Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Nutrisi Pendukung Generasi Platinum

BRANDS  |  FEEDING  |  HEALTH TIPS  |  06 Sep '18


Istilah “Generasi Platinum” akhir-akhir ini mulai muncul untuk membedakan macam-macam tipe generasi, seperti Generasi Baby Boomers (lahir 1946-1964), Generasi X (lahir 1965-1980), dan Generasi Y atau milenial/milenium (lahir 1981-2000). Bagaimana dengan anak yang lahir di awal abad 21 atau tahun 2000an? merekalah yang sering disebut sebagai “Generasi Platinum” yang bermakna sebagai sesuatu yang sangat bernilai.

Generasi Platinum hadir di saat teknologi komunikasi sudah sangat maju, sehingga mereka memiliki kemampuan yang tinggi dalam mengakses dan memanfaatkan teknologi tersebut. Generasi ini memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mengembangkan potensinya hingga menjadi manusia yang berkualitas serta produktif.

Sebagai orangtua pasti kita menginginkan Si Kecil bisa menjadi bagian dari Generasi Platinum. Generasi Platinum ini tidak hanya dinilai dari bidang akademis, melainkan juga di bidang non-akademis. Mereka adalah generasi yang siap untuk menjadi warga dunia yang multi-talented, dan disebutkan mereka adalah anak-anak yang siap menghadapi masa depan dengan bekal fisik yang sehat, kecerdasan intelektual, emosi dan spiritual.

Apa saja ciri-ciri anak generasi platinum? Berikut adalah 10 ciri/patokan Si Kecil bisa menjadi Generasi Platinum:

  1. Bertambahnya berat dan tinggi badan sesuai usia
  2. Postur tubuh tegap dan otot padat
  3. Rambut berkilau dan kuat
  4. Kulit serta kuku bersih dan tidak pucat
  5. Wajah ceria, mata bening dan bibir segar
  6. Gigi bersih dan gusi merah muda
  7. Nafsu makan baik dan buang air besar teratur
  8. Anak bergerak aktif dan berbicara lancar sesuai umur
  9. Penuh perhatian dan bereaksi aktif
  10. Tidur cukup dan nyenyak

Jelas untuk mencapai hal tersebut, banyak hal yang perlu dipersiapkan seperti stimulasi, pola asuh, perawatan kesehatan yang baik serta nutrisinya.

Khusus untuk nutrisi disebutkan ada 4 komponen utama yang harus diperhatikan untuk menunjang terbentuknya Generasi Platinum ini, yaitu:

  1. Nutrisi untuk Otak (brain care): Memegang peranan penting untuk pembentukan dan koneksi sel saraf otak. Ada 2 macam mutrisi yang dibutuhkan oleh otak: yaitu nutrisi makro dan mikro. Nutrisi makro dibutuhkan dalam jumlah besar seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Contohnya seperti Laktosa, whey protein alfa laktalbumin, asam lemak essensial AA/DHA, omega 3 dan 6. Sedangkan nutrisi mikro dibutuhkan untuk membantu sel-sel saraf terhubung satu dengan lain, yang meliputi folat, kolin, zat besi, dan iodium.

  2. Nutrisi untuk daya tahan tubuh optimal (body defense): Memegang peran penting untuk menjaga anak tetap sehat, terhindar dari penyakit dan infeksi. Nutrisi yang dibutuhkan adalah semua komponen yang ada di ASI seperti protein immunoglobulin, laktoferin, nukleotida, dan bifidus factor.

  3. Nutrisi untuk tumbuh optimal (body growth): memegang peran penting untuk pertumbuhan semua organ tubuh vital, tinggi dan berat badan yang optimal. Nutrisi yang dibutuhkan mencakup karbohidrat, lemak esensial, protein yang berkualitas seperti alfa laktalbumin, kalsium, fosfat, dan vitamin D.

  4. Nutrisi untuk kesehatan saluran cerna: Hal ini penting untuk menjaga semua makanan dan minuman yang dikonsumsi agar dapat diserap dengan baik, dan juga agar Si Kecil terlindungi dari bakteri yang jahat supaya tidak berkembang di saluran cerna. Nutrisi yang dibutuhkan seperti Prebiotik: FOS-GOS-inulin-laktulosa, dan probiotik bifidobakterium yang memang dominan pada usus anak.

Semua nutrisi makro-mikro di atas, tidak bisa berdiri sendiri dalam membentuk Generasi Platinum dan harus saling mendukung satu dengan yang lainnya. Tentunya pemberian nutrisi ini akan optimal dengan menerapkan stimulasi, pola asuh, lingkungan keluarga/sekolah, dan perawatan kesehatan yang baik.

 

Semoga bermanfaat.

Narasumber: dr. Muliaman Mansyur.

By: Babyologist Editor.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

943 Morinaga Platinum

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Moms, Inilah Segudang Manfaat Nutribaby+ Buat Ibu Hamil dan Menyusui

Ibu hamil dan menyusui membutuhkan banyak sekali nutrisi. Ketika hamil, seorang ibu butuh nutrisi

Jaga Gizi si Kecil di Saat Pandemi

Moms and Dads, yuk pastikan gizi si Kecil tercukupi dengan baik di masa pandemi ini.

Rahasia di Balik Tubuh yang Bebas Penyakit

Anak yang sehat dan bebas penyakit tentu menjadi dambaan bagi setiap orang tua.

Probiotik Terbaik bagi Kesehatan Si Kecil

Probiotik seperti apa yang baik bagi kesehatan tubuh si Kecil? Jangan sampai salah pilih ya Moms!

Pengaruh Suhu Makanan terhadap Kesehatan

Bukan hanya nutrisi makanan yang penting, ternyata suhu pada makanan juga perlu dipantau lho Moms!

Makanan yang Terbukti Mencerdaskan Anak

Kecerdasan seorang anak dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah asupan nutrisi yang lengkap dan simbang.

Pentingnya Nutrisi Makro dan Mikro untuk Kecerdasan Otak

Otak Si Kecil memerlukan nutrisi yang lengkap dan seimbang, contohnya seperti zat gizi makro dan mikro.

Cegah Infeksi Pernapasan dan Pencernaan dengan Laktoferin

Tubuh si Kecil rentan terserang infeksi pencernaan dan pernapasan, mari kita simak bagaimana cara mencegahnya.

Ingin Si Kecil Tetap Sehat dan Cerdas? Ikuti Langkah Berikut!

Si Kecil yang rentan terserang penyakit membutuhkan asupan nutrisi khusus agar bisa tetap sehat dan bertumbuh secara optimal.

Manfaat Alfa-laktalbumin untuk Si Kecil

Alfa-laktalbumin merupakan protein utama dalam ASI yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan tubuh Si Kecil.