Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

New Moms Wajib Waspada Gejala berikut!

PARENTING  |  PREGNANCY  |  27 May '20


Setiap Ibu baru pasti merasa was-was akan bagaimana kehidupan selanjutnya dijalankan setelah adanya baby. Banyak kecemasan dalam cara merawat baby newborn, belum lagi tentang kecemasan sosial yang mendikte seorang Ibu harus begini dan begitu.

Saat bayi menangis, tingkat kecemasan Ibu baru akan melonjak seiring dengan tanggapan orang lain, “kenapa baby nya menangis terus? Pasti ASI nya kurang ya? Jangan digendong terus dong bayi nya nanti bau tangan! Bayi kamu lapar tuh coba suapin pisang!” dan masih banyak lagi komentar negatif yang membuat Ibu menangis setiap saat.

Rasa cemas yang berlebihan juga membuat naik turun mood Ibu jadi memburuk, diliputi rasa bersalah yang tiada habisnya. Hal ini akan menyebabkan Ibu menjadi kurang tidur dan mudah lelah, susah mengkontrol emosi. Sehingga muncul rasa ingin menjauh dari keluarga, suami, bahkan bayinya sendiri.

Eits, jika hal-hal seperti itu mulai terjadi jangan anggap remeh ya moms! Segera lakukan inisiatif untuk meminta bantuan suami. Karena bagaimanapun suami adalah sosok yang paling dekat dengan kita, dan harus turut dalam situasi ini.

Tau nggak sih moms bahwa gejala-gejala yang disebutkan di atas adalah gejala Postpartum Depression! Hal ini umumnya terjadi pada Ibu baru 6 sampai 8 minggu setelah melahirkan. Menurut penelitian, Postpartum Depression mencapai 20% terjadi pada Ibu baru loh. Wow! Ngeri juga ya moms.

Tentunya hal ini akan berbahaya jika tidak segera ditangani, jadi jika moms merasa mengalami gejala tersebut ada baiknya langsung bicarakan dengan suami. Minta bantuan suami dalam merawat baby, setidaknya beri waktu mom sendiri untuk istirahat sejenak. Terbuka bersama suami wajib hukumnya karena hal ini akan mempengaruhi kehidupan pernikahan nantinya.

Apa sih yang harus dilakukan Ayah ketika istrinya mengalami gejala tersebut?
Buat para daddy, harus lebih peka terhadap istrinya yang baru saja melahirkan. Melahirkan adalah fase baru dalam kehidupan wanita, segala rupa hormon berubah dalam sekejap yang harus segera mungkin diredakan dengan berbagai rayuan maut mungkin. Yang pasti adalah selalu puji istri dan ucapkan terimakasih atas segalanya, karena sosok Ayah adalah support terbaik istri! Dengan begitu istri akan merasa dihargai segala upayanya meski istri juga masih dalam tahap belajar.

Satu lagi yang paling penting ya! Mom and Dad harus merasa ikhlas melakukan itu semua. Karena itu adalah kunci dalam keluarga. Berpikiran positif akan memberikan suasana yanv positif dalam keluarga. Saling mwnghargai dan peka satu sama lain ya. Yuk bantu Ibu baru melewati ini semua! Semangat yah! 💕

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1566 Qonit Ayu Pranita

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Pregnant with a Toddler

Hamil ketika sedang mempunyai anak berusia balita? Bagaimana cara mengatasi kedua hal ini?

Benarkah Janin Bisa Mendengar dan Belajar Bahasa?

Sejak masih di dalam kandungan, janin ternyata sudah mampu mendengar dan belajar menyerap bahasa lho Moms!

Jarak Aman untuk Hamil Kembali

Merencanakan kehamilan selanjutnya? Berapa jarak yang aman untuk melakukan hal ini?

Pentingnya Kalsium untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Ternyata ketika hamil dan menyususi, kalsium pada tubuh Moms akan diambil oleh si Kecil untuk memenuhi kebutuhan bayi.