Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Obat Demam Untuk Ibu Hamil

HEALTH TIPS  |  06 Jul '18


Obat meriang atau demam untuk ibu hamil sebenarnya mudah saja didapatkan, namun ibu harus tetap berhati-hati memilih jenis obat dan menggunakannya. Karena apapun yang dilakukan akan berdampak pada kondisi bayi yang sedang dalam kandungan.

Pada masa kehamilan daya tahan tubuh ibu hamil akan lebih lemah dibandingkan dengan perempuan yang sedang tidak hamil, hal ini disebabkan karena reaksi alami didalam tubuh agar bisa menerima Janin yang sedang tumbuh didalam Rahim. Oleh karena itulah infeksi virus dan bakteri akan lebih mudah menyerang.

Meriang dan demam yang menyerang ibu hamil tidak selalu berhubungan dengan bayi yang sedang dalam kandungan, agar dapat memastikannya sebaiknya Moms berkonsultasi dengan dokter.

Berikut ini merupakan beberapa jenis obat penurun demam yang harus dihindari ibu hamil :

  • Paracetamol
    Paracetamol aman digunakan oleh ibu hamil, hanya saja harus tetap waspada karena ibu tidak boleh mengonsumsi terlalu banyak dan dalam jangka panjang.
  • Ibuprofen 
    Ibuprofen adalah jenis obat yang harus dihindari oleh ibu hamil yang sedang berada dalam usia kandungan 30 minggu karena bisa menimbulkan efek samping keguguran. Bukan hanya pada usia dibawah 30 minggu, bahkan pada usia kandungan lebih dari 30 minggu juga tidak disarankan mengonsumsi obat jenis ini karena ada kemungkinan akan menimbulkan berkurangnya cairan ketuban dan bermasalah pada jantung bayi yang sedang dalam kandungan 

    Sebelum mengonsumsi obat penurun demam diatas sebaiknya Moms tetap berkonsultasi dulu dengan dokter, karena ditakutkan meskipun hanya paracetamol tapi bayi yang sedang Moms kandung sedang dalam keadaan kurang sehat. Akan lebih baik lagi jika Moms bisa menghindari meminum obat-obatan selama dalam masa kehamilan karena tidak selalu harus mengkonsumsi obat-obatan untuk mengobati demam atau meriang yang sedang ibu derita.

Berikut adalah cara untuk menghilangkan demam tanpa menggunakan obat-obatan:

  • Minum air putih lebih banyak dari biasanya untuk menghindari tubuh dari dehidrasi dan untuk mendinginkan tubuh
  • Tetap berada dalam ruangan yang sejuk atau ditempat yang teduh untuk membantu menurunkan suhu tubuh
  • Istirahatlah yang cukup untuk membantu tubuh anda memerangi penyebab demam
  • Hindari aktivitas yang berat
  • Kompres dahi dengan kain yang sudah dibasuh dengan air dingin dengan posisi tubuh berbaring
  • Jangan menggunakan pakaian berlapis lapis meskipun dalam keadaan dingin, jika sedang dalam keadaan dingin sebaiknya pakai selimut yang tidak terlalu tebal. Lepaskan selimut jika sudah tidak merasakan dingin

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

746 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Batuk Pilek Ketika Hamil, Berbahayakah?

Batuk merupakan salah satu kondisi yang umum dialami semua orang, termasuk ibu hamil. Yuk simak bahaya dan cara mengatasi batuk ketika hamil.

Obat Flu Alami yang Aman Untuk Ibu Hamil

Flu merupakan penyakit yang umum menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil. Berikut merupakan cara alami yang aman untuk mengobatinya. Yuk, [...]

Penanganan dan Pencegahan Flu Pada Ibu Hamil Muda

Umumnya gejala flu yang dirasakan pada saat hamil muda dengan tidak hamil adalah sama saja. Namun ibu hamil harus lebih waspada dalam [...]

Tips Mengobati Batuk Ibu Hamil Secara Alami

Saat Moms sedang hamil, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi sembarangan obat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Moms mencoba alternatif berikut.