Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pahami Berbagai Macam Kontraksi Persalinan

PREGNANCY  |  22 Jul '18


Kontraksi merupakan tanda awal persalinan ketika melahirkan. Kontraksi atau disebut juga dengan His merupakan peregangan pada dinding rahim. Akan tetapi, tidak semua kontraksi merupakan tanda bahwa Moms akan segera melahirkan. Kontraksi timbul karena gerakan bayi, baik berupa tendangan dan semacamnya ataupun karena aktivitas yang membuat Moms kelelahan.

Oleh karena itu, kontraksi persalinan dapat dibagi menjadi 3 macam. Ada kontraksi palsu, kontraksi dini, dan kontraksi asli.

Apakah perbedaan dari 3 macam kontraksi persalinan tersebut?

  1. Kontraksi Persalinan Palsu
    Kontraksi persalinan terjadi akibat aktivitas Moms yang terlalu berat sehingga mengalami kelelahan. Biasanya kontraksi  persalinan akan terjadi pada saat kehamilan memasuki usia 32-34 minggu. Lamanya kontraksi persalinan palsu tidak terjadi secara konstan, tapi pada umumnya terjadi setiap 30 menit sekali dengan lama kontraksi sekitar 20 detik hingga 2 menit. Ketika mengalami kontraksi persalinan palsu, Moms akan mengalami rasa nyeri saat kram haid. Cara untuk menghilangkan kontraksi ini adalah berendam di air hangat.

  2. Kontraksi persalinan dini
    Kontraksi persalinan ini terjadi pada trimester pertama kehamilan. Ini terjadi akibat dari adanya kehamilan yang memaksa tubuh untuk beradaptasi terhadap bentuk perubahan yang terjadi pada tubuh.  Pengaruh hormon progesteron yang dihasilkan plasenta menyebabkan kondisi rahim relatif menjadi lebih tenang sehingga janin di dalam perut Moms tidak terancam abortus atau keguguran. Moms dapat menghilangkan kontraksi ini dengan beristirahat. Seperti halnya kontraksi persalinan palsu, Moms perlu mewaspadai juga jika kontraksi persalinan ini terjadi secara konstan disertai dengan keluarnya bercak darah. Segera periksa dan konsultasikan dengan bidan atau dokter kandungan tentang keadaan ini.

  3. Kontraksi persalinan asli
    Secara umum kontraksi menjadi tanda bahwa proses persalinan akan segera dimulai. Perlu untuk Moms ketahui, untuk kontraksi persalinan asli ini mekanismenya sama seperti ketika muntah. Pada saat terjadi kontraksi, rahim akan mengalami kondisi meregang dan menyusut. Menyusutnya rahim membuat serviks terbuka dan mendorong agar bayi keluar. Kontraksi sangat diperlukan untuk mekanisme persalinan secara normal.

Ciri-ciri dari kontraksi ini adalah frekuensinya teratur dengan lama kontraksi yang semakin panjang, hingga lebih dari 5 kali dalam 10 menit. Akan tetapi, jika Anda masih ragu apakah kontraksi persalinan ini adalah kontraksi persalinan asli atau tidak, Moms bisa berendam di air hangat. Karena kontraksi asli akan terasa makin kuat ketika berada di air hangat. Jika masih ragu juga, Moms dapat memastikannya ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2112 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Mom Berkah merangkum beberapa mitos mengenai kehamilan dan fakta dibaliknya. Simak selengkapnya di sini.

Faktor Pendukung Hamil Anak Kembar

Mempunyai anak pasti suatu anugerah ya Moms, apalagi jika si Kecil merupakan kembar. Tapi ketahuilah Moms, ada beberapa faktor yang berpengaruh [...]

Manfaat Semangka Bagi Ibu Hamil

Tahukah Moms, semangka memiliki kandungan nutrisi yang melimpah dan sangat bermanfaat baik untuk ibu hamil maupun janin.

6 Penyebab Bayi Sungsang

Penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab bayi sungsang agar Anda dapat menghindari permasalahan ini.

Benarkah Gigi Berlubang Bisa Menyebabkan Kelahiran Prematur?

Menjaga kesehatan rongga mulut sangat penting bagi ibu hamil. Apalagi karena daya tahan ibu hamil menjadi makin lemah.

Hamil Melalui Promil Alami

Apakah anda sedang mencoba untuk hamil? Perlukah promil seperti inseminasi? Apakah ada promil alami yang bisa dicoba? Yuk simak berikut ini.

Tips Recovery Setelah C-Section

Mau tau tips agar cepat pulih setelah C-Section? Yuk kita simak bersama tips berikut ini.

Mual Saat Hamil, Normalkah?

Hal yang paling sering dikelukan oleh ibu pada awal kehamilan adalah rasa mual, bahkan ada yang hingga mengganggu aktivitas. Mau tau tips [...]

6 Langkah Atasi Bapil Ibu Hamil Di Rumah

Ikuti 6 langkah sederhana berikut ini untuk atasi gejala batuk pilek pada ibu hamil!

Mencegah Keguguran di Trimester Pertama

Trimester pertama rawan dengan banyak resiko, salah satunya adalah keguguran. Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah hal ini?

Tips Memilih Dokter Kandungan

Moms-to-be, memilih dokter kandungan adalah keputusan yang sangat penting. Yuk simak tips dari Mom Meiliyanti berikut ini.

Waspadai Hal-Hal Ini Saat Hamil

Masalah dalam kehamilan tidak boleh dianggap remeh. Hal-hal ini perlu diwaspadai supaya mencegah yang tidak diinginkan.

8 Manfaat Pijat Ibu Hamil

Pijat bukan hanya untuk membuat tubuh merasa baik, terapi pijat datang dengan banyak manfaat

Memilih Bersalin Normal atau C-Section?

Melahirkan normal atau caesar yah? Mari simak bersama ulasan detail dari Mom Feimi berikut ini. Thanks for sharing Mom!

Air Ketuban Terlalu Banyak Saat Hamil

Dalam kasus dimana ibu hamil memiliki cairan ketuban yang berlebih, apa yang sebaiknya dilakukan? Mari simak ulasan berikut.

Tanda Bahaya Pada Kehamilan

Bagi moms-to-be, ada beberapa hal yang harus segera mendapatkan medical attention jika terjadi pada anda. Mari simak berikut ini.

Pregnancy - Week 16

Apa sih yang terjadi di minggu ke-enam belas kehamilan?

Pregnancy - Week 15

Apa sih yang terjadi di minggu ke-lima belas kehamilan?

Pregnancy - Week 13

Apa sih yang terjadi di minggu ke-tiga belas kehamilan?

Pregnancy - Week 12

Apa sih yang terjadi di minggu ke-dua belas kehamilan? Yuk cari tahu lebih lagi