 tahun.

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami [...]