Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Normalkah Bayi ASI Selalu BAB Setelah Menyusu?

FEEDING  |  HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  23 Nov '18

Buang air besar (BAB) adalah salah satu hal yang dilakukan tubuh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Pola BAB pada bayi sangat bervariasi dan bergantung dari fungsi organ, susunan saraf, pola makan dan usia bayi.

Sejak Haelson lahir hingga sekarang (3 bulan), saya hanya memberikan ASI ekslusif. Namun, Haelson selalu BAB setiap kali selesai menyusu atau bahkan ketika sedang menyusu. Lalu timbulah pertanyaan di benak saya. "Apakah normal ia selalu BAB setiap menyusu?"

Awalnya saya khawatir ia terkena diare sehingga saya mulai mencari informasi mengenai penyebab hal tersebut. bayi yang selalu BAB setiap habis menyusu adalah normal. Hal tersebut terjadi karena refleks gastrokolikanya masih kuat. Refleks gastrokolika adalah refleks tubuh di mana ketika lambung diisi, maka usus besar akan terangsang sehingga menimbulkan sensasi ingin buang air besar.

"Ketika bayi diberikan ASI dan setelahnya ia selalu BAB, artinya ia mendapatkan banyak susu."

Kalimat ini dikutip dari laman BabyCenter, Remer Altman, selaku editor The Wonder Years: Helping Your Baby and Young Child Successfully Negotiate the Major Developmental Milestones.

Saya juga berkonsultasi dengan DSA Haelson, dan menurut beliau ASI memang sangat gampang dicerna sehingga wajar bila bayi langsung BAB setelah makan. 

Jadi tidak perlu khawatir bila bayi Mom mengonsumsi ASI dan sering BAB. Namun, apabila ada perubahan mendadak pada pola BAB atau kotoran berubah menjadi sangat cair, maka itu bisa menjadi pertanda infeksi dan sebaiknya segera bawa si Kecil ke dokter ya.

Semoga bermanfaat.

By: Mellifika Yap

Copyright by Babyologist

318 Mellifika Yap

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Domperidone: Obat Mual yang Mampu Tingkatkan ASI

Tahukah Moms bahwa selain baik untuk mengobati masalah pencernaan, Domperidone juga bisa menjadi booster ASI?

Pergantian Susu Anak Berkebutuhan Khusus

Bagaimana Mom Vanessa mengganti susu anaknya dari susu berkebutuhan khusus ke susu biasa? Yuk simak ceritanya.