Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Normalkah Jika Si Kecil Suka Membalik Huruf Saat Menulis?

GROWTH & DEVELOPMENT  |  PARENTING  |  12 Oct '18

Memutar balik huruf-huruf adalah fenomena yang sangat normal untuk anak-anak seusia Taman Kanak-Kanak. Fenomena ini tidak perlu dikhawatirkan. Konsultan Pendidikan sekaligus pengarang buku Love and Logic Solutions for Kids With Special Needs, David Funk, mengatakan bahwa anak-anak usia ini belum memiliki konsistensi spasial. Dengan kata lain, mereka tidak memahami bahwa jika arah huruf dibalik, artinya akan berbeda atau tidak berarti sama sekali (bukan merupakan sebuah huruf).

Akan sulit untuk tidak mengkhawatirkan hal ini, terutama ketika anak tetangga Moms yang berusia 5 tahun datang untuk bermain dan menulis seluruh alfabet dengan mudah. Tetapi ingatlah, yang disebut “normal” dalam perkembangan keterampilan menulis anak-anak usia ini memiliki jangkauan yang luas.

Tentu saja, jika Moms khawatir si Kecil “ketinggalan” dalam hal perkembangan menulisnya, tidak ada salahnya untuk bertanya kepada gurunya.

“Tetapi, pada usia ini, kita lebih peduli dengan defisiensi bahasa lisan daripada membaca atau menulis,” kata Funk.

Bahkan, si Kecil mungkin akan terus membalik bentuk hurufnya untuk sementara waktu. Saat dia masuk kelas tiga, dia seharusnya sudah dapat menulis huruf dengan benar.

Tidak apa-apa untuk membantu si Kecil berlatih selama Moms tidak membuatnya merasa seolah-olah dia berkompetisi dengan anak-anak lain atau mendorongnya melampaui levelnya. Dengan kata lain, jangan terjebak dalam perangkap berpikir bahwa keterampilan menulis yang bagus sekarang "akan membuat si Kecil menjadi lulusan Harvard," kata Funk.

Ketika Moms mengajari si Kecil, buatlah sesi-sesi ini menyenangkan. Terlalu memaksanya akan mengambil kesenangan dari belajar menulis. Si Kecil akan berkembang pesat apabila dia dapat belajar sesuai dengan ritmenya sendiri.

Jangan mengubah aktivitas-aktivitas mengenal huruf ini menjadi latihan atau tugas karena bisa membuat si Kecil tertekan dan bukannya mudah mengenal huruf malah akan mempersulitnya

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

382 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories