Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Panduan Ibu Hamil Terkait Perkembangan Kehamilan di Minggu ke-16

PREGNANCY  |  14 Mar '19

Saat usia kehamilan sudah mencapai minggu ke-16, Moms akan dikejutkan dengan adanya perubahan signifikan yang terjadi pada janin. Moms sudah dapat merasakan janin di dalam perut. Secara fisik, perut Moms juga sudah terlihat membesar seiring dengan semakin membesarnya janin di dalam rahim. Simak panduan perkembangan kehamilan di minggu ke-16 berikut ini.

Panduan Perkembangan Usia Kehamilan 16 Minggu

  1. Moms Dapat Merasakan Pergerakan Janin
    Saat masuk usia kandungan 16 minggu, janin sudah mulai berkembang dengan baik. Moms dapat merasakan adanya pergolakan di dalam perut saat si Kecil menendang-nendang.
    Meskipun demikian, tendangan pertama si Kecil saat usia kandungan 16 minggu masih sangat lemah. Bahkan, mungkin Moms akan salah mengira bahwa gerakan perut tersebut sebagai masalah pencernaan terutama jika Moms baru pertama kali hamil.

  2. Organ Janin Mengalami Pendewasaan
    Dalam perkembangan kehamilan di minggu ke-16 ini, organ janin akan mengalami pendewasaan. Telinga luar sudah terbentuk dan mengeras. Begitu pula dengan pendengaran yang semakin berkembang sampai usia 7 bulan. Janin akan mulai merespon suara dari ibunya.
    Setelah itu, mata atau indera penglihatan sudah mulai sensitif dengan cahaya yang mengarah ke matanya. Jika ada sinar terang datang dari atas perut Moms, si Kecil akan bereaksi dengan cara menutup matanya dengan menggunakan tangan.

  3. Detak Jantung Janin Dapat Dideteksi
    Pada usia kehamilan minggu ke-16, ukuran janin tumbuh menjadi sebesar kira-kira 16 cm dengan berat sekitar 135 gr. Detak jantung sudah bisa dideteksi melalui USG. Si Kecil sudah dapat melakukan gerakan sederhana seperti mengisap jempol tangannya. Moms dapat merasakan gerakan janin dengan meraba perut.

  4. Moms Mungkin Mengalami Dyspnea
    Beberapa ibu hamil mungkin merasa sedikit terengah-engah saat bernapas. Hal ini sangat umum terjadi pada ibu hamil. Sebagian ibu hamil mengalaminya saat trimester kedua masa kehamilan.
    Penyebab Dyspnea adalah hormon kehamilan pada tubuh yang merangsang pusat pernapasan. Hormon tersebut membuat frekuensi pernapasan meningkat. Moms mungkin akan sulit bernapas meskipun sedang hanya melakukan kegiatan sederhana seperti mandi.

Tips Menjaga Kehamilan pada Minggu ke-16

Cek Kehamilan ke Dokter Kandungan

Pada usia kandungan di minggu ke-16 ini, melakukan cek atau pemeriksaan rutin ke dokter sangat dianjurkan. Moms dapat mengetahui bagaimana perkembangan bayi dari awal hingga saat ini.

Moms juga dapat mengetahui gula dalam urin dan mengetahui kecukupan gula glukosa di dalam tubuh. Si Kecil dalam kandungan sangat bergantung kepada Moms dalam mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Memastikan tubuh memiliki kadar gula darah yang cukup di dalam tubuh tentunya menjadi penting untuk Moms perhatikan.

Tes Perkembangan Kehamilan

Jika sudah masuk minggu ke-16 dan 18, dokter mungkin akan melakukan tes dengan mengukur kadar AFP atau alfa-fetoprotein. AFP ini termasuk protein yang dihasilkan oleh janin, estriol dalam darah ibu, dan hormon HCG kehamilan.

Dokter juga akan mengukur kadar inhibin A dalam tubuh Moms. Jadi, dengan melakukan serangkaian tes darah dan USG, Moms akan mendapatkan hasil dengan mengetahui perkembangan kehamilan di minggu ke-16. Tes ini juga akan mengetahui risiko terhadap penyakit neural tube defects atau penyimpangan kromosom.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

Copyright by Babyologist

189 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories