Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Pahami 20 Tanda Kelahiran Sudah Dekat

PREGNANCY  |  28 Feb '19

Melahirkan merupakan sebuah momen yang paling dinantikan oleh setiap Mom dan pastinya keluarga. Sebab pada saat inilah Moms dapat merasakan perjuangan saat melahirkan dan melihat sang buah hati yang telah lama di idam-idamkan. Sayangnya, hampir semua Mom sebelum melahirkan merasakan perasaan tegang, takut dan khawatir, terutama jika ini adalah persalinan pertama. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya anda mengenali tanda-tanda melahirkan berikut:

  1. Posisi bayi semakin turun

    Pada saat usia kandungan sudah memasuki trimester akhir atau sekitar 4 minggu menjelang persalinan, biasanya bayi yang ada dalam kandungan akan mulai merosot atau turun kebawah, yaitu bayi mulai turun dan masuk kearea panggul. Saat bayi turun artinya bayi sedang mengatur ulang posisi tubuhnya untuk mempersiapkan persalinan nanti yaitu posisi kepala ada dibawah.

  2. Leher rahim mulai terbuka 

    anda-tanda melahirkan yang paling awal yaitu ditandai dengan leher rahim mulai terbuka lebar dan menipis. Namun leher rahim tidak akan langsung terbuka lebar, tetapi sedikit demi sedikit leher rahim akan mulai membesar sampai dengan 10cm. Pelebaran leher rahim biasanya diikuti dengan kontraksi yang teratur, dan pelebaran leher rahim biasanya mulai terjadi pada seminggu atau beberapa hari mau melahirkan.

  3. Perut terasa nyeri dan keram 

    Selama masa kehamilan biasanya Moms akan mengalami sakit pada bagian perut, namun menjelang persalinan biasanya sakit perut tersebut akan terasa seperti kram pada bagian bawah perut dan disertai dengan sakit punggung yang semakin parah. Selain itu, anda akan mengalami rasa sakit di bagian paha. Rasa sakit tersebut biasanya dikarenakan otot dan sendi tubuh sedang mengalami peregangan dan mulai bergeser untuk mempersiapkan persalinan.

  4. Berat badan turun

    Biasanya selama masa kehamilan Moms akan terus mengalami kenaikan berat badan, namun pada saat menjelang persalinan justru sebaliknya. Berat badan akan turun, hal ini normal terjadi, karena pada saat menjelang persalinan Moms akan mengalami pecah ketuban, dan akan kehilangan beberapa kilo dari cairan ketuban.

  5. Air ketuban pecah

    Air ketuban pecah merupakan salah satu tanda-tanda melahirkan yang pasti, air ketuban pecah menunjukan bahwa waktu persalinan sudah semakin dekat.

  6. Persendian tubuh terasa lebih teratur

    Pada saat menjelang persalinan, tubuh  akan memproduksi hormone relaksin, hormone tersebut dapat membuat ikatan sendi akan terasa lebih lunak dan membuat tubuh akan terasa lebih lentur. Hal ini terjadi karena sendi panggul sedang memberikan ruang yang cukup untuk bayi agar pada saat persalinan nanti mudah keluar.

  7. Sering buang air besar

    Tanda-tanda melahirkan selanjutnya yaitu meningkatnya frekuensi buang air besar, menjelang persalinan Moms akan semakin sering BAB bahkan diare. Hal ini disebabkan oleh hormone yang diproduksi oleh tubuh untuk mempermudah proses pesalinan akan berpengaruh terhadap sistem pencernaan, sehingga hal tersebut menyebabkan mejadi lebih sering buang air besar.

  8. Cairan keputihan kental

    Tiga atau dua minggu menjelang persalinan biasanya cairan keputihan akan menjadi lebih kental dari biasanya, hal ini dikarenakan usia kandungan yang sudah semakin tua.

  9. Keluar lendir disertai dengan darah

    Selain keputihan, pada saat menjelang persalinan biasanya ibu hamil akan mulai mengeluarkan cairan lendir yang disertai dengan darah, cairan tersebut biasanya berwarna kecoklatan atau kemerahan. Hal tersebut dianggap normal, karena disebabkan oleh leher rahim yang sudah mulai membuka.

  10.  Kontraksi semakin rutin

    Menjelang persalinan, tanda-tanda melahirkan yang pasti dialami oleh ibu hamil yaitu kontraksi. Namun terkadang kontraksi tersebut ada yang palsu dan ada kontraksi yang asli. Kontraksi palsu biasanya hanya terjadi beberapa kali saja dalam beberapa jam, dan rasanya tidak terlalu sakit. Sedangkan kontraksi asli akan semakin sering, rasanya semakin kuat dan berlangsung lebih lama.

  11. Nyeri pada selangkangan

    Selain nyeri pada bagian perut, paha dan punggung, menjelang beberapa jam menuju persalinan biasanya ibu akan mengalami nyeri pada bagian selangkangan. Hal ini disebabkan karena tekanan dari kepala bayi yang sudah turun kearea rangka tulang pelvis.

  12. Perut terasa keras

    Perut yang semakin terasa keras disebabkan oleh bayi yang sudah turun kearea mulut rahim.

  13. Perut bagian atas terasa kosong

    Setelah posisi bayi sudah berada dibawah dan masuk kearea pinggul ibu, biasanya perut bagian atas akan terasa kosong, namun perut bagian bawah akan terasa lebih besar.

  14. Gerakan janin melambat

    Beberapa jam menuju persalinan, biasanya ibu akan merasakan tanda-tanda melahirkan yaitu gerakan janin terasa melambat. Hal ini terjadi karena bayi sedang mengatur posisi tubuhnya dan siap untuk keluar.

  15. Bentuk tubuh berubah

    Dari awal hamil sampai menuju persalinan, secara alami bentuk tubuh ibu akan mengalami perubahan yang cukup signifikan. Namun pada saat menjelang persalinan, beberapa bentuk tubuh akan mengalami perubahan seperti bentuk tulang kemaluan yang semakin melebar dan dasar panggul semakin lunak, hal ini terjadi untuk mempermudah jalan lahir pada janin.

  16. Kondisi psikologi ibu berubah-ubah

    Setiap ibu yang sedang hamil pasti akan mengalami kondisi psikologi yang tidak stabil, namun pada saat menjelang persalinan emosi ibu akan cepat sekali berubah-ubah, ada gejolak-gejolak energi yang berlebihan dan keinginan untuk menyendiri.

  17. Sulit untuk tidur

    Menjelang persalinan, hal yang paling dirasakan oleh ibu hamil yaitu akan mengalami gangguan sulit tidur. Hal ini disebabkan karena kondisi perut ibu yang semakin membesar dan membuat ibu bingung dalam menentukan posisi tidur yang tepat.

  18. Mual disertai dengan muntah-muntah 

    Saat menjelang persalinan, hormon yang dproduksi oleh tubuh untuk memudahkan persalinan akan membuat usus semakin lebih sering bergerak, dan hal ini akan menyebabkan rasa mual dan bahkan disertai muntah-muntah.

  19. Merasa lebih semangat

    Biasanya ketika masa kehamilan dan perut sudah semakin besar anda akan merasa mudah lelah, namun ketika beberapa hari menjelang persalinan justru sebaliknya. Moms akan merasa lebih bertenaga dan bersemangat dan cenderung ingin melakukan berbagai aktifitas seperti beres-beres rumah.

  20. Menggigil

    Terakhir, tanda-tanda melahirkan semakin dekat yaitu suhu tubuh ibu hamil akan meningkat dan bahkan tubuh  akan terasa menggigi seperti kedinginan. Hal ini wajar-wajar saja, karena hampir semua Moms hamil  ketika menjelang persalinan akan merasakan kondisi seperti ini.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

Copyright by Babyologist

34315 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories