Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Nipple Shield untuk Apa? Yuk Pelajari dan Lihat Daftar Rekomendasinya

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  03 Oct '22


Nipple shield adalah alat bantu menyusui yang berbentuk perisai untuk melindungi puting payudara dan areola busui. Para ahli merekomendasikan penggunaan nipple shield untuk ibu menyusui yang memiliki puting datar (flat nipples), juga untuk membantu bayi yang tidak mampu melekatkan mulut secara efektif ke payudara setelah usia 2 hari.

Meskipun nipple shield disebut sebagai alat bantu menyusui, penggunaannya mengundang pro kontra di ranah laktasi. Beberapa studi lawas menemukan bahwa nipple shield mengurangi efektivitas menyusui, sementara studi yang lebih baru menunjukkan hasil menyusui yang sukses. Ketahui kapan dan bagaimana harus menggunakan nipple shield agar proses menyusui Moms sukses dan menyenangkan.

Yang direkomendasikan menggunakan nipple shield

Nipple shield memang merupakan alat bantu menyusui yang bersifat opsional. Namun, ada beberapa kondisi di mana Moms disarankan untuk menggunakan nipple shield, yaitu:

1.    Ketika puting payudara terasa sakit

Nyeri pada puting payudara dapat membuat pengalaman menyusui menjadi buruk bahkan menakutkan. Untuk menyukseskan program meng-ASI-hi selama 6 bulan secara eksklusif dan 2 tahun dibantu MPASI, Moms disarankan untuk tidak menyapih si Kecil kecuali jika memang ada kondisi medis yang membahayakan Moms & si Kecil. Karena itu, jika puting sakit pertimbangkanlah untuk memakai nipple shield.

2.    Membantu bayi prematur melekatkan mulut

Nipple shield dapat membantu bayi prematur untuk mengisap dengan cara memposisikan puting secara nyaman untuk diisap si Kecil. Nipple shield dapat menahan puting dalam posisi ideal untuk menyusui dan memungkinkan si Kecil untuk berhenti sejenak tanpa mengubah posisi puting. Penelitian menyebutkan bahwa pemakaian nipple shield meningkatkan konsumsi susu pada bayi prematur. Setelah si Kecil lebih kuat dan terampil, Moms dapat menanggalkan nipple shield agar si Kecil dapat menyusu tanpa bantuan apa pun.

3.    Mempunyai flat atau inverted nipples

Pada busui yang putingnya datar atau inverted, si Kecil mungkin kesulitan untuk menyusu. Nipple shield berbentuk seperti puting yang diperpanjang dan memberikan si Kecil area lebih besar untuk melekatkan mulut. Nipple shield dapat membantu menarik puting keluar sekaligus memudahkan si Kecil untuk melekat ke payudara Moms.

Langkah-langkah sebelum menggunakan nipple shield

1.    Konsultasi ke konsultan laktasi

Setiap ibu menyusui akan mempunyai pengalaman berbeda. Konsultan laktasi akan merekomendasikan merk nipple shield yang sesuai dengan kebutuhan Moms.

2.    Pastikan ukuran nipple shield sesuai

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau konsultan laktasi yang akan membantu Moms menentukan ukuran Nipple shield yang tepat.

3.    Pelajari cara memasang dan menggunakan nipple shield

Konsultan laktasi sekali lagi dapat menjadi pemandu Moms untuk memasang nipple shield dan menggunakannya saat menyusui.

Rekomendasi nipple shield terbaik

1.    Pigeon Natural Fit Nipple Shield Size L

Kisaran harga: Rp96.000,00

Nipple shield Pigeon merupakan salah satu produk yang populer di kalangan busui. Terbuat dari bahan silikon yang sangat lembut namun tidak mudah robek, mampu melindungi puting lecet atau sebagai penyambung puting flat dan inverted agar tetap dapat menyusui si Kecil. Setiap pembelian sudah dilengkapi tempat penyimpanan untuk menjaga kehigienisan nipple shield.

2.    Reliable Nipple Shield

Nipple shield harga: Rp11.900,00

Reliable Nipple Shield dengan slogannya “Andalan Bunda Bijak” memiliki 4 lubang di ujung Nipple yang membuat ASI mengalir lancar ke mulut si Kecil. Cocok untuk bayi prematur, bayi bingung puting, ibu dengan puting rata atau agak masuk ke dalam, dan ibu dengan puting lecet karena menyusui.

3.    Young Young Nipple Shield

Kisaran harga: Rp22.500,00

Young Young Nipple Shield terbuat dari 100% Liquid Silicone Rubber sehingga lembut, elastis mengikuti anatomi payudara. Dengan material BPA free, Moms tak perlu khawatir adanya zat berbahaya masuk ke mulut si Kecil ketika menggunakan pelindung puting ini.

4.    MAM Nipple Shield

Kisaran harga: Rp102.136,00

Setiap pack pembelian terdiri dari 2 nipple shield berikut kotak penyimpanan yang steril. Terbuat dari bahan silikon BPA Free, aman untuk kesehatan si Kecil. Dengan tekstur selembut sutra, nyaman untuk ibu dan si Kecil serta tidak membuat kulit si Kecil iritasi akibat gesekan. Uniknya, desain Nipple shield merk MAM ini seperti kupu-kupu supaya si Kecil dapat mencium aroma dan merasakan kulit Moms.

5.    Medela Contact Nipple Shield L

Kisaran harga: Rp295.000

Terbuat dari silikon lembut yang lembut dan ultra tipis, tidak berbau dan tidak berasa. Bisa digunakan untuk kondisi puting Ibu yang lecet, pecah-pecah, datar, atau inverted. Meski “dihalangi” nipple shield, kontur spesial yang dimiliki Nipple shield Medela memungkinkan kontak maksimal antara Moms & si Kecil. Setiap pembelian mendapatkan box yang praktis sehingga Moms dapat membawa nipple shield ke mana pun dengan keadaan tetap higienis.

Sudah pahamkah Moms tentang Nipple shield? Yuk, ceritakan pengalaman menyusui Moms di kolom komentar!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

210 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Serba-serbi Susu Hamil

Biar ga bingung-bingung lagi, yuk, simak penjelasan serba-serbi susu hamil di artikel berikut!

6 Buah Promil Ini Tingkatkan Kesuburan, Mengapa?

Buah untuk promil mengandung sejumlah nutrisi dan vitamin yang dapat membuat organ reproduksi Moms & Dads lebih subur.

4 Daftar Kegiatan Me Time Buat Moms yang Aktif

Memanjakan diri sendiri, walau hanya sebentar, sudah cukup kok untuk “ngecas” mental Moms! Cek ide aktivitas “me time” buat Moms di sini!

Tips Healing A La Minbyo, Mana yang Moms Pilih?

Definisi self healing adalah proses pemulihan untuk menyembuhkan diri dari luka batin di masa lalu. Zaman yang serba cepat dan instan ini telah [...]

Kemenkes RI Setop Peredaran Obat Sirup, Sebut Diduga Penyebab Gagal Ginjal Akut pada Anak

BREAKING NEWS! Kemenkes RI dalam Konferensi Pers tgl. 19 Oktober 2022 pukul 11.30 melarang pemakaian obat bebas dan obat bebas terbatas [...]

Tips Aman dari Gempa untuk Anak TK

Minbyo akan jelaskan nih, beberapa safety tips saat terjadi gempa untuk anak-anak, terutama yang usianya 3-4 tahun atau usia anak TK.

Teknik Pasti Sukses DBF untuk Moms dengan Flat Nipple

eski Moms sudah paham betul mengenai manfaat ASI bagi si Kecil dan sudah secara sadar ingin menyusui eksklusif, yang namanya halangan dan [...]

Ingin Si Kecil Gemuk, Sehat, dan Cerdas? Yuk, Terapkan Prinsip Berikut!

Apa saja tips agar bayi baru lahir cepat gemuk dalam 1 minggu? Yuk, Moms, baca selengkapnya penjelasan berikut!

Rayyanza Semakin Membaik, Ini Cara Keluarga Gigi Merawat Si Kecil Saat Sakit

Anak bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad, jatuh sakit. Sebenarnya, Rayyanza sakit apa? Bagaimana pula cara merawat [...]

Panduan Imunisasi Anak, Vaksin Wajib, dan Kisaran Harganya

Tahukah Moms, bulan Agustus adalah bulan Imunisasi Anak Nasional?

Pemerintah Siapkan Vaksinasi Pediatric COVID-19 Usia 6 Tahun ke Bawah

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah akan mulai menjajaki program vaksinasi anak di bawah 6 tahun.

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]