Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Obat Flu Alami Untuk Ibu Menyusui

HEALTH TIPS  |  23 Nov '17


Gejala flu yang sering terjadi seperti hidung meler, hidung tersumbat, nyeri tubuh, nyeri otot, tidak nyaman dan sakit kepala bisa mengganggu proses menyusui bayi. 

Berikut ini beberapa rekomendasi obat flu yang paling aman dan efektif untuk ibu menyusui:

Konsumsi makanan tinggi mineral seng
Semua jenis makanan yang mengandung seng dalam jumlah yang tinggi bisa membuat flu cepat sembuh, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, tiram, daging sapi, sereal dan gandum bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ibu menyusui bisa mengkonsumsi makanan tinggi seng dengan cara memasak semua makanan ini hingga matang.

Makan sup ayam kampung
Berbagai jenis bahan-bahan dari sup ayam kampung seperti sup kaldu ayam, wortel, brokoli dan jenis biji-bijian bisa membantu mencegah peradangan, melawan perkembangan virus dalam tubuh, dan membantu ruang pernafasan menjadi lebih baik. Sup ayam kampung juga sangat sehat karena menjadi makanan untuk memperbanyak ASI dan makanan pasca keguguran. 

Teh Echinacea
Teh echinacea adalah bahan herbal yang sangat aman untuk ibu menyusui, yg bisa mencegah infeksi menjadi lebih parah dan membantu agar tubuh menjadi lebih bugar. Bahkan teh echinacea bisa membantu ibu menyusui agar tidak menderita flu yang parah.

Ekstrak minyak zaitun
Ada berbagai manfaat dari minyak zaitun seperti untuk mengatasi hidung tersumbat, asma, sakit kepala dan juga membuat tubuh bisa kuat melawan infeksi virus flu. Minyak zaitun mengandung bahan dekongestan yang akan membuat hidung menjadi lebih nyaman, menghilangkan meler atau pilek berlebihan, makanan sehat awal kehamilan dan bisa menjadi cara menghilangkan stretch mark saat hamil. 

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C
Beberapa jenis sumber makanan yang mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk, kiwi, paprika, dan stroberi sangat baik untuk ibu menyusui. Namun konsumsi berlebihan sebaiknya tidak dilakukan karena bisa menyebabkan reaksi tidak nyaman seperti sakit kepala, kram perut, mual dan muntah.

Bawang putih
Bawang putih sangat baik untuk membantu menjaga agar tekanan darah normal, mencegah infeksi akibat flu, dan membantu mencegah kolesterol tinggi. Kandungan senyawa alisin dalam bawang putih bisa membantu mengatasi infeksi flu untuk ibu menyusui. Selain itu bawang putih sangat baik untuk membantu ASI menjadi lebih lancar. Anda bisa mencoba untuk menambahkan bawang putih sebagai bumbu alami dalam sup atau mencoba membuat teh dari bawang putih segar. 

Gingseng
Gingseng bisa bekerja untuk meredakan stres, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi yang berlebihan akibat virus dalam tubuh. Anda bisa mencoba untuk membuat teh dari akar gingseng yang sudah dikeringkan. Gingseng dalam bentuk suplemen juga bisa digunakan asalkan tidak berlebihan.

Minum teh hijau
Ekstrak teh hijau juga mengandung bahan antioksidan dan polifenol yang sangat baik untuk mencegah peradangan dalam tubuh dan membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Konsumsi teh hijau rutin bisa menjadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Namun ketika dikonsumsi saat hamil bisa menjadi minuman yang menyebabkan keguguran. 

Teh lemon dan madu
Lemon bisa diambil pada bagian air perasan atau bulir lemon dan Anda juga bisa menggunakan bagian kulit lemon. Semua nutrisi untuk mengobati virus flu ada di semua bagian termasuk kulit dan bagian buah. Sementara madu mengandung mineral lengkap yang akan meningkatkan nafsu makan, mengatasi batuk, demam dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mencoba untuk membuat teh dari bahan air perasan lemon dan madu. Jadi dapatkan manfaat madu untuk ibu menyusui sekaligus menyembuhkan flu.

Yogurt
Dalam yogurt mengandung bakteri alami yang bisa membantu meningkatkan kesehatan secara langsung pada organ pencernaan. Karena itu ibu menyusui bisa mencoba makan yogurt secara rutin. Namun ibu menyusui sebaiknya mengkonsumsi jenis yogurt alami yang dibuat dari bahan organik dan sudah melewati proses sterilisasi. 

Cobalah berjemur
Vitamin D dari sinar matahari juga sangat baik untuk menjaga aliran darah dalam tubuh, membuat paru-paru menjadi lebih bersih dan membantu mengatasi nyeri otot akibat infeksi virus flu. Pastikan Anda berjemur dengan sinar matahari pagi saat tidak terlalu siang.

Minum susu
Susu dengan kandungan protein tinggi bisa membantu pencernaan menjadi lebih baik dan meningkatkan fungsi otot. Susu juga menjadi sumber kalori untuk ibu hamil sehingga tubuh tidak terlalu lemah. Bahkan kandungan protein dalam susu dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan virus dalam tubuh.

Yoga
Ketika Anda melakukan yoga maka tubuh bergerak secara aktif dan juga mendorong gerakan fisik yang lebih teratur. Yoga akan meningkatkan ketenangan dan juga membantu meningkatkan fungsi pernafasan. Yoga bisa dilakukan saat bayi sedang tidur atau ada orang lain yang membantu mengasuh bayi. Secara umum yoga akan meningkatkan kekebalan tubuh dan kemudian tubuh membentuk reaksi yang kuat terhadap virus flu. Yoga juga sangat efektif sebagai cara diet ibu menyusui yang aman dan mencegah sindrom baby blues setelah ibu melahirkan.

Latihan ringan atau olahraga
Berbagai jenis olahraga bisa membuat kekebalan tubuh meningkat secara alami. Namun olahraga tidak boleh dilakukan ketika tubuh ibu mengalami mual, demam tinggi, muntah dan sakit kepala. Beberapa jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan seperti peregangan dan jalan kaki. Olahraga juga membantu menjadi cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan caesar dan setelah melahirkan normal. 

Kayu manis
Kayu manis bisa membantu gula darah menjadi lebih stabil dan juga menjadi antibiotik paling alami untuk mencegah perkembangan virus flu dalam tubuh. Anda bisa mencampurkan satu sendok teh kayu manis bubuk dengan satu gelas air, kemudian rebus dan saring. Minum saat masih hangat agar tubuh menjadi lebih bugar. Kayu manis juga mengatasi hidung mampet dan batuk akibat flu.

Jangan lupa istirahat
Istirahat bisa menjadi cara yang sangat bijak untuk mengobati flu bagi ibu menyusui. 

Minyak kelapa
Minyak kelapa dipercaya bisa mengikat lemak buruk dalam tubuh dan mampu menjaga jumlah lemak sehat dalam tubuh. Anda bisa mencoba menggunakan minyak kelapa untuk memasak sayuran dan lauk.

Teh jahe
Teh jahe dibuat dengan cara merebus beberapa rimpang jahe dengan air panas, kemudian saring dan minum saat masih hangat. Anda bisa menambahkan lemon atau madu agar rasa teh jahe lebih nikmat. Jahe mengandung polifenol dan gingerol yang bisa membantu menurunkan demam, mencegah sakit kepala dan membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Teh Chamomile
Teh chamomile bisa menjadi alternatif untuk mengobati flu pada ibu hamil dan juga sebagai cara mengobati kista secara alami. Efeknya bisa membantu membuat tubuh menjadi lebih nyaman, mengatasi kualitas tidur yang buruk dan mencegah peradangan yang sering menyebabkan demam saat flu.

Obat medis untuk ibu menyusui
Efek obat akan sampai ke bayi karena obat diserap dalam ASI, jadi harus dikonsultasikan dl ke dokter sblm mengkonsumsi obat medis. Dibawah ini jenis kelompok obat medis yang aman untuk ibu menyusui.

  • Diphenhydramine
  • Guaifenesin
  • Ibuprofen (motrin dan advil)
  • Balsem Vicks Vaporub

Apapun obat yang akan Anda gunakan jika berkaitan dengan obat medis, maka Anda harus meminta persetujuan dengan dokter yang merawat. Sementara untuk perawatan herbal dan alami memang bersifat sementara . Jika flu terlalu berat maka sebaiknya Anda pergi ke dokter untuk mendapatkan resep yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Source: hamil.co.id

By: Felicia Denisa 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1429 Felicia denisa

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

[REVIEW MOMWID] BRAND'S Saripati Ayam, Essence of chicken

Ada yang pernah mendengar tentang sari pati ayam atau essence of chicken? Ternyata Saripati Ayam ini sangat bermanfaat untuk Ibu Menyusui [...]

Kenali Gejala Dan Penanganan Anemia Pada Si Kecil

Apa gejala anemia pada si Kecil? Apa yang harus dilakukan jika si Kecil terkena anemia?

Hal-Hal Sederhana Untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona Ala Mom Risny

Yuk simak cara Mom Risny menjaga keluarganya dari virus Corona.

What is Eczema?

What is Eczema?

Perhatikan Hal Berikut untuk Mencegah Virus Corona

Maraknya virus corona banyak membuat orang tua panik. Simak tips berikut agar si Kecil terhindar dari virus ini yuk Moms and Dads!

Penting untuk Diperhatikan Pasca Persalinan

Momen setelah bersalin tentu membahagiakan ya Moms and Dads. Tapi ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan loh! Yuk, simak berikut ini.

Tips Mengenakan Masker untuk Si Kecil Demi Mencegah Coronavirus

Mengenakan masker merupakan salah satu cara pencegahan si Kecil tertular virus Corona. Tapi bagaimana jika si Kecil menolak masker?

Mengatasi Sinusitis Pada Balita

Pernah mendengar balita terkena sinusitis? Apa tandanya? Bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak berikut ini!

Pengalamanku Alami Wasir Stadium 3 Pasca Melahirkan

Wasir setelah melahirkan? Pasti ga nyaman ya Moms. Yuk simak cerita berikut ini.

Mengenal Kulit Bayi dan Cara Menjaganya

Atopic dermatitis adalah kelainan kulit kronis yang menyerang 15-20% anak-anak serta 3% orang dewasa.

Cara Membuat Mosquito Spray Repellent dengan Variasi Essential Oil

Salah satu fungsi minyak esensial adalah dapat digunakan sebagai anti nyamuk. Bagaimana cara membuatnya?

Apakah Suntik TT Aman? Bagaimana Jika Tidak Suntik TT Sebelum Menikah?

Vaksin TT akan membantu dalam pencegahan tetanus dan sangat diperlukan bagi calon pengantin.

Sindrom Marfan: Kelainan Genetik pada Jaringan Ikat Manusia

Kelainan genetik pada jaringan ikat ini paling umum memengaruhi mata, pembuluh darah, tulang & jantung.

Mengenal Gejala Sindrom Bipolar, Gangguan Kepribadian Ganda Serius

Sindrom bipolar adalah gangguan mental yang ditandai dengan perubahan suasana hati ekstrem dan fluktuasi tinggi.

Mengenal Sindrom Behcet, Kelainan Langka yang Menyerang Pembuluh Darah

Sindrom Behcet merupakan kelainan langka yang menyebabkan pembuluh darah di seluruh tubuh mengalami peradangan.

Sindrom Asherman, Sindrom Langka yang Pengaruhi Menstruasi

Apa itu sindrom asherman yang mempengaruhi menstruasi pada wanita? Yuk kenali lebih dekat sindrom langka ini

Campak Jerman Pada Busui Apakah Berbahaya?

Campak jerman atau yang dikenal dengan campak 3 hari, sebenarnya berbeda dengan campak pada umumnya loh Moms.

Sindrom Klinefelter dan Dampaknya Terhadap Kesuburan Pria

Sindrom Klinefelter adalah kondisi genetik yang cukup umum ditemukan hanya pada pria. Bagimana dampaknya pada kesuburan?

9 Gejala Diabetes Tipe 2 yang Harus Diwaspadai

Mengenali tanda-tanda dan gejala awal dari kondisi kronis ini sangat perlu agar penderita dapat segera dirawat.

Pengertian, Penyebab dan Gejala Penyakit Kista

Benjolan berbentuk kantung yang dapat muncul di mana saja di tubuh ini dapat dialami oleh semua kalangan usia.